Solusi Untuk Kamu Yang Sulit Menabung

|

|

|

Menabung merupakan hal penting yang penting dilakukan oleh semua orang. Tidak hanya untuk masa depan tapi juga untuk memenuhi kebutuhan yang di luar rencana.

Meski begitu, masih banyak orang yang belum menabung secara rutin. Padahal, dengan penghasilan berapa saja, kamu tetap bisa melakukannya.

Nah, agar kamu tidak merasa sulit untuk menabung, berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan:

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan apa yang menjadi tujuan utamamu dalam menabung.

Dengan tujuan yang jelas untuk menabung akan menjadi penyemangat kamu untuk menyisihkan pundi demi pundi demi cepat mencapai tujuan tersebut.

5 Level Perencanaan Keuangan, Kamu Sudah di Level Berapa?

2. Menabung Secara Bertahap

Menabunglah secara bertahap. Tidak perlu menabung dalam jumlah yang besar, mulai dari jumlah yang sedikit kemudian ke jumlah yang banyak. Hal ini penting agar kamu tidak merasa terbebani dengan saat ingin rutin menabung.

3. Buat Rencana Menabung Secara Detail

Semakin detail sebuah langkah, akan semakin bersemangat biasanya untuk menjalankannya. Tak terkecuali urusan menabung.

Supaya rencana menabungmu berhasil, kamu bisa memulainya dengan menuliskan rencana tabungan secara detail di sebuah catatan yang dapat dilihat sewaktu-waktu.

4. Konsisten

Untuk mendapatkan hasil yang optimal jangan lupa untuk selalu konsisten dengan rencana menabung mu.

Rencana tapi tanpa dukungan yang konsisten hasilnya akan percuma. Semakin kamu konsisten maka hasilnya akan semakin optimal.

5. Buat Rekening Pribadi Khusus Tabungan

Salah satu kesulitan yang sering dialami seseorang dalam menabung, adalah mereka biasanya mencampurkan uang tabungan mereka dengan rekening pribadi mereka di mana mereka menerima penghasilan.

Karena itu, secara tidak sadar, kamu menggunakan uang tabungan itu juga untuk kebutuhan sehari-hari. Pernahkah kamu seperti itu? Secara tidak sadar kamu menggunakan uang yang seharusnya kamu tabung untuk membeli hal yang kamu inginkan atau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan pada akhirnya uang tabungan tidak bisa terkumpul sesuai dengan targetmu.

Oleh karena itu untuk mencegah hal seperti itu terjadi, maka buatlah rekening pribadi khusus untuk tabungan. Kamu bisa membuat rekening tabungan untuk tabunganmu di bank yang sama dengan rekening pribadimu atau di bank berbeda.

Dengan membuat rekening pribadi khusus tabungan, maka bisa membuatmu untuk menghindari menggunakan uang tabungan.

Selain itu juga lebih mempermudah kamu karena setelah mendapat penghasilan, bisa langsung mentransfernya ke rekening khusus tabunganmu.

Selain menabung, tidak ada salahnya kamu mempergunakan sebagian kecil penghasilan untuk berinvestasi. Investasi ini penting karena bisa menjadi dana darurat ataupun tabungan yang berguna di masa mendatang.

Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di P2P Lending Amartha.

Amartha adalah perusahaan P2P Lending di Indonesia yang fokus menyalurkan pinjaman kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Dengan menjadi pendana di Amartha, kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun.

Rutin mendanai di Amartha bisa menjadi salah satu cara untuk menabung sekaligus menjaga nilai uang yang semakin lama tergerus inflasi. Misal kamu memiliki uang 500 juta untuk membeli rumah dua tingkat untuk ditempati keluarga kecilmu, mungkin 10 tahun lagi dengan harga yang sama, kamu hanya bisa membeli rumah tanpa tingkat saja.

Kelebihan lain mendanai di Amartha adalah kamu turut menciptakan dampak sosial yaitu menciptakan kesejahteraan yang merata lho. Yuk danai sekarang!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.