Home Health & Fitness Tak Hanya Pereda Stress, Ini Manfaat Lain Miliki Hewan Peliharaan Di Rumah

Tak Hanya Pereda Stress, Ini Manfaat Lain Miliki Hewan Peliharaan Di Rumah

|

|

|

Pandemi Covid-19 menyebabkan kita harus menjalani aktivitas di rumah saja. Dari bulan Maret sampai sekarang rasanya sudah lama sekali. Bagi kamu yang tinggal sendirian di rumah mungkin cukup kesepian dan stress. Mungkin kamu bisa mencoba mengadopsi hewan peliharaan sebagai bentuk investasi pada kesehatan.

Menjaga Kesehatan Adalah Salah Satu Bentuk Investasi Masa Depan

Mempunyai hewan peliharaan kesayangan tentunya menjadi hal paling menyenangkan untuk dilakukan. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai teman bermain saja, namun ternyata hal itu bisa memberikan Anda beberapa hal positif. Adapun manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut:

  1. Bisa Mengurangi Rasa Kesepian Ketika di Rumah
    Kamu tidak boleh menganggap sepele rasa kesepian. Apabila dibiarkan begitu saja, kesepian bisa berkembang menjadi penyakit jantung, depresi, bahkan hingga penyakit demensia dan Alzheimer di masa depan. Namun dengan memiliki hewan peliharaan, kamu tidak akan merasakan kesepian lagi. Hal itu dikarenakan bisa menjadi teman ketika sedang di rumah. Apalagi saat menyayanginya dengan tulus, maka hewan pun juga akan menyayangi kamu.
  2. Menyehatkan Tubuh
    Merawat hewan peliharaan di rumah ternyata secara tidak langsung juga ikut memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Binatang yang dipelihara membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, itulah yang menjadi salah satu faktor dari penyebab penyakit jantung. Selain itu, ikatan batin yang kuat di antara peliharaan dan pemiliknya, bisa menurunkan tekanan darah tinggi diakibatkan karena stress.

    Kesehatan Mental Menurut Islam
  3. Membangun Sikap dalam Bersosialisasi
    Memiliki hewan peliaharaan dapat kamu jadikan sebagai bagian dari anggota keluarga di rumah, sehingga menumbuhkan rasa kasih sayang. Perasaan seperti itu dapat memunculkan sikap empati, peduli, serta ikatan yang kuat.
  4. Meredakan Stress
    Ketika merawat hewan peliharaan, hal itu sama saja dengan melakukan kegiatan menyenangkan untuk mengusir penat atau stres. Bermain dengannya bisa secara langsung menurunkan kadar kortisol sembari meningkatkan kadar hormon oksitosin, serotonin, serta dopamin di dalam tubuh.
  5. Mencegah dari Alergi
    Memelihara kucing atau anjing ternyata justru berpotensi baik untuk anak-anak yang tidak mempunyai alergi. Hal itu karena kehadiran binatang piaraan akan membantu anak untuk menguatkan sistem kekebalan tubuhnya sebab sudah terbiasa terpapar oleh suatu alergen.
  6. Dapat meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Mempunyai peliharaan mampu membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh terhadap penyakit ringan seperti pilek dan sebagainya. Ada fakta bahwa penelitian menunjukkan bayi yang hidup berdampingan dengan anjing, mempunyai kecenderungan lebih sedikit infeksinya. Selain itu biasanya juga lebih sehat dibandingkan dengan bayi yang tidak ada hewan peliharaan di dalam rumahnya.
  7. Membantu Mengobati Kanker
    Anjing peliharaan ternyata mempunyai kemampuan untuk mendeteksi adanya perkembangan kanker usus stadium awal, yaitu melalui sampel feses dan napas manusia. Metode terapi dengan dampingan hewan peliharaan juga mempunyai potensi untuk membantu mempercepat penyembuhan kanker.

    Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mempunyai hewan peliharaan di rumah. Bahkan ketika bermain bersama binatang, cara itu dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan kelelahan yang seringkali dikeluhkan oleh pasien kanker.

Nah itulah manfaat dari memelihara hewan di rumah apalagi selama masa pandemi ini yang menyebabkan terbatasnya mobilitas harian kita. Jadi, hewan apa yang ingin kamu pelihara?

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...