Home Money+ Tata Kelola Investasi untuk Generasi "Baby Boomers"

Tata Kelola Investasi untuk Generasi “Baby Boomers”

|

|

|

Investasi merupakan salah satu kegiatan yang saat ini banyak dilirik masyarakat. Hal ini dikarenakan penanaman modal dapat memberikan manfaat untuk masa depan, khususnya bagian keuangan. Jika Anda tergolong generasi ‘baby boomers’, aktivitas ini sangat cocok untuk dilakukan. 

Berbeda halnya dengan para millenial, Boomers cenderung lebih rapi, tertata dan terencana dalam semua hal, termasuk keuangan. Maka, tidak heran jika tata kelola penanaman modal lebih baik dan tentunya hasilnya lebih maksimal.

Cara Kelola Investasi Ala Boomers Agar Berjalan Lancar

Pengelolaan tanam modal dibutuhkan perhitungan, pertimbangan dan keputusan yang tepat. Jika ketiga hal ini dikesampingkan, besar kemungkinan dana yang sudah diinvestasikan akan melayang dengan mudah dan kerugian menimpa Anda. Berikut tata kelola penanaman modal yang harus dilakukan:

Pemilihan Kriteria Lembaga

Kriteria lembaga penyelenggara tanam modal terdiri dari beberapa jenis yakni mulai dari sekuritas saham dan obligasi, deposito berjangka dari perbankan hingga reksa dana dari lembaga manajemen investasi. 

Setiap lembaga akan menawarkan berbagai produknya dengan segala keuntungan beserta resiko yang akan diterima. Anda harus membuat peringkat untuk memudahkan pemilihan lembaga. Lakukan pengecekan terhadap tingkat kesehatan dan aset yang dimiliki lembaga tanam modal.

Ketika Anda melakukan tanam modal di bidang sekuritas, pastikan untuk memilih lembaga dengan modal besar dan sudah beroperasi cukup lama. Pertimbangan ini juga berlaku untuk memilih lembaga manajemen tanam modal.

Setelah melihat jumlah aset dan tingkat kesehatan, Anda langsung saja mencari informasi selengkap mungkin terkait produk yang ditawarkan, termasuk kinerjanya. Memilih lembaga tanam modal memang harus jeli dan teliti agar Anda tidak merugi.

Pembatasan Penanaman Modal

Untuk melakukan investasi, Anda perlu memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang akan diterima. Maka, sebelum memutuskan produk penanaman modal yang akan dipilih, Anda harus mengetahui informasi detail produk secara lengkap.

Hal inilah yang mendasar pembatasan pembelian produk penanaman modal. Anda tidak perlu membeli semua produk dalam segala bidang, cukup pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Misalnya, saat memilih bisnis properti, Anda tidak perlu membuka bisnis lain yang tidak berkaitan.

Contoh lainnya yakni, ketika Anda memilih jenis penanaman dana di pasar modal, sebaiknya pilih salah satu antara instrumen dasar atau derivatif. Jika memilih instrumen dasar seperti reksa dana, obligasi dan saham, maka harus dibuat persentase yang jelas sebagai batasannya.

Pembatasan Target

Para Boomers wajib memiliki target untuk dana yang diinvestasikan. Hal ini bertujuan untuk menghindari salah persepsi dan sifat serakah. Anda bisa membuat batasan target sendiri. Jika keuntungan 2x lipat dari bunga deposito per tahun, maka sudah dikatakan sangat baik.

Apabila dicontohkan yakni Anda menginginkan hasil tanam modal sebanyak 14% per tahun, maka tentukan target tiap instrumen seperti obligasi 8%, reksa dana 12% dan saham 20%. Akumulasi rata-rata dari 3 instrumen ini akan menghasilkan rata-rata keuntungan hingga 14%.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...