Surat Wasiat: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

|

|

|

Dalam sebuah keluarga, harta warisan kerap menjadi permasalahan yang memicu pertengkaran. Agar dapat mengantisipasi hal ini tidak terjadi, orang tua sebagai pemilik harta yang ingin diwariskan hendaknya membuat surat wasiat.

Lantas, apa sih sebenarnya surat wasiat itu? Simak pembahasan dari Money+ di bawah ini!

Pengertian Surat Wasiat

Testamen atau surat wasiat adalah sebuah akta yang memuat pernyataan dari seseorang tentang apa yang dikehendakinya ketika ia meninggal.

Surat wasiat bisa dilakukan pencabutan atau direvisi selama orang tersebut belum meninggal. Sementara itu, bagi pihak ahli waris, menjalankan isi dari surat wasiat itu wajib dilakukan dan bersifat sah.

Baca Juga: 5 Tips Bijak Dalam Mengelola Harta Warisan

Berdasarkan Pasal 874 KUHPerdata, segala harta peninggalan seseorang yang meninggal dunia adalah kepunyaan dari para ahli waris menurut undang-undang, sejauh mengenai hal itu belum ada ketetapan yang sah.

Artinya, seluruh harta peninggalan dari seseorang yang telah meninggal sepenuhnya masih jadi hak milik para ahli waris selama pewaris tidak menentukan sesuatu dalam ketetapan yang sah.

Walaupun isi dari wasiat itu ada yang menyimpang dari undang-undang, tetap saja kehendak pewaris yang ada di dalam wasiat tersebut harus didahulukan.

Meski begitu, testamen punya keterbatasan yang di mana pewaris tidak dapat mewariskan seluruh harta kekayaannya kepada mereka yang masuk dalam bagian mutlak (legitieme portie) ahli waris.

Para ahli waris yang termasuk bagian mutlak atau legitieme portie disebut legitimaris. Maka dari itu, wasiat tidak boleh melanggar dari bagian mutlak legitimarisnya.

Jenis-Jenis Surat Wasiat

Pada dasarnya, pembuatan surat wasiat dibagi lagi menjadi tiga bentuk menurut Pasal 913 KUHPerdata, yakni:

1. Surat Wasiat Olografis

Jenis surat ini ditulis dan ditandatangani sendiri oleh pewaris. Setelah itu, surat akan dibawa ke kantor notaris untuk dibuatkan akta penyimpanan yang ditandatangani oleh notaris beserta 2 (dua) orang saksi.

Sesudah dibuatkan aktanya yang telah ditandatangani oleh pewaris, notaris, dan para saksi, maka testamen tersebut punya kekuatan yang sama dengan wasiat umum.

Surat ini bisa dibuat secara terbuka maupun tertutup. Secara terbuka, artinya notaris dapat mengetahui dan memahami seluruh isi wasiat dan memberikan keterangan penyimpanannya. Sedangkan Secara tertutup, berarti notaris tidak dapat membuka dan mengetahui isi wasiatnya.

Baca Juga: Kenali Hukum Pembagian Harta Warisan di Indonesia

2. Surat Wasiat Umum

Surat wasiat jenis ini dibuat langsung di hadapan notaris, di mana pewaris berinisiatif sendiri mendatangi kantor notaris. Setelahnya, pewaris akan menerangkan perihal apa saja yang ingin dituangkan dalam wasiat tersebut.

Jenis surat ini paling sering digunakan dan bahkan dianjurkan agar notaris dapat memberikan bimbingan dan petunjuk kepada pihak pemberi wasiat. Tujuannya supaya wasiat itu dapat berjalan sebaik mungkin sesuai kehendak pewaris.

3. Surat Wasiat Rahasia

Jenis surat wasiat ini sebenarnya hampir serupa dengan jenis wasiat olografis. Hanya saja, sifat surat ini tertutup. Dalam hal ini, pewaris menulis dan menandatangani sendiri, yang kemudian diserahkan kepada notaris untuk dibuatkan akta penyimpanan dengan dihadiri 4 (empat) orang saksi.

Pada surat tersebut juga harus diberi keterangan yang menyatakan bahwa dibuat dan ditandatangani oleh pemberi wasiat sendiri. Bentuk surat ini bisa dilihat dalam Pasal 940 KUHPerdata.

Dalam pembuatan surat wasiat, pastikan kamu menulisnya secara detail. Surat wasiat ini dapat kamu buat sendiri maupun di hadapan notaris dengan mengeluarkan sejumlah biaya pembuatan surat wasiat.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.