Ternyata Bahas Uang Bareng Pasangan itu Penting Lho!

0
23
tips bahas uang bareng pasangan
sumber foto: www.istockphoto.com

Bahas Uang Bareng Pasangan itu Sangat Penting!

Pasangan yang mempunyai pandangan serta tujuan di masa depan tentu akan membuat hubungan yang lebih jelas bahkan terencana agar yang menjadi tujuannya dapat tercapai. Salah satunya adalah masalah keuangan. Meskipun terlihat sensitif, namun bahas uang bareng pasangan menjadi hal yang sangat penting. 

Harus diakui jika membahas uang bersama dengan pasangan adalah hal yang sensitif ketika menjalin hubungan. Padahal, membahas keuangan adalah hal yang penting karena berkaitan dengan masa depan hubungan. Terutama, jika kamu dan pasangan akan masuk ke jenjang yang lebih serius. 

Financial Compatibility Menentukan Masa Depan Hubungan

Salah satu istilah yang cukup sering disebut-sebut saat membicarakan bahas uang bareng pasangan adalah financial compatibility. Financial compatibility merupakan kecocokan keuangan yang akan menentukan hubungan di masa depan. 

Istilah ini sama pentingnya dengan kemampuan yang kamu dan pasangan miliki untuk berkompromi maupun menyelesaikan konflik. Namun, harus diingat jika bukan berarti kita bisa mencampakkan seseorang karena kemampuan keuangan yang tidak sesuai seperti standard yang kita inginikan. 

Istilah tersebut lebih pada menyamakan persepsi mengenai keuangan agar dapat membangun pondasi yang kuat di masa yang mendatang. Sehingga, nyalimu tidak perlu menciut ketika harus membahas masalah keuangan bersama dengan pasangan. 

Baca Juga: 6 Tips Atur Keuangan untuk Pasangan Muda Yang Baru Menikah

Jangan Ragu Membicarakan Keuangan Saat Pacaran

Berikut beberapa hal yang bisa kamu ikuti ketika membicarakan masalah keuangan bersama dengan pasangan, yaitu:

1. Berani Memulai

Inisiatif menjadi hal yang penting untuk kelancaran sebuah hubungan, baik dari kamu sendiri atau dari pasanganmu. Bukan masalah pria atau wanita, namun seberapa serius kamu dalam menjalin hubungan tersebut. 

Kamu bisa membicarakan masalah keuangan di masa depan, baik langkah pendek atau langkah panjang. Contohnya saja seperti kamu mengutarakan niat untuk membuka tabungan bersama. 

Tabungan tersebut dapat digunakan untuk membiayai pesta pernikahan. Tidak perlu gengsi, memulai percakapan mengenai uang dengan pacar tidak seburuk seperti yang kamu bayangkan. 

2. Tunjukkan Komitmen Dalam Wujud Tindakan

Bila kamu dan pasangan sudah mengetahui jumlah yang dikeluarkan dalam setiap bulannya, inilah saatnya kamu dan pasangan berkomitmen untuk merencanakan keuangan serta mengakumulasinya bersama. 

Kamu dan pasangan juga bisa merencanakan untuk buka rekening bersama pasangan. Agar nantinya dapat mencapai kebebasan finansial dalam kehidupan rumah tangga. 

Percuma bila memiliki komitmen namun tidak dibuat dengan melakukan tindakan yang pasti. Oleh sebab itu, hindari membuat pasangan kelas karena tidak menepati rencana yang telah disiapkan dengan matang. 

Kamu bisa dianggap tidak bertanggung jawab dengan hubungan yang sudah kamu jalani selama ini. Padahal, setiap pasangan memiliki mimpi agar dapat melangkah di jenjang yang lebih tinggi bukan?

3. Atur Keuangan Bersama

Jika kamu sekarang ada di tahap yang serius dalam berhubungan, kamu harus belajar untuk mengatur keuangan. Berikut beberapa cara menabung saat pacaran, antara lain:

  • Saling mengingatkan. Kamu bisa mengingatkan pacarmu mengenai tujuan awal  menabung. Ingatkan dia ketika sudah kewalahan mengatur keuangan. Bahkan, berikan motivasi. 
  • Tegur saat pengeluarannya tidak terkontrol. Bila kamu mendapati pengeluarannya menjadi tidak terkontrol, jangan ragu untuk menegur pasanganmu. 
  • Jangan memaksa. Hindari memaksa saat keputusan tersebut tidak disepakati oleh kedua belah pihak, karena dapat memicu perkelahian. 

Bahas uang bareng pasangan memang menjadi hal yang penting, namun jangan sampai kamu melakukannya dengan berlebihan. Jika sekarang ini kamu sedang mencari produk investasi untuk masa depanmu, P2P lending Amartha menjadi salah satu investasi yang tepat dijadikan pilihan. Melakukan pendanaan di Amartha banyak untungnya. Kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% per tahun yang bisa dijadikan investasi dalam rumah tangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here