Home Syariah Sociopreneur Ini Sukses Mengubah Dunia

Sociopreneur Ini Sukses Mengubah Dunia

|

|

|

Saat ini, generasi milenial sedang berlomba-lomba untuk menjadi sociopreneur. Lalu, apa itu sociopreneur? Dan siapa saja sociopreneur yang sukses?

Nah, Social Entrepreneur atau Sociopreneur (Wirausaha sosial) merupakan suatu aktivitas kewirausahaan yang menyelesaikan permasalahan sosial dan lingkungan hidup di masyarakat. Mereka memberdayakan komunitas-komunitas di masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi, tetapi berdampak sosial.

Kini, sudah banyak sociopreneur yang sukses mengubah dunia. Mereka berhasil memberikan dampak sosial terhadap dunia. Perusahaan mereka telah membantu masyarakat terutama masyarakat miskin di dunia. Siapa saja sociopreneur itu? Berikut 5 sociopreneur yang sukses mengubah dunia:

Lauren Bush

Lauren Bush yang merupakan cucu dari mantan Presiden Amerika Serikat George H.W. Bush mendirikan perusahaan FEED untuk memberikan makan kepada anak-anak miskin di dunia. Dia telah memberi makan lebih dari 60 juta anak malnutrisi di seluruh dunia.

Daniel Flynn

Daniel Flynn merupakan sociopreneur asal Australia yang mendirikan Thankyou Water untuk memberikan akses air bersih kepada lebih dari 900 juta orang di dunia. Startup ini menjual air kemasan yang hasil penjualannya diberikan untuk mereka yang memerlukan air minum bersih. Tak hanya air, perusahaan ini juga memiliki program sanitasi bersih dan pemberian makanan.

Alok Shetty

Alok Shetty merupakan sociopreneur asal India yang ingin mengubah kehidupan warga di daerha kumuh dengan membangun ulang rumah yang layak. Dia memulai bisnis sosial ini pada tahun 2005 dan berhasil membantu masyarakat miskin di India. 

Andi Taufan Garuda Putra

Andi Taufan Garuda Putra merupakan sociopreneur yang mendirikan startup fintech peer to peer lending Amartha pada 2010. Awalnya, dia melihat masyarakat desa yang sulit mendapatkan pinjaman modal usaha. Ini karena, mereka tinggal di pedesaan yang sulit dijangkau lembaga keuangan konvensional. Berawal, dari desa Ciseeng, Bogor, Jawa Barat pada 2010. Kini, Amartha melayani seluruh pulau Jawa. 

Masril Koto

Masril Koto merupakan pengusaha yang berhasil mendirikan  lembaga keuangan mikro agribisnis atau LKMA Prima Tani di daerah Agam, Sumatera Barat. Dia membangun perusahaan itu untuk memberikan bantuan modal usaha untuk para petani.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...