Terbukti Ampuh! Tips Agar Panjang Umur dan Awet Muda

0
89
tips panjang umur dan awet muda
sumber foto: www.freepik.com

Umur yang dimiliki oleh seseorang pada dasarnya memang tidak bisa diprediksi. Namun, siapa yang yang tidak ingin memiliki umur yang panjang? Nyatanya, topik mengenai tips agar panjang umur serta memiliki wajah yang awet muda terus dicari. 

Sehat, panjang umur serta bahagia menjadi hal yang diimpikan oleh banyak orang. Mensyukuri nikmat hidup yang dimiliki sekarang ini bisa menjadi salah satu cara agar hidup lebih bahagia. Sedangkan, dari segi kesehatan, ada berbagai hal yang dapat dilakukan agar tetap sehat. 

Tips Agar Panjang Umur dan Awet Muda

Ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu terapkan agar peluang berumur panjang semakin besar. Berikut tips awet muda dan panjang umur:

1. Menjalani Pola Makan yang Sehat

Tidak sedikit penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang serta sehat bisa memperpanjang umur serta meningkatkan kualitas hidup. 

Kamu bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan nabati contohnya seperti sayuran segar, buah, kacang dan biji-bijian. Kandungan senyawa antioksidan dan nutrisi seperti karotenoid, polifenol, vitamin C dan folat bisa membantu tubuh agar terhindar dari penyakit yang mematikan. 

Selain itu, kamu juga harus menghindari makanan yang memiliki kandungan pewarna, lemak jenuh dan pengawet. Berbagai jenis makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan. 

2. Terus Aktif Bergerak

Cara agar panjang umur dan sehat yang lainnya adalah terus aktif bergerak. Rutin berolahraga bisa menurunkan risiko penyakit seperti diabetes, stroke, jantung, depresi dan kanker. 

Tidak hanya itu, orang yang rutin bergerak umumnya memiliki umur yang jauh lebih panjang bila dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. 

Agar bisa memperoleh manfaat tersebut, disarankan berolahraga minimal 30 menit perhari, selain itu konsultasikan ke dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuhmu. 

Baca Juga: Tips Finansial Sehat Bagi Snowflake Generation

3. Tidur yang Berkualitas

Mempunyai pola tidur teratur yakni tidur selama 6 hingga 8 jam serta bangun di jam yang sama setiap hari dapat memperpanjang usia serta terhindar dari penyakit jantung, stress dan depresi. 

4. Hindari Rokok serta Minuman Alkohol

Apakah kamu sering merokok serta sering mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol? Bila demikian, hentikan kebiasaanmu ini. Karena, salah satu tips agar panjang umur adalah menghindari rokok serta mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Dua kebiasan ini merupakan kebiasaan yang kurang sehat. Sejumlah riset membuktikan kaitan kebiasaan ini dengan risiko penyakit yang dapat memperpendek umur seperti gangguan hati, jantung, kanker dan lainnya. 

Memang, menghentikan kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol tidak mudah. Namun, tidak ada kata terlambat jika ingin melakukannya agar bisa memiliki tubuh sehat serta jauh dari berbagai macam penyakit. 

5. Lakukan Amalan Panjang Umur

Selain menjaga kesehatan, ada berbagai amalan yang bisa kamu lakukan agar memperpanjang usia seperti:

  • Beriman kepada Allah SWT, 
  • Terus berbuat baik pada sesama. Berbuat baik bukan hanya dengan menggunakan harta, namun meringankan beban yang dimiliki orang lain juga bisa dilakukan,
  • Berpikir positif
  • Berbakti pada orang tua
  • Bersilaturahmi

Kita memang tidak dapat menentukan umur, namun dengan berbagai upaya di atas, kesempatan memiliki umur yang panjang tentu akan lebih besar. Selain melakukan sejumlah upaya di atas, kamu juga harus menyiapkan kehidupan di masa tua.

Salah satu cara untuk menyiapkan dana pensiun adalah berinvestasi melalui P2P lending. Kamu bisa berinvestasi di P2P lending yang terjamin aman seperti Amartha. Di Amartha, kamu bisa memperoleh imbal hasil yang mencapai 15% flat per tahun. Jadi, selain menjalankan tips agar panjang umur, jangan melewatkan investasi ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here