Home Finance Tabungan Bersama Saat Pacaran, Perlu Gak Sih?

Tabungan Bersama Saat Pacaran, Perlu Gak Sih?

0
37

Ketika pacaran, biasanya kamu tentunya ingin melakukan berbagai hal bersama-sama dengan pasangan. Salah satu hal yang biasanya dilakukan ketika berpacaran adalah membuat tabungan bersama. Pada dasarnya, memiliki tabungan bersama ketika berpacaran tentunya tidak salah kok. Apalagi, keputusan ini tentunya menandakan bahwa kamu serta pasanganmu berarti serius dalam berpacaran.

Masa pacaran memang kerap dijadikan suatu fase penjajakan sebelum menapaki jenjang pernikahan. Dengan berpacaran, kamu bisa lebih tahu tentang karakter pasanganmu, hingga rencana masa depannya. Karena itu, merencanakan tabungan bersama pasangan memang menjadi hal yang lumrah.

LET’S TALK ABOUT MONEY, HONEY!

Meski tidak salah memiliki tabungan bersama pasangan, ada baiknya kamu memikirkan matang-matang sebelum memulainya. Nah, sebelum memutuskan untuk membuka tabungan bersama pasanganmu, sebaiknya pahami hal-hal berikut:

1. Bahas Aturan Bersama Pasangan Sejak Awal  

Sebelum membuka tabungan bersama pasanganmu, sebaiknya bahas aturannya sejak awal. Contohnya, jika kamu dan pasangan menabung, lebih baik bicarakan dari awal berapa persentase dari penghasilan bulanan kalian yang akan ditabung.

Selain itu, pastikan juga kamu dan pasanganmu memasukkan uang di tabungan itu secara masing-masing saja. Tidak perlu digabung terlebih dulu uangnya, baru masuk ke tabungan bersama. Ini untuk memudahkan jika terjadi yang tidak diinginkan. Oh ya, jangan lupa untuk mencatatnya di dokumen pribadi kamu dan pasangan ya!

2. Tetapkan Target yang Dicanangkan Saat Membuka Rekening Bersama  

Sudah memiliki tabungan bersama, tentunya akan percuma jika kamu serta pasangan tidak menetapkan target ke depannya. Karena tanpa target, maka rencana membuka tabungan bersama pasangan tidak akan berjalan dengan baik. Karena itu, kalian sebaiknya harus menetapkan target-target yang akan dicapai terkait dengan uang yang sudah ditabung.

Selain itu, usahakan agar tabungan bersama pasangan ini direncanakan dana yang penting dan besar, misalnya biaya pernikahan atau membeli rumah. Dengan memiliki tujuan, kamu dan pasangan tentunya lebih bersemangat untuk menabung.

3. Bersiap untuk Kemungkinan Terburuk

Meski saat ini kamu dan pasanganmu saling mencintai, tetap ada dua kemungkinan yang akan terjadi pada hubungan kalian yaitu menikah ataupun berpisah. Nah, bila kemungkinan terburuknya adalah kamu dan pasanganmu akhirnya berpisah, lantas bagaimana sebaiknya dana yang ada di tabungan bersama milik kalian?

Untuk ini, tentunya pembicaraan tentang kemungkinan terburuk tersebut sebaiknya juga dibicarakan sejak awal ketika kalian memutuskan membuat tabungan bersama. Karena itu, akan sangat berguna apabila kamu dan pasangan telah membuat catatan tentang uang yang telah kalian tabung masing-masing. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah membagi dana yang ada di tabungan bersama apabila berpisah.

Nah, memiliki tabungan bersama pasangan ketika berpacara memang sah-sah saja dilakukan. Namun, daripada uang yang kalian tidak meningkat karena hanya ditabung secara konvensional, ada baiknya untuk diinvestasikan. Salah satu instrumen investasi masa kini yang aman dan menguntungkan adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja. Kamu dan pasanganmu akhirnya juga bisa melangkah ke jenjang selanjutnya deh!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here