Setelah Memiliki Penghasilan, Haruskah Memberi Uang ke Orangtua?

|

|

|

Memberikan pendapatan kepada orangtua merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indoneisa.

Pemberian tersebut beragam jumlah dan waktunya. Misalnya ada yang memberikan rutin setiap bulan, ada yang beberapa bulan sekali, ada yang hanya sekali atau tidak sama sekali.

Pertanyaannya, haruskah kita sebagai anak yang telah memiliki penghasilan baik dari gaji atau bisnis, memberikan uang ke orangtua? Berapa nominal yang harus diberikan?

Setiap orang memiliki pandangannya sendiri mengenai hal tersebut. Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa digunakan ketika kita ingin memberikan uang kepada orangtua :

  1. Ada Momen

Biasanya memberikan uang ke orangtua dilakukan saat ada momen tertentu seperti ulang tahun kedua orangtua, ulang tahun pernikahan, atau hari ayah dan ibu.

Tak hanya uang, di momen ini kita bisa juga memberikan barang yang berharga.

2. Tanda Bakti

Meskipun kasih sayang orangtua tidak akan bisa dibayar dengan apapun, memberikan uang bisa jadi sebagai salah satu cara sebagai tanda bakti sekaligus cara mengekspresikan kasih sayang.

3. Kondisi Finansial Orangtua

Tidak semua orangtua memiliki akses pada pendidikan keuangan, sehingga ada beberapa diantara kita yang harus menjadi sandwich generation ada kondisi lainnya.

Di kondisi yang demikian, tidak ada salahnya memberi uang kepada orangtua. Pasalnya uang tersebut akan sangat berguna bagi mereka terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Keadaan Darurat

Keadaan darurat seringkali terjadi tanpa rencana. Bila orangtua mengalami keadaan darurat seperti sakit, kecelakaan, atau bencana alam, sebagai anak patut memberikan uang. Bantuan dana ini akan sangat berguna dan memang dibutuhkan oleh orang tua.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa kamu pikirkan apabila ingin memberikan uang kepada orangtua. Semoga bermanfaat!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.