Cara Atur Skala Priroritas Pekerjaan dan Keuangan Untuk Ibu Rumah Tangga

|

|

|

Mengatur skala prioritas tidak hanya berlaku bagi karyawan atau pelaku usaha saja, tetapi juga ibu rumah tangga. Pasalnya, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga adalah pekerjaan tanpa henti dan melelahkan.

Maka dari itu, seorang ibu rumah tangga wajib untuk mengatur skala rumah prioritas agar seluruh pekerjaan serta keuangan dapat diselesaikan secara efektif.

Meskipun memilih sebagai ibu rumah tangga. ada juga ibu rumah tangga yang menambah sambilan sebagai pelaku usaha sehingga mengatur skala prioritas menjadi hal yang penting.

Lalu, bagaimana cara mengatur skala prioritas untuk ibu rumah tangga?

1. Mulai Atur Skala Prioritas Pekerjaan

Mengatur skala prioritas bukan berarti menyelesaikan pekerjaan dalam satu waktu, melainkan membagi pekerjaan berdasarkan tingkat urgensinya mulai dari yang paling penting dan mendesak. Skala prioritas juga dapat membantu seorang ibu rumah tangga untuk menyisihkan waktu istirahat.

2. Buat Timeline Setiap Hari

Setelah mengetahui skala prioritas, tahap selanjutnya adalah mengatur waktu pengerjaannya. Masukkan pekerjaan ke dalam kelompok masing-masing seperti misalnya dikerjakan pagi, siang, atau sore hari.

Dengan memiliki timeline, ibu dapat mengukur durasi setiap pekerjaan sehingga memudahkan dalam mengingat kapan harus bekerja dan kapan beristirahat.

3. Buat Budget Keuangan Rumah Tangga

Hal yang tak kalah penting soal mengatur prioritas ibu rumah tangga tidak hanya pada pekerjaan tetapi juga keuangan. Buatlah daftar pengeluaran rumah tangga dan kebutuhan lainnya setiap bulan. Hal ini dapat memudahkan dalam alokasi anggaran.

4. Maksimalkan Diskon Saat Berbelanja

Menyambung dari cara sebelumnya, mengatur skala prioritas keuangan dapat dimanfaatkan dengan memaksimalkan penggunaan diskon atau promo saat berbelanja. Perlu diingat, meskipun sedang diskon, belilah barang yang hanya dibutuhkan! Periksa juga tanggal kedaluwarsa barang yang dibeli.

5. Pangkas Pengeluaran Tidak Penting

Salah satu cara memangkas pengeluaran yang tidak penting adalah dengan menyiapkan bekal untuk anak dan suami. Menyiapkan bekal tidak hanya mengurangi uang makan di luar tetapi juga lebih terjaga kebersihannya, apalagi di saat musim yang tidak bersahabat.

Dengan memangkas pengeluaran yang tidak penting, ibu bisa menyisihkan dana untuk modal bisnis atau sebagai dana darurat keluarga. Apabila membutuhkan modal bisnis, ibu bisa juga mengajukan pinjaman asal telah dikomunikasikan dengan keluarga dan memilih perusahaan pinjaman yang aman dan terpercaya.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...