Sheryl Sandberg, Perempuan Tangguh Dibalik Kesuksesan Facebook

|

|

|

Pernah mendengar istilah dibalik laki-laki yang sukses, ada perempuan hebat yang mendampinginya ? Barangkali istilah tersebut berlaku untuk Facebook. Namun, perempuan hebat kali ini mendampingi Mark Zuckerberg dalam menjadikan Facebook sebagai salah satu media sosial yang sukses. Ia adalah Sheryl Sandberg.

Sheryl Sandberg merupakan salah satu perempuan tangguh yang menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) di Facebook. Di jabatan pentingnya ini, ia bertanggung jawab untuk mengurus dan mengelola operasional bisnis perusahaan dengan fokus khusus pada ekspansi global. Tanggung jawabnya mencakup pemasaran, penjualan, pengembangan bisnis, dan sumber daya manusia.

Pertemuan Sandberg pertama kali dengan Zuckerberg di pesta natal yang diadakan oleh salah seorang eksekutif Silicon Vallen, Dan Rosenwelg. Kemudian pada Maret 2008, Facebook resmi mengumumkan Sandberg sebagai CCO. Sebagai informasi, Sandberg merupakan perempuan pertama yang duduk di jajaran direksi Facebook. 

Tugas pertamanya di Facebook adalah bagaimana membuat produk Facebook menjadi fitur yang dapat menguntungkan secara bisnis. Facebook sendiri memiliki bisnis utama menjual iklan. Dengan beragam percobaan, Facebook kemudian menyisipkan iklan pada linimasa pengguna. 

Dalam kurun waktu tiga tahun, usahanya berhasil membuat Facebook mendapatkan banyak profit. Perusahaan yang semula memiliki 130 karyawan menjadi 2.500 karyawan. Selain itu, pengguna facebook pun tumbuh dari 70 juta mencapai 700 juta. Pada Juni 2015 lalu, market value Facebook hampir menyentuh $245 miliar. Setelah Facebook melantai di bursa efek, Sandberg memiliki saham Facebook sebesar 0,13%.

Dirikan Organisasi Non-Profit untuk Berdayakan Perempuan

Di tahun 2013, perempuan lulusan Harvard ini meluncurkan buku pertamanya yang berjudul Lean In: Women, Work, and the Will to Lead. Buku tersebut ditujukan bagi perempuan profesional untuk membantu mereka meraih ambisi karir dan bagi laki-laki yang ingin berkontribusi pada masyarakat yang lebih setara.

Secara umum, buku karangan Sandberg membahas tentang kepemimpinan perempuan di dunia bisnis dan menyinggung mengenai sedikitnya jumlah perempuan yang menduduki posisi strategis di dunia bisnis dan pemerintahan. Di bulan September 2013, buku Sandberg telah terjual lebih dari 1 juta kopi.

Selain meluncurkan buku, Sandberg juga meluncurkan organisasi non-profit dengan nama Leanin.org. Organisasi ini bertujuan membentuk komunitas global yang mendorong perempuan untuk terus aktif dan berambisi dalam karir mereka meskipun mereka telah berkeluarga. 

Kerja keras Sheryl Sandberg berhasil membawanya masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia menurut majalah Time dan perempuan paling berpengaruh dalam dunia bisnis di majalah Fortune. 

Di tahun 2016 dan 2017, Sandberg mendonasikan lebih dari 100 juta kekayaannya kepada organisasi filantropis yang akan diteruskan ke LeanIn.org dan OptionB.org, organisasi miliknya. Dana tersebut akan disalurkan pada isu-isu soal kelaparan dan isu lainnya. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...