Strategi dan Tips Sukses Memulai Bisnis Bunga Wisuda!

0
374
peluang usaha bunga wisuda
Ilustrasi Bunga Wisuda. Photos by Krystyna Taran (istockphoto)

Tips Sukses Jualan Buket Bunga Wisuda Unik

Wisuda adalah momen paling membahagiakan bagi semua orang. Momen perayaan akan kelulusan setelah beberapa tahun belajar di institusi pendidikan mulai dari Sekolah Menengah hingga Perguruan tinggi.

Di saat inilah penjual hadiah-hadiah wisuda akan mulai menjajakan dagangannya, seperti paket boneka dan bunga wisuda, ataupun pernak-pernik lain yang bisa dijadikan sebagai simbol kelulusan itu sendiri. 

Nah, buat kamu yang ingin memulai jualan buket bunga wisuda besar maupun kecil, bisa mengikuti strategi dan tips ini. 

1. Buat rancangan awal yang matang

Usaha yang akan langgeng adalah bisnis yang dirancang dengan matang sejak awal. Sebelum memulai bisnis, kamu harus menentukan hal-hal ini: 

  • Siapa target pasar yang akan dijangkau. Apakah hanya mahasiswa atau masyarakat umum. 
  • Tentukan persona buyer secara jelas dan detail. Seperti usia, pekerjaan, jenis kelaminnya, hingga demografinya. 
  • Bunga apa saja yang akan dijual. Apakah hanya menyediakan bunga-bunga hidup yang masih segar atau bunga plastik juga. 
  • Paket buket wisuda apa yang akan dijadikan produk. 
  • Berapa harga buket bunga wisuda yang dipatok oleh kompetitor. 
  • Bagaimana para kompetitor memasarkan produknya. 

Pastikan kamu sudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum memulainya. Karena kelima pertanyaan itu adalah dasar awal dari bisnis jualan bunga yang akan kamu buka. 

2. Persiapkan modal untuk mulai bisnis bunga wisuda

Tidak ada bisnis yang jalan tanpa modal. Meskipun hanya tenaga dan waktu, itu juga masuk dalam modal. Jika memerlukan uang untuk memulainya, kamu harus menghitung semua rincian modal yang dibutuhkan.

Mulai dari sewa toko, pembelian bunga dari distributor, pembelian peralatan tambahan seperti gunting dan lakban, aksesoris yang akan dipakai untuk pembuatan buket bunga, dan lain-lain. 

Untuk masuk dalam bisnis jualan buket bunga ini, kamu bisa memulai dengan modal kecil misal 1 hingga 2 juta rupiah. Namun, kamu harus mengimbangi dengan kreatifitas dan pelayanan yang baik ke konsumen agar nama toko bungamu semakin dikenal. 

3. Cari distributor bunga yang tepat

Kamu tidak akan bisa membuka usaha toko bunga tanpa adanya pemasok. Maka dari itu, carilah distributor yang menyediakan jenis-jenis bunga berkualitas dengan harga terjangkau. Cek pula bagaimana review distributor tersebut dalam memberikan pelayanan mulai dari pengiriman hingga mengatasi komplain ketika ada kesalahan atau kerusakan. 

Distributor yang baik akan memberi dampak yang baik pula pada bisnis buket bunga kamu. Bila distributor memberikan pelayanan buruk, kamu juga yang akan rugi nantinya. 

Baca Juga:
Dari Hobi Jadi Sumber Rezeki Menuju Tanah Suci

4. Pahami jenis-jenis bunga dan ilmu merangkainya

Seorang pebisnis harus mengerti produk apa yang akan dia jual. Begitu pula dengan penjual buket bunga. Kamu harus mengerti jenis-jenis bunga yang bisa dirangkai dan kegunaannya untuk apa saja. Tujuannya, agar kamu bisa membantu pelanggan dalam menemukan bunga terbaik untuk seseorang yang dicintainya. 

Selain itu, kamu pun harus pintar merangkai bunga-bunga tersebut hingga menjadi buket bunga wisuda unik nan cantik. Pastikan untuk bisa merangkai dalam beberapa bentuk agar pelanggan puas dan selalu kembali ke toko bungamu ketika ingin memberikan hadiah kepada pasangan atau orang tercinta. 

5. Gunakan media sosial untuk pemasaran

Untuk memulai bisnis jualan buket bunga, kamu bisa memulai dari rumah terlebih dahulu. Gunakan media sosial untuk membantu memasarkan buket-buket tersebut. Rangkai beberapa jenis bunga dalam bentuk yang cantik kemudian foto dan unggah di media sosial. 

Selain kelima strategi tersebut, masih ada strategi lainnya yang bisa kamu cari. Kunci dari kesuksesan dalam bisnis adalah ketekunan dan kesabaran dalam menjalankannya. Atau kamu juga bisa membiayai para perempuan petani bunga di pedesaan melalui Amartha lho. Dengan modalin usaha para perempuan petani bunga di Amartha mulai dari 100 ribu rupiah, kamu bisa mendapatkan keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun, lho.

Yuk gabung sekarang dengan Amartha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here