The Miracle of Giving by Yusuf Mansur

|

|

|

Ramadan adalah bulan yang dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah. Dengan memperbanyak amalan sedekah, orang tersebut bakal mendapatkan keajaiban dari Allah SWT.

Dalam beberapa kesempatan, ustaz Yusuf Mansur mengatakan setiap sedekah pasti dibalas oleh Allah SWT. Tetapi caranya dan kapan dibalasnya, merupakan rahasia Allah SWT.

“Ada 1.001 cinta dari Allah untuk membalasnya. Tapi bagaimana caranya, itu rahasia Allah,” terangnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang, ini menjelaskan Ramadan sebagai bulan yang penuh berkah menjadi momentum tepat bagi kaum muslimin untuk berlomba-lomba menebar kebaikan.

Salah satunya, jangan pelit untuk mengeluarkan sedikit rezekinya atau bersedekah. Pasalnya, dengan bersedekah, akan nada banyak makna baik yang bisa diraih.

“Dengan bersedekah, membuat hati kita bahagia serta membuat orang lain senang dan terbantu,” ujarnya.

Apalagi, bersedekah saat bulan puasa. Tentu, pahalanya akan digandakan. Sesuai dengan janji Allah SWT. Untuk itu, jangan sungkan untuk bersedekah. Meskipun nilainya hanya Rp 1.000, jika sedekahnya ikhlas dan ridho, maka si penerima juga dengan senang hati menerima pembirian tersebut.

Pada dasarnya, sedekah memang merupakan salah satu amalan yang sangat disukai Allah SWT. Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Di Bulan Ramadan, anjuran itu lebih diperkuat lagi karena pahala yang dijanjikan akan dilipatgandakan.

Bisa dikatakan, sedekah adalah sumber kekayaan. Allah menjanjikan bahwa sedekah tidak akan membuat miskin, bahkan justru semakin kaya. Karena itu, banyak-banyaklah bersedekah baik di waktu lapang ataupun di waktu sempit.

Islam menganjurkan umatnya untuk menjadi dermawan. Selain itu, kedermawanan juga merupakan sifat Allah SWT. Hal ini sebagaimana diiinformasikan dalam hadis.

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, disahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

Dikutip dari Muslim.or.id, berikut ini adalah 12 keutamaan sedekah:

  • Sedekah dapat menghapuskan dosa
  • Orang yang bersedekah akan mendapat naungan di hari akhir
  • Sedekah memberi keberkahan pada harta
  • Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah
  • Terdapat pintu surga yang hanya dapat dapat dimasuki bagi orang-orang yang bersedekah
  • Sedekah menjadi bukti keimanan seseorang
  • Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual beli
  • Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia.
  • Pahala sedekah terus berkembang
  • Boleh iri terhadap orang yang dermawan bersedekah
  • Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur
  • Sedekah menjauhkan diri dari api neraka

Selain bersedekah, kamu juga bisa melakukan kebaikan lainnya sambil berinvestasi dengan menjadi pendana di Amartha. Sebagai informasi, Amartha sebagai pelopor fintech Peer to Peer Lending (P2P Lending) yang telah memiliki izin usaha dan terdaftar di OJK hingga saat ini senantiasa mendukung pemberdayaan perempuan dalam sektor ekonomi di Indonesia.

Pasalnya, sejak berdiri di tahun 2010 ini, Amartha terus berfokus hingga kini untuk menyalurkan pembiayaan modal kepada para perempuan tangguh pengusaha mikro di pedesaan. Selama 11 tahun terakhir, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar 3.54 Triliun kepada lebih dari 650.000 perempuan tangguh di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Tidak hanya menyalurkan modal usaha dari investor kepada perempuan tangguh pengusaha mikro, Amartha juga memberikan pendampingan usaha, pelatihan keuangan, hingga cek kesehatan gratis. Dengan begitu, para pendana Amartha juga turut menciptakan dampak sosial yang nyata.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...