Sociopreneur Ini Sukses Mengubah Dunia

Saat ini, generasi milenial sedang berlomba-lomba untuk menjadi sociopreneur. Lalu, apa itu sociopreneur? Dan siapa saja sociopreneur yang sukses?

Nah, Social Entrepreneur atau Sociopreneur (Wirausaha sosial) merupakan suatu aktivitas kewirausahaan yang menyelesaikan permasalahan sosial dan lingkungan hidup di masyarakat. Mereka memberdayakan komunitas-komunitas di masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi, tetapi berdampak sosial.

Kini, sudah banyak sociopreneur yang sukses mengubah dunia. Mereka berhasil memberikan dampak sosial terhadap dunia. Perusahaan mereka telah membantu masyarakat terutama masyarakat miskin di dunia. Siapa saja sociopreneur itu? Berikut 5 sociopreneur yang sukses mengubah dunia:

Lauren Bush

Lauren Bush yang merupakan cucu dari mantan Presiden Amerika Serikat George H.W. Bush mendirikan perusahaan FEED untuk memberikan makan kepada anak-anak miskin di dunia. Dia telah memberi makan lebih dari 60 juta anak malnutrisi di seluruh dunia.

Daniel Flynn

Daniel Flynn merupakan sociopreneur asal Australia yang mendirikan Thankyou Water untuk memberikan akses air bersih kepada lebih dari 900 juta orang di dunia. Startup ini menjual air kemasan yang hasil penjualannya diberikan untuk mereka yang memerlukan air minum bersih. Tak hanya air, perusahaan ini juga memiliki program sanitasi bersih dan pemberian makanan.

Alok Shetty

Alok Shetty merupakan sociopreneur asal India yang ingin mengubah kehidupan warga di daerha kumuh dengan membangun ulang rumah yang layak. Dia memulai bisnis sosial ini pada tahun 2005 dan berhasil membantu masyarakat miskin di India. 

Andi Taufan Garuda Putra

Andi Taufan Garuda Putra merupakan sociopreneur yang mendirikan startup fintech peer to peer lending Amartha pada 2010. Awalnya, dia melihat masyarakat desa yang sulit mendapatkan pinjaman modal usaha. Ini karena, mereka tinggal di pedesaan yang sulit dijangkau lembaga keuangan konvensional. Berawal, dari desa Ciseeng, Bogor, Jawa Barat pada 2010. Kini, Amartha melayani seluruh pulau Jawa. 

Masril Koto

Masril Koto merupakan pengusaha yang berhasil mendirikan  lembaga keuangan mikro agribisnis atau LKMA Prima Tani di daerah Agam, Sumatera Barat. Dia membangun perusahaan itu untuk memberikan bantuan modal usaha untuk para petani.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/sociopreneur-ini-sukses-mengubah-dunia">
LINKEDIN
%d bloggers like this: