Home Syariah Sunnah Beramal dan Bersedekah

Sunnah Beramal dan Bersedekah

|

|

|

Dalam melakukan amal kebaikan sebagai bekal kita di akhirat, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satu bekal tersebut adalah dengan melakukan doa dan beramal. Keduanya menjadi hal yang sangat baik dalam hidup dan bisa menambah pahala. Ada banyak keutamaan dari beramal dan bersedekah, yang juga akan membawa kebaikan dalam hidup.

Rasulullah SAW juga mengajarkan bahwa di dalam bersedekah ada banyak manfaat yang sangat baik. Memberi pada mereka yang membutuhkan dan melakukan hal baik lainnya harus dilakukan dengan tujuan keikhlasan, dan semata-mata hanya karena Allah SWT. Jangan bersedekah hanya untuk kebutuhan duniawi misalnya untuk melancarkan rezeki saja.

Berikut ini beberapa keutamaan dalam beramal dan juga bersedekah :

  1. Bisa Menghapus Segala Dosa
    Sebagai makhluk Tuhan yang tidak sempurna dan tidak luput dari dosa, tentu ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Untuk itu, Anda harus bersedekah dan beramal baik agar dosa-dosa yang selama ini dilakukan bisa terhapus. Walaupun manusia tak bisa terhindar dari dosa, tapi Anda tetap bisa menghapus/mengurangi dosa dengan melakukan sedekah.
  2. Sedekah Bisa Berupa Apapun
    Jangan berpikir bahwa sedekah hanya berbentuk uang atau materi saja, sehingga jika Anda sedang tidak punya uang maka Anda akan berpikir Anda tidak bersedekah. Sedekah bisa berupa apa saja misalnya membantu orang-orang yang kesusahan, membersihkan ruangan saat tak ada orang yang membersihkannya, dan masih banyak lagi.
  3. Mengutamakan Sedekah Tak Akan Mengurangi Harta
    Keutamaan sedekah berikutnya adalah harta yang Anda miliki tidak akan menjadi berkurang jika Anda melakukan sedekah. Sedekah tidak hanya menghapus dosa, tapi juga akan mendatangkan rezeki dalam hidup. Ketika Anda bersedekah, maka Allah akan mengganti hal lainnya yang lebih baik lagi. Itulah sebabnya sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk selalu bersedekah.
  4. Allah SWT Akan Melipatgandakan Pahala
    Melakukan sedekah juga akan mendatangkan pahala, bahkan dengan bersedekah dan beramal baik Allah akan melipatgandakan pahala tersebut. Bahkan jika Anda bersedekah sedikit saja, Allah tetap akan melipatgandakan pahala. Allah SWT Maha Luas, Maha Besar, dan Maha Mengetahui. Ia melihat segala hal yang dilakukan hamba-Nya, termasuk dalam bersedekah.
  5. Mendapat Naungan di Hari Akhir
    Itulah mengapa beramal dan sedekah menjadi keutamaan dalam hidup kita. Jangan takut kehilangan harta, karena dengan bersedekah kita akan mendapat naungan di hari akhir. Rasulullah SAW juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang bersedekah akan mendapat naungan di hari akhir.

Memang ada banyak hal yang menghambat kita ketika akan melakukan hal baik misalnya beramal dan bersedekah, tetapi #KitaJanganMenyerah. Tetaplah melakukan segala hal yang baik, melakukan sedekah dan beramal karena dengan begitu hidup akan menjadi lebih mudah, penuh berkah dan dijauhkan dari segala mara bahaya.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...