Strategi Jualan di Facebook untuk UMKM

|

|

|

Di era digital, ada banyak cara bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk menjual lebih banyak produk usahanya. Salah satunya adalah dengan membuat toko online di Facebook. Saat ini Facebook sudah memiliki layanan terbaru, yaitu Facebook Shops.

Facebook Shops merupakan layanan belanja online yang memungkinkan Anda sebagai pelaku usaha untuk membuat toko di Facebook secara gratis.

Kelebihan dari Facebook Shops adalah penjual dan pembeli bisa berinteraksi langsung ke layanan WhatsApp, Messenger, atau Direct Message (DM) Instagram.

Instagram untuk UMKM: Buat Branding atau Selling?

Dengan membuka toko di Facebook Shops, pembeli bisa langsung checkout tanpa perlu diarahkan ke marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana strategi jualan di Facebook untuk UMKM? Simak penjelasan di bawah ini:

  1. Siapkan akun Facebook Page

Buatlah akun Facebook Page agar usaha Anda terlihat lebih profesional. Jangan buat akun Facebook seperti akun pribadi biasa karena Anda tidak akan bisa berjualan dengan optimal melalui fitur-fitur yang disediakan oleh Facebook.

  1. Siapkan Nama Usaha

Nama atau brand suatu usaha adalah kunci agar ada calon pembeli yang ingin membeli. Gunakan nama yang menarik. Sebagai informasi, nama ini tidak akan bisa diubah dikemudian hari.

  1. Jabarkan Informasi Produk

Tulis semua informasi yang dibutuhkan seperti kontak yang dapat dihubungi, alamat jelas, penjelasan tentang bisnis Anda, syarat dan ketentuan, cara pemesanan, foto profil yang menarik dan jelas, banner yang menarik dan jelas, dan sebagainya.

  1. Siapkan Produk Anda

Produk yang baik dan memiliki kualitas baik akan menjadi alat marketing produk itu sendiri. Apabila memiliki kualitas dan layanan yang baik, orang akan membeli dan merekomendasikannya kepada orang terdekat mereka. Dengan demikian, reputasi toko Anda bisa semakin baik dan mendapatkan lebih banyak pesanan.

  1. Buat Konten yang Menarik

Tugas pelaku usaha untuk mendapatkan penjualan tidak berhenti sampai di membuka toko secara online saja, melainkan membuat konten yang menarik.

Perlu diingat bahwa Facebook Shops adalah toko sementara konten adalah isinya. Maka dari itu pelaku usaha harus fokus mengembangkan konten yang sesuai dengan followers dan produk yang dijual.

Contoh Caption Menarik Untuk Jualan di Sosial Media

  1. Foto Produk yang Baik

Foto produk sering diabaikan oleh para pelaku usaha. Biasanya mereka tidak memiliki skill fotografi yang baik dan atau keterbatasan dana untuk menyewa fotografer profesional.

Pelaku usaha bisa minta bantuan rekan terdekat yang memiliki skill atau mencari jasa fotografer dengan harga terjangkau di internet. Kadang, ada fotografer pemula yang menawarkan jasanya secara gratis sebagai portofolio mereka, lho.

  1. Analisis Pasar dan Kompetitor

Sebelum melakukan promosi, Anda harus melakukan analisis pasar seperti mengetahui siapa target audience, tau demografi, dan kebiasaan yang disukai followers. Analisis bisa juga termasuk menentukan kapan waktu terbaik untuk mengunggah masing-masing konten.

Selain itu, buat juga daftar kompetitor dan analisis performa toko mereka. Perhatikan konten yang dibuat, analisis mana yang disukai dan mana yang tidak disukai.

  1. Promosikan dengan Facebook Ads

Facebook Ads adalah salah satu cara terbaik untuk mengiklankan produk. Dengan ads, akun Facebook Shops Anda dapat dilihat oleh jutaan pengguna yang aktif di Facebook setiap harinya.

Perlu diperhatikan bahwa untuk melakukan iklan atau ads diperlukan biaya. Namun Anda bisa mengatur berapa banyak biaya yang dikeluarkan dan memilih target audience untuk memaksimalkan promosi Anda.

Itulah 8 strategi jualan di Facebook untuk UMKM yang bisa Anda coba. Yuk buat dan cetak banyak target pesanan!

Eitss jangan lupa untuk sisihkan keuntungan tersebut dengan melakukan investasi di P2P Lending Amartha. Pasalnya, Amartha menawarkan keuntungan sampai 15% flat per tahun, lho!

Dengan berinvestasi di Amartha, Anda bisa memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan untuk menjalankan usaha. Yuk Danai!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...