Susi Pudjiastuti, Perempuan Penuh Prestasi Meski Putus Sekolah

|

|

|

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok salah satu mantan Menteri Kelautan dan Perikanan di era presiden Indonesia ke-6. Ibu satu ini dikenal masyarakat dengan kata-kata tenggelamkan. Apalagi sudah #SaatnyaPerempuan berani dan menunjukkan sosok yang tangguh.

Hal itu bisa Anda contoh dari sosok seorang Susi Pudjiastuti. Beliau mempunyai banyak prestasi dan penghargaan hingga ke luar negeri atas yang berhasil diraihnya.

Mengetahui Lebih Dekat Tentang Ibu Susi

Perempuan yang lahir di Pangandaran pada 15 Januari 1965 ini adalah putri dari Hj. Suwuh Lasminah dan Hj. Ahmad Dahlan. Kedua orang tuanya dikenal orang-orang sebagai pengusaha ternak di daerah Jawa Tengah. Berikut biografi singkat tentang Ibu Susi di antaranya:

Riwayat Pendidikan

Ibu Susi melanjutkan pendidikan menengah atasnya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta, setelah tamat sekolah dari SMP.  Kemudian beliau memutuskan untuk berhenti saat kelas 2, karena pada saat itu dikeluarkan dari sekolahnya.

Alasan Ibu Susi dikeluarkan adalah keaktifannya dalam gerakan golput pada saat itu. Padahal golput adalah suatu hal terlarang pada tahun 1980-an (era orde baru). Beliau akhirnya bekerja setelah berhenti dari sekolah.

Riwayat Karir

  • Setelah Sekolahnya Berhenti

Ibu Susi menjual perhiasan miliknya dan berhasil mengumpulkan modal sebesar Rp 750.000,- selepas berhenti sekolah. Beliau mulai bekerja dengan profesi pengepul ikan dengan modalnya tahun 1983 di Pangandaran.

  • Memulai Bisnis

Kemudian bisnisnya pun berkembang sampai dengan tahun 1966, dan mendirikan suatu pabrik pengolahan ikan yang diberi nama PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Lobster adalah produk unggulan dari bisnisnya serta dilabeli nama Susi Brand untuk merek produk.

  • Mendirikan Maskapai Sendiri dengan Nama Susi Air

Bisnis Pengolahan ikan sebelumnya pun ternyata sukses menembus pasar Asia dan Amerika. Sehingga Ibu Susi membutuhkan sarana transportasi lewat udara, supaya dapat mengangkut produk hasil laut lebih cepat dan menjaganya tetap segar.

Sehingga Ibu susi memutuskan untuk membeli Cessna Caravan dengan harga 20 miliar rupiah dengan memakai pinjaman bank. Pinjaman tersebut didapatkannya melalui PT ASI Pudjiastuti yang kemudian didirikannya.

Pesawat satu-satunya yang dimiliki dipakai untuk mengangkut ikan segar dan lobster hasil tangkapan para nelayan dari pantai-pantai di Indonesia. Hasil tersebut diangkut ke pasar-pasar Jakarta serta dibawa ke Jepang.

Dari Klaten ke Jepang, Kisah Sukses Pariyah dan Keripik Sukunnya

Susi Air merupakan callsign untuk Cessna. Pada saat gempa dan tsunami melanda Aceh tanggal 26 Desember tahun 2004 lalu, Cessna milik Ibu Susi merupakan pesawat pertama yang saat itu berhasil mencapai lokasi. Sehingga pesawat itu bisa mendistribusikan bantuan untuk para korban terisolasi.

Biografi singkat Ibu Susi di atas dapat sedikit menggambarkan sosok wanita berprestasi di Indonesia. Bahkan dari peristiwa gempa tersebut, arah bisnis yang dijalani oleh Ibu Susi pun berubah. Pesawat itu kemudian disewakan untuk misi kemanusiaan jika sebelumnya dipakai mengangkut hasil laut.

Mari dukung lebih banyak lagi Perempuan Tangguh seperti Susi Pudjiastuti dengan mendanai usaha mereka di Amartha, platform peer-to-peer (p2p) lending yang memberikan keuntungan sampai 15% flat per tahun.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...