Home Finance Spend Smart - Tips Agar Tidak Banyak Jajan di Saat Kondisi New...

Spend Smart – Tips Agar Tidak Banyak Jajan di Saat Kondisi New Normal

|

|

|

Kebiasaan jajan di luar dalam masyarakat kita merupakan salah satu hal yang sulit untuk dihilangkan. Apalagi setelah masa pandemi Covid 19 memasuki babak baru dengan diberlakukannya era normal baru atau new normal oleh pemerintah mulai bulan Juni ini. Pemberlakuan era new normal ini membuat banyak orang kelimpungan untuk mengatur keuangan yang tepat dan strategis.

Pasalnya, setelah beberapa waktu lamanya harus terkurung di dalam rumah, era normal baru dianggap sebagai era untuk dapat menjalankan aktivitas kembali normal dengan pergi keluar rumah. Hal ini membuat banyak orang memilih untuk makan dan jajan di luar menikmati jajanan yang tidak bisa dirasakan sebelumnya. Untuk membantu Anda lebih bijak menggunakan uang, berikut adalah tips yang tepat.

Rencanakan Keuangan Sejak Awal Bulan

Sejak Anda menerima gaji di awal bulan, atau mungkin akhir bulan tergantung kepada kondisi masing-masing, sebaiknya Anda harus segera membuat daftar lengkap pengeluaran. Tulis daftar pengeluaran tetap yang tidak bisa ditunda-tunda di dalam buku jurnal Anda. Kemudian hitung berapa sisa uang yang memungkinkan untuk digunakan jajan atau Anda mencari hiburan. 

Dalam menulis pengeluaran tetap ini jangan lupakan poin menabung atau investasi. Selalu sisihkan setidaknya 10% dari penghasilan untuk ditabung. Tabungan ini akan menjadi dana cadangan apabila sewaktu – waktu dibutuhkan.

Buat Daftar Barang yang Ingin Dibeli

Sebelum pergi keluar untuk berbelanja, pastikan Anda telah membuat daftar kecil barang-barang yang akan dibeli. Daftar kecil barang yang akan dibeli akan membantu Anda agar lebih terorganisir saat melakukan pembelian barang dan menghindarkan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Bandingkan Harga

Meski terkesan ribet atau bahkan dilabeli orang sebagai “perhitungan”, namun cara ini termasuk sangat ideal dilakukan. Apabila Anda ingin lebih berhemat selama era normal baru, cobalah untuk berbelanja di tempat berbeda dalam sebulan. Saat berbelanja ingat – ingatlah atau catat daftar harga barang yang sering dibeli. Tujuannya agar Anda mengetahui perbandingkan harga di tempat berbeda.

Berinvestasi di Amartha

Untuk membantu Anda lebih bijak dalam mengelola keuangan, Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan dengan menjadi investor di Amartha. Amartha adalah perusahaan financial technology (fintech) yang sudah mendapatkan izin operasional dari OJK sehingga aman dan terpercaya. 

Amartha memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk menjadi investor dengan memberikan dampak sosial kepada peminjamnya. Anda bisa memilih sendiri usaha mikro apa yang ingin Anda danai. 

Dengan strategi keuangan yang tepat, Anda bisa merencanakan masa depan lebih baik. Berinvestasi di Amartha selain membantu Anda mengelola keuangan namun juga membantu usaha kecil di Indonesia agar lebih berkembang. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...