Home Money+ Social Return on Investment

Social Return on Investment

|

|

|

IMG-20180108-WA0013Bekerjasama dengan Melbourne Microfinance Initiative (MMI), Amartha baru saja melakukan analisa Social Return on Investment (SROI) yang mengukur dampak sosial dari operasi Amartha. Dilakukan dengan mengambil sampel-sampel mitra yang sudah lebih dari satu tahun bergabung dengan Amartha dari tiga area, yaitu Bogor, Bandung dan Subang, analisa ini memberikan hasil akhir perhitungan SROI Amartha pada angka positif 98% yang luar biasa!

Apa itu SROI?

New Economic Foundation menjelaskan SROI adalah sebuah studi analisa yang merubah nilai dampak-dampak yang telah timbul berdasarkan indikator terpilih untuk menentukan kesejahteraan ekonomi, sosial, lingkungan menjadi nilai mata uang kemudian membandingkan dengan jumlah dana yang diinvestasikan sebelum dampak tersebut muncul.

Kenapa SROI itu penting?

Menurut Heather Stombaugh, seperti dituliskan di thebalance.com, SROI dapat memberikan competitive edge, apalagi untuk Social Enterprise seperti Amartha yang kini masih berkembang. Kepada dunia luar, analisa SROI mendukung untuk menunjukan nilai kelebihan-kelebihan yang Amartha:

  1. Kredibilitas – pendanaan yang benar-benar memunculkan dampak langsung bagi mitra karena Amartha.
  2. Kapabilitas – Amartha bisa mengumpulkan data menghitung seberapa besar dan di mana saja dampak sosial yang telah tercipta.
  3. Kesinambungan (sustainability) – keberlangsungan usaha yang sangat didukung oleh keberhasilan dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk mitra Amartha.

Sementara ke dalam tim Amartha sendiri, SROI merupakan alat untuk membuktikan (prove) dan memperbaiki (improve).

Hasil studi MMI

Untuk melakukan perhitungan angka SROI Amartha, MMI telah menyusun pertanyaan-pertanyaan kepada mitra. Dengan menggunakan nilai uang dari pertanyaan survey, diketahui sebagai berikut:

  1. Input (cost) – plafon pinjaman
  2. Output (benefit) – dampak-dampak dalam jumlah uang yang muncul semenjak pendanaan.

Kemudian dihitung dengan rumus:

unnamed (1)

Hasilnya, Amartha mendapat angka SROI 0.98* atau 98%! Dalam kamus social value, rasio SROI Amartha adalah 1.98:1. Dengan kata lain setiap Rp1 yang diinvestasikan, sebesar Rp1.98 social value akan dinikmati oleh ibu-ibu mitra Amartha.

Amartha telah memberikan social return yang positif. Artinya, selain mitra bisa membayar pinjaman, mitra juga menikmati dampak sosial dalam bentuk peningkatan kualitas kehidupan sebesar 98% dibandingkan sebelum menerima pendanaan. Peningkatan tersebut antara lain sanitasi, kepemilikan aset, pendidikan, kepemimpinan, kesehatan, dan silaturahmi.

Angka SROI ini sangat baik untuk Amartha yang masih muda dan berkembang. Sementara social enterprise serupa, kebanyakan masih belum memikirkan untuk memperhatikan dan menghitung dampak sosial. Namun, Amartha sendiri tidak semerta-merta hanya puas di angka SROI 98%. Tentu, Amartha akan terus fokus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan senantiasa meningkatkan kapabilitas dan kinerja dengan maksimal.

Dari survey ini, diketahui juga bahwa:

  • 88% memiliki peningkatan pendapatan
  • 51% kini mereka bisa memiliki aset pribadi seperti handphone, motor, televisi, kulkas, bahkan mobil
  • 42% bisa melakukan perbaikan rumah, seperti atap, lantai atau dinding
  • 34% memiliki sanitasi yang lebih baik
  • Walaupun sebagian kecil, tapi beberapa kini memiliki kepercayaan diri untuk mengikuti kegiatan kepemimpinan seperti mencalonkan diri menajdi ketua PKK atau ketua kelompok di komunitasnya
  • 76% lebih sering bertemu atau bersilaturahmi dengan teman atau keluarga, atau terlibat dalam kegiatan sosial seperti arisan

Tentang Amartha

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) didirikan oleh Andi Taufan Garuda Putra pada bulan April 2010 sebagai Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dengan misi menghubungkan pelaku usaha di pedesaan yang kesulitan mendapat modal usaha. Pada tahun 2015, Amartha secara resmi bertransformasi menjadi perusahaan teknologi finansial (FinTech) dengan layanan peer to peer (P2P) lending marketplace untuk menghubungkan langsung pengusaha mikro (UKM) dengan pemodal (investor) secara online. Transformasi tersebut memungkinkan individu atau kelompok berinvestasi untuk UKM yang mencari pinjaman. Berbasis teknologi peer-to-peer (P2P), kini investor lebih nyaman dalam memilih mitra usaha yang memerlukan pembiayaan, berdasarkan profil risiko dan imbal hasil yang diinginkan.

Amartha telah berhasil menekan risiko gagal bayar (NPL) hingga 0% selama 7 tahun terakhir, dengan total dana tersalurkan lebih dari Rp 233 Milyar kepada lebih dari 79.000 mitra perempuan di pedesaan. Risiko terukur, investasi dengan impact sosial yang menguntungkan. Amartha percaya dengan terus memudahkan akses permodalan untuk usaha mikro dan kecil akan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah, membangun ketahanan ekonomi, dan mewujudkan keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website amartha.com.

Kontak Media

Ahmad Zaki | Public Relation and Social Impact Manager

Mobile: +62 838 9942 7158

Email : [email protected]

Melbourne Microfinance Initiative

unnamed

The Melbourne Microfinance Initiative (MMI) adalah organisasi mahasiswa Australia pertama dan terbesar yang meberikan layanan konsultasi gratis kepada institusi microfinance di seluruh dunia. MMI memiliki visi untuk memberikan dampak langsung kepada komunitas yang membutuhkan. Sebelumnya MMI telah menjalankan berbagai progam kosultasi di negara-negara berkembang seperti Myanmar dan Timor Leste. Setelah kolaborasi ini, Amartha dan MMI kini sedang berdiskusi untuk melanjutkan kerjasama di tahun depan.

Footnote:

* hasil angka 0.00 muncul bila nilai dampak pada mitra sama dengan nilai pendanaan atau social return yang impas. Tidak ada beda antara lembaga memberikan atau tidak memberikan pendanaan.

Angka >0.00 muncul bila nilai dampak melebihi pendanaan atau social return yang positif. Dampak positif muncul karena pedanaan yang diberikan.

Angka <0.00 muncul bila nilai pendanaan lebih besar dari dampak atau social return yang negative.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...