Home Lifestyle ⛾ Inilah Sejarah Awal Mulanya Harbolnas

Inilah Sejarah Awal Mulanya Harbolnas

|

|

|

Promo hunter pastinya gak akan menyia-nyiakan momen Harbolnas atau Hari Belanja Nasional. Setiap tahun, Harbolnas biasanya diadakan rutin pada November atau Desember. Pasalnya, beberapa e-commerce hingga outlet di mall pastinya memberikan tawaran berupa diskon menarik. Gak main-main, bahkan ada yang memberikan diskon hingga 90%, loh.

Namun, tahu gak sih gimana Harbolnas bisa terjadi dan rutin diadakan dengan tawaran diskon yang menggiurkan?’ Negara-negara yang menyelenggarakan perayaan belanja online  “Cyber Monday” seperti, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang. 

Di Amerika, Cyber Monday adalah bentuk modern dari Black Friday yang digelar setelah Thanksgiving Day atau sebelum musim belanja menjelang Natal. Banyak toko di Amerika memberikan potongan harga untuk meningkatkan keuntungan.

ilustrasi

Konsep tersebut kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya, di Meksiko dikenal dengan nama El Buen Fin dan di Arab dikenal dengan nama White Friday.

Di Indonesia, Harbolnas pertama kali digelar pada 12 Desember 2012. Dengan memasang jargon 12.12.12, Harbolnas sukses diadakan oleh beberapa e-commerce perintis seperti Lazada, Bukalapak, BLANJA, Berrybenka, dan Zalora. Ada juga pihak perbankan yang berpartisipasi dalam perayaan Harbolnas yakni, Bank Mandiri.

Baca Juga: #HARBOLNAS: Belanja Online Bikin Dompet Merana? Amankan dengan Tips Berikut!

Di tahun selanjutnya, Harbolnas disambut baik oleh masyarakat, pelaku usaha UMKM, hingga e-commerce dan perbankan. Misalnya saja pada tahun 2015, terdapat 140 retail online yang berpartisipasi dan terus bertambah menjadi lebih dari 250 retail online pada tahun 2018. Adapun barang yang banyak dicari seperti produk fesyen, kuliner, perangkat elektronik, atau kerajinan tangan buatan lokal.

Meskipun berbagai e-commerce memberikan berbagai macam diskon menarik kepada setiap pelanggan, hal ini tidak menimbulkan persaingan antar e-commerce. Harbolnas tidak sekadar meraup keuntungan sebesar-besarnya tetapi juga mengkampanyekan belanja dengan cara online kepada masyarakat luas sehingga semua retail e-commerce boleh berpartisipasi saat Harbolnas berlangsung

Nah, diskon menggiurkan saat Harbolnas jangan sampai bikinAnda kalap ya! Ingat untuk menabung sebagian dana Anda agar memiliki dana darurat juga dana pensiun!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...