The 4% Rule: Formula Siapkan Dana Pensiun

|

|

|

Seringkali kita mendengar atau membaca untuk menyiapkan dana pensiun agar bisa menjalani hari tua yang nyaman tanpa merepotkan anak. Memang, merdeka secara finansial di hari tua adalah impian banyak orang.

Selanjutnya timbul pertanyaan, berapa besaran dana yang dibutuhkan untuk kehidupan setelah pensiun dengan nyaman tersebut?

Bagi kamu yang mulai serius menyiapkan rencana pensiun atau mengelola keuangan mungkin pernah mendengar The 4% Rule atau The Trinity Study.

Mulai Siapkan Dana Pensiun Untuk Kehidupan Nyaman di Masa Depan

Mengenal The Rule 4%

The Rule 4% adalah aturan praktis yang banyak digunakan untuk menghitung seberapa banyak uang yang bisa ditarik secara rutin dari tabungan pensiun kita setiap tahunnya.

Aturan ini sengaja dibuat untuk menjaga dana pensiun kita tetap aman dan stabil. Adapun pemasukan yang didapatkan berupa penarikan dari bunga atau dividen dari investasi yang sudah dimiliki sejak muda.

The Rule 4% diteliti oleh tiga orang profesor di bidang keuangan dari Universitas Trinity. Mereka membuat enelitian tentang dana pensiun yang menganggap kalau dalam waktu 15-30 tahun, tingkat pengembalian investasi rata-rata kemungkinannya kurang dari 4% setahun.

Angka tersebut didapatkan atas asumsi keuntungan dari investasi rata-rata 7% per tahun yang kemudian dikurangi oleh asumsi inflasi 3% per tahun.

Cara Menghitung Dana Pensiun Dengan Rumus The 4% Rule

Menghitung besaran dana pensiun menggunakan rumus the 4% rule sejatinya cukup mudah. Pertama-tama kamu wajib menghitung pengeluaran bulanan dikali 12 atau satu tahun, lalu masukkan ke dalam rumus berikut:

Dana Pensiun = Pengeluaran tahunan x 25
*Angka 25 didapatkan dari 100% dibagi 4%.

Agar lebih mudah, simak contoh kasus berikut:

Martha merupakan salah satu pegawai swasta dengan pendapatan bulanan 10 juta rupiah. Setiap bulan, pengeluaran rutin Martha adalah 8 juta rupiah. Dengan demikian pengeluaran tahunan Martha menjadi 96 juta.

Jadi dana pensiun yang harus disiapkan Martha adalah= 96 juta x 25 = 2.400.000.000

Nah, perlu diperhatikan bahwa perhitungan di atas adalah angka minimum aman. Sehingga kalau kamu mau lebih aman lagi maka kamu bisa menentukan angka rate yang lebih kecil lagi agar besaran dana pensiun makin besar.

Tips Pensiun Muda Ala Raditya Dika

The 4% Rule Masih Diperdebatkan

Meskipun the 4% rule sudah diteliti, nyatanya penelitian tersebut masih diperdebatkan.

The 4% rule hanya berlaku apabila selama kurun waktu 25-30 tahun di masa pensiun kita, keadaan ekonomi dunia dan nasional baik-baik saja seperti tidak ada perang dunia, krisis ekonomi, inflasi, hingga pandemi seperti Covid-19 ini.

Selain itu, the 4% rule diteliti saat bahan bakar fosil masih murah sedangkan saat ini penggunaan bahan bakar fosil sudah mencapai setengah dari yang dimiliki Bumi kita.

Aturan the 4% rule juga tidak memperkirakan sumber pendapatan lain. Saat ini ada orang yang memiliki lebih dari satu penghasilan. Misalnya saja Martha yang berstatus sebagai pegawai kantoran sekaligus investor di P2P Lending Amartha yang menawarkan keuntungan sampai 15% flat per tahun.

Meskipun demikian, terlepas dari semua perdebatan yang terjadi, The 4% Rule ini bisa menjadi patokan mengenai besaran dana pensiun yang akan mencukupi kehidupan di masa tua kamu nantinya.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.