Siap Liburan? Cek Daftar 5 Negara Bisa Dikunjungi Saat ini

0
45
negara bisa dikunjungi saat ini
sumber foto: www.istockphoto.com

Semenjak pandemi Covid-19, tidak sedikit negara yang menutup akses wisatawan agar dapat menjaga keamanan serta kesehatan masyarakatnya. Namun, semenjak vaksin Covid-19 muncul, akses masuk mulai dibuka. Tidak sedikit negara bisa dikunjungi saat ini untuk berlibur. 

Sebagian negara memang sudah ada yang melonggarkan protocol kesehatan dengan tidak mewajibkan karantina untuk WNI yang telah melakukan vaksin Covid-19 dosis lengkap. Tetapi ada pula negara yang masih memberlakukan karantina untuk seluruh wisatawan yang berlibur.

Pilihan Negara Bisa Dikunjungi Saat ini

Berikut negara yang dapat dikunjungi WNI saat ini untuk berlibur sekarang ini, antara lain:

1. Myanmar

Diketahui pemerintah Myanmar telah membuka penerbangan untuk penumpang internasional. Pembukaan kembali penerbangan penumpang internasional ini dari tanggal 17 April lalu. 

Sesudah 2 tahun tidak membuka penerbangan untuk turis mancanegara, Myanmar kembali membukanya karena tingkat Covid-19 di negara tersebut sudah mengalami penurunan. 

Namun, meskipun Myanmar sudah membuka penerbangan untuk turis asing, pemerintah kesehatan di Myanmar tetap mewajibkan karantina selama 7 hari untuk turis yang masuk. Bukan hanya itu, pemerintah juga mewajibkan tes PCR sebanyak 2 kali dan turis harus sudah memperoleh vaksin lengkap. 

2. Singapura

Salah satu negara yang bisa dikunjungi tanpa karantina adalah Singapura. Negara Singapura sudah mulai melonggarkan aturan yang berkaitan dengan wisatawan asing dari berbagai negara yang akan berkunjung. 

Dengan Jalur Perjalanan Vaksinasi, WNI sudah dibebaskan dari karantina, bahkan Singapura hanya mewajibkan tes antigen mandiri di bawah pengawasan pemerintah. Peraturan ini bahkan telah berlaku dari tanggal 21 Februari tahun 2022 lalu. 

Namun, terdapat aturan lain yang harus ditaati oleh turis asing, salah satunya adalah harus sudah divaksin dengan dosis lengkap. Jalur perjalanan vaksinasi merupakan jalur khusus wisata dari satu negara ke negara lain. Sehingga wisatawan yang ingin berlibur harus mengajukan syarat masuk terlebih dulu. 

Selin itu Singapura juga memberikan syarat masuk dengan menggunakan VTP yakni Vaccinated Travel Pass. Jika ingin berwisata ke negara ini, kamu harus mengajukan VTP minimal 3 hingga 60 hari sebelum berangkat. 

Baca Juga: 7 Negara Ini Larang Investasi Kripto. Apa Sih Alasannya?

3. Thailand

Negara yang bisa dikunjungi saat pandemi yang lainnya adalah Thailand. Thailand bahkan sudah menerima kedatangan turis asing tanpa harus melakukan karantina. Namun, hanya beberapa negara saja yang dapat masuk ke Thailand dengan skema tersebut, salah satunya adalah Indonesia. 

Untuk turis asing, syarat wajib yang harus dipatuhi adalah memperoleh vaksin lengkap minimal 14 hari sebelum berangkat. Semua skema pendaftaran kunjungan ke Thailand ini bisa diakses di laman resmi registrasi Thailand yaitu Thailand Pass Registration System. 

4. Kamboja

Negara bisa dikunjungi saat ini yang lainnya adalah Kamboja. Kamboja dapat dikatakan sebagai salah satu negara yang lebih dulu membebaskan karantina untuk semua turis asing, dengan catatan sudah divaksin Covid-19 dosis lengkap. 

Kamboja sudah memberlakukan bebas karantina semenjak 15 November 2022 lalu. Turis asing yang mengantongi hasil test negative bisa langsung berwisata. 

5. Malaysia

Malaysia sudah menerima kunjungan wisata yang berasal dari semua negara, bahkan tanpa karantina mulai 1 Maret 2022 lalu. Namun, meskipun bebas karantina, tetap saja turis asing harus menjalani tes Covid-19 sebelum sampai di Malaysia. 

Meskipun sudah banyak negara bisa dikunjungi saat ini, namun jangan terhanyut untuk terus liburan tanpa melakukan investasi ya. Jika bingung memilih produk investasi, P2P lending Amartha bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Di sini kamu bahkan bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here