Siaran Pers – Amartha Dorong Pemulihan Ekonomi Desa

6
770
Edukasi dan Sosialisasi amartha

Jakarta, 10 Juni 2020 – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) pionir fintech peer to peer lending pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di desa, hingga Mei 2020 telah menyalurkan pendanaan Rp 2,41 Triliun kepada 506 ribu Mitra, dengan tingkat keberhasilan pengembalian pinjaman (TKB) 90 hari mencapai 99,14%.

Dalam menghadapi new normal, Amartha berkomitmen mendampingi Mitra dan masyarakat desa untuk memulihkan ekonomi di pedesaan akibat pandemi Covid-19, dengan berbagai program bantuan seperti masker, penyemprotan disinfektan, pembagian sembako serta program edukasi kesehatan dan pola hidup higienis untuk mencegah penularan Covid-19.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder dan CEO Amartha mengatakan, “Dalam masa pemulihan ekonomi desa saat ini, pendanaan dari masyarakat kepada perempuan pengusaha mikro di desa akan sangat bermakna dan berkontribusi untuk membangkitkan kembali usaha yang sempat lesu. Kami percaya bahwa sektor ultra mikro di pedesaan itu sangat tangguh dan bahkan bisa menjadi motor penggerak perekonomian nasional, terbukti dengan terjaganya TKB yang mencapai 99,14%”.

Dengan track record pembayaran baik Mitra Amartha dan karakter Mitra Amartha yang teruji tangguh, serta pendampingan secara langsung dari Petugas Amartha, Amartha meyakini pemulihan bisnis dapat berjalan dengan lebih mudah dan cepat. 

Andi Taufan menambahkan, “Sejak puncak krisis kesehatan, dengan diberlakukannya PSBB di hampir semua daerah, selama periode Maret hingga Mei trend pendanaan di Amartha juga telah mengalami pemulihan dengan peningkatan rata-rata 33% setiap minggunya. Dalam mengurangi risiko gagal bayar, Amartha juga telah memperbarui algoritma sistem skor kredit dengan memasukan parameter yang sensitif terhadap dampak Covid-19 bagi calon Mitra. Dengan demikian, Pendana dapat lebih percaya diri untuk mendanai karena calon Mitra telah tersaring dengan sangat ketat dan penuh kehati-hatian”. 

Selain itu, Amartha pun mempersiapkan berbagai strategi baru guna menjawab tantangan new normal dengan mendigitalisasi Mitra Amartha, diantaranya pelatihan peluang usaha baru secara online, hingga persiapkan platform untuk pembelian kebutuhan pokok rumah tangga serta produk layanan keuangan digital lainnya, sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat desa. 

Tentang Amartha

PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha didirikan pada 2010 sebagai Lembaga Keuangan Mikro. Pada tahun 2016 Amartha bertransformasi menjadi perusahaan teknologi finansial terpercaya yang kini telah memiliki izin usaha dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan.

Amartha memiliki visi untuk mewujudkan kesejahteraan merata bagi kita, Indonesia. Dimulai dengan layanan peer to peer lending, Amartha menghubungkan pendana di kota dengan para perempuan pelaku usaha mikro di desa melalui teknologi.

Amartha memberikan akses, layanan dan edukasi keuangan kepada perempuan perempuan tangguh pengusaha mikro yang merupakan penggerak ekonomi bangsa. Lebih dari Rp 2,4 Triliun modal usaha dari pendana telah Amartha salurkan kepada lebih dari 500 ribu mitra usaha perempuan di 15 ribu desa di Indonesia.

Pendana Amartha pun mendapatkan keamanan dengan implementasi upaya sistem tanggung renteng, meraih imbal hasil hingga 15% per tahun, dan menciptakan dampak sosial yang nyata di masyarakat.

6 COMMENTS

  1. saya selaku pedagang mikro berharap perekonomian nasional segera pulih
    semoga kita bisa melewati masa sulit ini dengan cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here