Soal Logo Halal MUI: Ini Tugas dan Fungsi MUI

0
557
logo halal mui
Ilustrasi logo halal mui. Photos by istockphoto

Alasan Logo Halal MUI Jadi Viral 

Banyak polemik yang terjadi setelah kemunculan logo halal MUI yang baru. Ada banyak yang tidak setuju dan lebih memilih logo lama lantaran bentuknya yang tidak mencerminkan makna dari halal itu sendiri. 

Namun, sebelum membahas tentang polemik yang terjadi di balik pembuatan logo halal MUI terbaru ini, mari ketahui dulu apa itu MUI serta tugas dan fungsinya. 

MUI adalah majelis atau organisasi yang didirikan oleh para ulama dan cendekiawan muslim untuk mengakomodasi permasalahan sertifikasi halal makanan dan minuman yang beredar di Indonesia sehingga layak dikonsumsi oleh umat Islam baik di Indonesia maupun mancanegara. 

MUI atau Mejelis Ulama Indonesia berada di bawah Kementerian Agama yang mengeluarkan fatwa tentang kehalalan sebuah makanan atau minuman. Sedangkan Kementerian Agama menjadi tempat untuk para pengusaha mendaftarkan produk-produknya agar bisa memperoleh sertifikasi halal tersebut. 

Ketahui Tugas dan Fungsi MUI

Di luar masalah logo halal MUI 2022, mari ketahui lebih jelas tugas dan fungsi MUI. 

Tugas MUI

Majelis Ulama Indonesia mempunyai 7 tugas utama yang merupakan bagian dari pembinaan, pembimbingan, serta pengayoman untuk umat Islam yang tinggal di wilayah Indonesia. Ketujuh tugas tersebut adalah: 

  1. Menjadi pengawal bagi umat Islam di Indonesia. 
  2. Memberi edukasi serta membimbing para pemeluk Islam, khususnya yang ada di Indonesia. 
  3. Menjaring kader-kader terbaik agar dapat memberikan edukasi dan pembinaan pada umat Islam di tiap wilayah Indonesia. 
  4. Memberikan solusi terbaik untuk masalah-masalah keagamaan baik di nasional maupun internasional. 
  5. Merumuskan konsep pengajaran dalam pendidikan Islam. 
  6. Mengawal konten-konten yang beredar di media massa tentang agama Islam. 
  7. Menjalin kerjasama dengan organisasi keagamaan lainnya di Indonesia. 
Baca Juga: 
Gratis! Ini Cara Dapatkan Sertifikat Halal untuk UMKM

Fungsi MUI

Terlepas masalah logo halal MUI yang masih menjadi viral, fungsi atau peran utama Majelis Ulama Indonesia ialah: 

  1. Menjadi penerus tugas-tugas para nabi yang mana berperan untuk menyebarkan serta memperjuangkan kehidupan bermasyarakat yang dapat mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam dengan arif juga bijaksana. 
  2. Memberikan fatwa untuk seluruh umat Islam di Indonesia, baik diminta secara langsung maupun tidak. 
  3. Memberikan bimbingan serta pelayanan terhadap umat Islam. Dalam hal ini, MUI menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah dalam menyampaikan aspirasi, tuntutan, maupun harapan mereka.
  4. Menegakkan amar ma’ruf nahi munkar yaitu menegakkan kebenaran serta mengajak masyarakat dalam kebaikan, menghindari kebatilan dan menjauhi keburukan secara istiqomah dan khidmat. 
  5. Menjadi pelopor dari gerakan tajdid, yaitu gerakan yang memurnikan serta dinamisasi dalam pemikiran Islam. 
  6. Menjadi pelopor gerakan yang memperbaiki umat Islam dalam berbagai hal. Misal menjadi penengah yang mendamaikan perbedaan pendapat antar organisasi Islam di Indonesia. 
  7. Mengemban kepemimpinan umat. Dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia ikut bertanggung jawab akan maju mundur suatu peradaban bangsa. 

Itulah tugas dan fungsi MUI yang wajib kamu ketahui. Meskipun polemik logo halal MUI masih menjadi perdebatan dan perbincangan hangat, kamu tetap bisa memfokuskan diri untuk mewujudkan impian memiliki financial freedom di masa mendatang. 

Wujudkan mimpi itu dengan bergabung menjadi investor di P2P Lending Amartha. Dapatkan imbal hasil mencapai 15% per tahun yang flat. Segera manfaatkan kesempatan ini untuk menggemukkan tabungan masa depan dan menciptakan CEO UMKM Indonesia. Gabung sekarang juga selagi ada promo menarik dari Amartha. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here