Home Syariah Usaha Mikro dan UKM Sering Jadi Guyonan, Ternyata Budidaya Lele Jadi Bisnis Yang Menguntungkan

Sering Jadi Guyonan, Ternyata Budidaya Lele Jadi Bisnis Yang Menguntungkan

|

|

|

Di masa pandemi Covid-19 ini, mencari penghasilan tambahan menjadi hal yang penting dilakukan. Kebanyakan orang saat ini mendirikan usaha sampingan selain pekerjaan utamanya. Salah satu usaha yang diminati banyak orang adalah bisnis budidaya ikan tawar.

Sekarang ini terdapat banyak bisnis budidaya ikan tawar yang dijalankan oleh masyarakat, salah satunya adalah ternak ikan lele. Ikan ini termasuk yang tahan dan mudah beradaptasi terhadap berbagai kondisi lingkungan.

Baca Juga:
Ibu Apsiah, Jatuh Bangun Bisnis Ikan Cupang
Maryah: Dari 1 Kolam Jadi 14 Kolam Berkat Amartha

Selain itu, meningkatnya usaha kuliner yang menyuguhkan santapan ikan lele juga membuat permintaan semakin meningkat pesat. Ikan lele saat ini menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang punya banyak peminat. Hampir semua kalangan masyarakat sangat suka mengonsumsi ikan lele karena dagingnya yang gurih. Hal ini tentunya membuat peluang usaha ternak lele menjadi semakin menguntungkan.

Permintaan ikan lele yang ada di pasaran saat ini memang terus meningkat drastis. Apalagi, harga jualnya juga terbilang baik karena jarang merosot. Kemudahan dalam melakukan usaha ternak lele ini tentunya sangat cocok buat siapa saja terutama bagi peternak pemula.

Keuntungan Bisnis Ternak Lele

1. Perawatan Simpel

Yang menguntungkan dalam usaha ternak lele ini adalah kamu tidak perlu memikirkan perlakuan khusus saat memulai budidayanya. Pasalnya ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungannya, baik di kolam tanah, semen, maupun terpal.

2. Tahan Penyakit

Perlu kamu tahu, kebanyakan ikan yang dibudidayakan rentan terkena penyakit. Meski begitu, hal semacam ini tidak akan berlaku jika kamu memutuskan untuk melakukan budidaya ikan lele. Pasalnya, ikan lele sangat terkenal punya kekebalan tubuh yang baik dan tahan dari serangan beragam jenis penyakit.

3. Punya Pangsa Pasar Luas

Sebagai informasi, ikan lele merupakan salah satu ikan konsumsi paling popular buat masyarakat Indonesia. Ikan lele saat ini disajikan dalam berbagai kreasi sehingga punya pangsa pasar yang luas. Apalagi, ikan lele sudah lumrah jadi hidangan di berbagai macam tempat makan, baik ukuran warung hingga restoran.

Selain itu, ikan lele punya daging yang lembut dengan cita rasa gurih sehingga jadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Kandungan protein yang dimiliki ikan lele juga cukup tinggi sehingga ideal menjadi makanan sehari-hari untuk dikonsumsi.

4. Cepat Panen

Selain perawatan yang simpel, ikan lele juga dapat dipanen dalam waktu relatif singkat. Biasanya ikan lele sudah dapat dipanen dalam jangka waktu 3 bulan sejak benihnya ditebar. Modal yang kamu investasikan dalam usaha ternak ikan lele pun bisa jadi lebih cepat balik modal karena waktu panen yang cepat.

Melihat Peluang Bisnis Ikan Cupang di Indonesia

5. Benih Murah & Mudah Didapat

Terakhir, kamu tidak akan kesulitan mencari benih saat memulai usaha ternak ikan lele. Pasalnya, benih ikan lele saat ini sangat mudah didapatkan dan ditawarkan dalam harga murah.

Berdayakan Peternak Lele Bersama Amartha

Apabila kamu merasa sulit untuk memulai bisnis budidaya ikan lele, kamu bisa memberdayakan para peternak ikan lele melalui Amartha lho. Amartha merupakan perusahaan peer to peer lending terpercaya yang menghubungkan pendana di kota kepada pengusaha mikro khusus perempuan di pedesaan.

Di Amartha, para perempuan pengusaha mikro budidaya ikan lele tak hanya mendapatkan modal usaha saja tetapi juga literasi keuangan. Dengan adanya literasi, mereka dapat menyebarkan kesejahteraan kepada keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Sehingga dengan kata lain, bila Anda mendanai mitra usaha Amartha, Anda telah menciptakan dampak sosial yang nyata. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun. Ketahui lebih dalam mengenai Amartha di sini.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...