Startup Kopi Kenangan Berencana IPO Pada Tahun 2023

0
468

Kopi Kenangan dan IPO, Kenalan dulu!

Kopi kenangan siap IPO di tahun depan. Apa itu IPO? Penawaran umum perdana atau peluncuran saham adalah public offering di mana saham perusahaan dijual kepada investor institusi dan biasanya juga kepada investor ritel. 

Pada umumnya IPO di tanggung oleh satu atau lebih bank atau investor, yang secara bersamaan mengatur supaya saham tercatat dengan resmi di beberapa bursa saham. Bisakah Kopi Kenangan dan IPO terwujud pada tahun 2023?

Saham setelah itu akan diperdagangkan di pasar terbuka secara bebas, atau biasa di sebut sebagai free float. Free float di terapkan minimum oleh bursa saham secara absolut dan sebagai bagian dari total modal saham.

Kopi Kenangan dan IPO nyatanya akan segera terwujud. Meskipun begitu, beberapa hal harus tetap di perhatikan terutama yang berkaitan dengan biaya dan proses perbankan hukum lainnya.

Tentang Kopi Kenangan

Setelah meraih pendanaan seri C tahap pertama pada 27 Desember 2021 senilai US$96 juta atau Rp1.3 triliun Kopi Kenangan kembali mencatat rekor valuasi Kopi Kenangan hingga melampaui US$1 miliar atau sekitar Rp14.40 trilliun

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan gerai kopi satu ini. Kopi Kenangan merupakan gerai kopi non-franchise terbesar di Indonesia. Kopi Kenangan tidak menarik biaya pada franchisenya dan lebih berkembang secara mandiri. Dengan moto mereka “Sehari Satu Toko”, Kopi Kenangan aktif dalam berkembang dan expand gerai mereka ke pasar Indonesia secara menyeluruh.

Tembus Nilai Valuasi US$1 Miliar

Sudah lebih dari 4 tahun Kopi Kenangan duduk di industri pangan, menjadi salah satu gerai kopi terbaik di Indonesia. Saat ini nilai valuasi Kopi Kenangan tembus US$1 miliar, gerai kopi ini  sukses menciptakan lebih dari 4.000 lapangan pekerjaan dengan jumlah gerai Kopi Kenangan sebanyak 600 tempat di Indonesia.

Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa merupakan orang-orang penting di balik suksesnya Kopi Kenangan. Para geniuses ini pertama kali membangun gerai kopinya di daerah Kuningan pada tahun 2017. Namun, hanya bisa menjual 700 gelas saja. Tapi seiring berjalannya waktu, Kopi Kenangan yang sudah menyebar ini pun mampu meraup lebih dari 1 juta gelas kopi terjual perharinya.

Beberapa pendanaan yang di hujankan ke Kopi Kenangan juga tidak bisa di pandang sebelah mata. 

  • Alpha JWC, 2018 sebesar Rp121 milliar
  • Sequoia India (Modal Ventura), 2019 sebesar Rp288 miliar

Dengan dana sebanyak itu, Kopi Kenangan menarget memiliki 1.000 gerai pada 2022.

Baca Juga: Ada Startup Unicorn Mau IPO, Investasi Gak Ya?

Benarkah Kopi Kenangan Siap IPO?

Kabar burung mengatakan bahwa Kopi Kenangan dan IPO bakalan terjadi tahun 2023 mendatang. Apa benar?

Belakangan ini Kopi Kenangan terdengar akan melakukan IPO pada 2023 mendatang. Mengingat valuasi yang di dapat gerai ini bukan main, Kopi Kenangan dan IPO akan segera menjadi rekan pada 2023 ini. 

CEO Kopi Kenangan, Edward berujar “Kopi Kenangan mampu menjual lebih dari 3 juta gelas kopi setiap bulan. Sedangkan untuk Kenangan Manis yang baru saja diluncurkan di bulan Oktober 2021 dan sudah berhasil menjual 20.000 cookies hanya dalam sebulan,” 

Beberapa penghargaan pun sudah di kantongi gerai kopi ini:

  • Brand of The Year dari World Branding Awards International Forum di kategori Cafe Chain 2021-2022
  • Sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environmental) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Lebih dari 622 cabang Kopi Kenangan menyebar di 45 kota besar di seluruh Indonesia. Bahan-bahan utama seperti biji kopi, gula aren, susu dan sirup pun mengalami peningkatan sebesar 58,8% tahun lalu.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Kopi Kenangan dan IPO pada tahun 2023 akan terwujud.

Ingin Menjadi Pendana seperti Alpha JWC? Bergabunglah dengan Amartha sebagai pendana bagi pebisnis UMKM berdampak positif dengan berbagai keuntungan setiap bulannya. Kamu juga bisa dapat BONUS Rp100.000 spesial bagi pendana baru serta 15% flat pertahunnya. Yuk, modalin usaha mikro bersama Amartha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here