Soft Skill yang Diperlukan Agar Cepat Naik Jabatan

0
245
Soft Skill yang Diperlukan Agar Cepat Naik Jabatan
Sumber Foto: Shutterstock

Ketika merintis karier di dunia kerja, tentunya setiap orang menginginkan agar bisa naik jabatan. Adapun, bagi karyawan saat ingin mencapai jenjang karier yang lebih baik dengan mendapat kenaikan jabatan, sebaiknya membekali diri diri dengan berbagai kemampuan, termasuk soft skill.

Nah buat kamu yang belum tau, soft skill sendiri merupakan perpaduan keterampilan yang perlu dimiliki.

Dikutip dari The Balance Careers, soft skill adalah kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja.

Pada dasarnya, keahlian semacam ini menunjukkan bagaimana seseorang dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain di dalam dunia kerja.

Berbeda dengan hard skill yang dipelajari dan dilatih, kemampuan ini lebih mengarah kepada emosi dan wawasan dalam memperlakukan orang lain. Baik soft skill dan hard skill, keduanya adalah investasi dalam dunia kerja yang perlu kamu perhatikan.

Nah, untuk memperbesar peluangmu supaya lebih cepat naik jabatan, berikut ini adalah beberapa soft skill yang perlu dimiliki:

1. Kemampuan Berpikir Logis

Dalam dunia kerja, permasalahan akan selalu terjadi. Karena itu, kemampuan untuk menganalisis permasalahan yang ada perlu kamu miliki. Lalu, kamu dapat mengambil keputusan terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kemampuan berpikir logis, kritis, serta pola pikir agile sangat penting dalam dunia kerja. Sebab, pola pikir dan kemampuan melihat peluang dari berbagai sudut pandang akan membantu kamu menemukan solusi atas setiap permasalahan yang dialami di dunia kerja.

2. Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi juga menjadi soft skill yang perlu dimiliki untuk menentukan peningkatan karier dan mendapatkan kenaikan jabatan di perusahaan. Mengapa? Dalam perjalanannya, tidak semua pekerjaan berjalan mulus sesuai yang direncanakan.

Perusahaan bisa saja tiba-tiba mengubah strategi dan perencanaan untuk setahun ke depan. Oleh karena itu, dibutuhkan sosok yang bisa beradaptasi dengan perubahan yang bisa terjadi seketika.

Kamu harus mampu memacu diri menjadi sosok yang bisa beradaptasi dengan perubahan. Sebagai contoh, beradaptasi dengan teknologi baru atau beradaptasi dengan rekan kerja baru dalam satu tim karena ada rotasi atau mutasi.

Baca Juga: Generalis Atau Spesialis, Mana yang Lebih Cocok Dalam Karir?

3. Kemampuan Manajemen Waktu

Pada dasarnya, setiap orang memiliki waktu 24 jam dalam satu hari. Meski begitu, ada karyawan yang bisa menyelesaikan banyak hal, tapi ada juga yang merasa 24 jam kurang, bahkan hanya untuk menyelesaikan pekerjaan.

Manajemen waktu yang baik umumnya sejalan dengan produktivitas kerja. Karyawan yang bekerja dengan waktu yang terstruktur biasanya mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan kualitas yang baik.

Sebaliknya, manajemen waktu yang buruk membuat karyawan menyelesaikan pekerjaan tidak tepat waktu. Sebab, tidak dapat mengukur berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu pekerjaan.

Salah satu cara meningkatkan manajemen waktu dengan menggunakan time blocking. Cara ini membagi satu hari menjadi beberapa blok kecil. Tiap blok diatur untuk menyelesaikan satu pekerjaan spesifik. Kamu juga bisa mengatur pembagian waktu dengan menggunakan skala prioritas.

4. Kemampuan Memimpin (Leadership)

Pada umumnya, memiliki kepercayaan diri dan visi yang jelas dapat membantu mempengaruhi rekan kerjamu serta membawanya meraih tujuan perusahaan.

Biasanya, sosok yang menunjukkan kemampuan kepemimpinan dalam sebuah organisasi berpeluang mendapatkan peningkatan karier.

Manajemen perusahaan selalu mencari karyawan dengan potensi kepemimpinan karena suatu hari pekerja tersebut akan mengambil alih kendali dan melanjutkan operasional perusahaan.

Sebagai catatan yang perlu kamu ingat, menjadi seorang pemimpin bukan hanya tentang membuat orang melakukan apa yang diinginkan. Kepemimpinan berarti menginspirasi dan membantu orang lain mencapai potensi yang mereka miliki. Asah kemampuanmu dengan memotivasi tim dan mengambil lebih banyak tanggung jawab.

Nah, itulah beberapa soft skill yang perlu dimiliki supaya cepat naik jabatan dalam berkarier. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here