Tetap Optimis Mengejar Impian di Masa “New Normal” #KitaJanganMenyerah

0
93

Di masa pandemi ini, kita semua diuji oleh berbagai macam cobaan baik dari segi kesehatan hingga perekonomian. Kondisi yang serba tidak menentu ini membuat para perempuan tangguh yang bekerja dan berjuang dari rumah benar-benar diuji baik kesabaran hingga kekuatannya. Anda yang berprofesi sebagai ibu, istri sekaligus wanita karir harus dapat menyeimbangkan segala kewajiban dan impian.

Seringkali impian kita pupus begitu saja di tengah jalan ketika kita menghadapi ujian dalam hidup. Masa sulit yang menerjang membuat kita melupakan begitu saja mimpi yang sudah kita tanam sejak muda. Membentuk pribadi yang optimis dalam menjalani kehidupan adalah kunci agar kita tetap berani mengejar mimpi. Lantas, bagaimana membentuk pribadi yang selalu optimis?

Terus Bersyukur

Teruslah bersyukur terhadap apa yang Anda miliki dalam hidup. Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan yang Anda rencanakan, jangan putus asa atau bahkan mencela kehidupan. Anda tidak pernah tahu apa yang sudah dipersiapkan oleh Tuhan yang Maha Esa untuk Anda. 

Percayalah bahwa ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, mungkin Tuhan yang Maha Esa sedang merencanakan hal lain yang lebih baik. Selalu berpikir positif mengenai masa depan. Anda bukanlah orang yang mengetahui masa mendatang. Bahkan apa yang akan Anda lakukan malam hari bisa berbeda dari apa yang direncanakan, bukan?

Berfokus pada Langkah Kecil

Menjadi orang yang optimis tidak berarti bahwa mereka tidak mempersiapkan skenario terburuk dari rencana yang sudah disusun. Namun orang yang optimis akan tetap realistis serta mencari cara agar tujuannya tetap tercapai di tengah tantangan yang ada. Ia tidak akan buru-buru mengatakan hal tersebut tidak mungkin, namun ia akan langsung berpikir bagaimana cara mewujudkan hal tersebut.

Orang yang optimis tidak terfokus pada apakah nanti akan sukses atau gagal, tapi bagaimana agar nanti sukses. Ia akan terus memulai dari langkah paling kecil sekalipun. Misalnya saja di masa new normal saat ini banyak orang yang ragu untuk memulai usaha, namun orang yang optimis akan terus berusaha mencari cara agar dapat memulai usaha tersebut.

Jangan Mengejar Materi untuk Kebahagiaan

Kejarlah materi ketika Anda memang membutuhkannya. Misalnya Anda membutuhkan makanan maka berusahalah untuk mendapatkan makanan. Namun ketika Anda mengejar sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan, maka janganlah bersedih hati ketika hal tersebut tidak Anda dapatkan. Percayalah bahwa materi tidak pernah menggaransi sebuah kebahagiaan. 

Melalui program P2P online yang digagas dan dijalankan oleh PT Amartha Mikro Fintek, perusahaan ini berusaha untuk mewujudkan usaha para perempuan tangguh dari setiap daerah Indonesia. Amartha menghubungkan para pemberi dana dengan penerima dana yang berasal dari daerah yang ingin berbisnis untuk membantu keuangan keluarga. Pembiayaan ditawarkan dengan jangka pelunasan yang ringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here