Metaverse Semakin Populer: Ini Dampak Kelebihan & Kekurangannya

0
183
Ilustrasi penggunaan metaverse. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi penggunaan metaverse. sumber: www.istockphoto.com

Metaverse bertumpu melalui lingkungan virtual yang mengkolaborasikan sejumlah layanan dan fungsi internet. Contohnya bermain game, bersosialisasi, hingga peluang bisnis. Mereka semua bertempat dalam dunia realitas virtual imersif.

Sudah marak diperbincangkan apakah platform ini merupakan hal positif atau justru negatif untuk masa depan manusia. Mayoritas orang menilainya sebagai pembaharuan dari internet, sedangkan yang lain meragukan hal tersebut sebab menilai banyaknya potensi negatif.

Lantas, positif atau negatif? Yuk, ketahui beberapa informasi berikut.

5 Kelebihan Metaverse

Berikut adalah 5 kelebihan yang dapat kamu peroleh dengan berpartisipasi dalam platform ini.

  • Menghubungkan Dunia dan Meniadakan Jarak Fisik

Kelebihan paling utama dari platform metaverse ialah ia sepenuhnya meniadakan hambatan geografis. Setelah kamu berada dalam platform ini, lokasi fisiku menjadi tidak penting lagi serta kamu pun tidak terikat olehnya.

  • Memperbaharui Media Sosial

Media sosial bisa jadi merupakan istilah yang paling banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir. 

Facebook atau Meta maupun Twitter mewadahi interaksi sosial melalui internet. Sudah pasti mereka akan memperbaharui ke dunia virtual 3 dimensi. Tunggu saja mereka rilis di metaverse Indonesia.

  • Meningkatkan Pendidikan dan Pembelajaran Daring 

Ruang kelas luring tidak diperlukan lagi dalam dunia pendidikan. Sebab dengan platform ini, semua orang dapat membagikan informasi serta belajar bersama langsung atau real-time.

  • Memberi Dampak Baik pada NFT dan Cryptocurrency 

Aplikasi metaverse merupakan konsep rekayasa. Di sini, NFT berperan krusial. Dalam prakteknya, NFT bisa berguna sebagai akta aset dan properti baik dalam ranah fisik juga digital.

  • Peningkatan untuk Bermain Game

Kini, marak prosen game memahami arus ini, jadi mereka mulai mengaplikasikan game buatan mereka dalam platform ini. Salah satunya adalah Epic, ia berinvestasi sebesar $1 miliar ke dalam platform ini saat awal tahun 2021. 

Baca Juga: Jobseeker Wajib Tahu! Ini Jenis Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Metaverse

5 Kekurangan

  • Kejahatan Dunia Maya

Alhasil, sebab platform ini merupakan konsep baru, maka ia belum memiliki tingkat keamanan siber yang mumpuni. Hal ini membuatnya begitu rentan pada berbagai macam kejahatan ilegal, contohnya pencucian uang, penipuan dan masih banyak lagi.

  • Dampak Negatif pada Masyarakat dan Budaya

Apabila seseorang bisa menghabiskan banyak waktu mereka pada dunia virtual, maka mereka akan sulit merasa terhubung bersama masyarakat sekitar. Lebih buruknya, mereka  akan mengabaikan budaya regional atau lokal.

  • Masalah Kecanduan

Mirip seperti game, kecanduan dapat menjelma menjadi masalah. Sejumlah pendapat menyatakan bahwa terdapat risiko kecanduan lebih tinggi dengan platform ini, sebab pengguna sepenuhnya asyik dalam dunia virtual. 

  • Kehilangan Koneksi dengan Dunia Nyata

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pengguna platform ini mudah kehilangan waktu ketika berkecimpung di dalam dunia virtual.

Sebab, saat terhubung, maka inderamu akan lebih fokus atas apa yang terjadi dalam dunia virtual dibandingkan dengan dunia nyata.

  • Masalah Kesehatan Mental

Sejumlah penelitian psikologis menyatakan bahwa berlarut dalam dunia digital virtual ini mampu memisahkan diri pengguna dengan dunia nyata. Sehingga akibatnya, pengguna dapat terisolasi secara permanen dari dunia nyata.

Kondisi ini bisa merujuk pada gejala psikosis.

Jadi, pada akhirnya, kamulah yang berhak memutuskan. Ini berarti, apabila kamu tidak menemukan apa yang kamu cari dalam platform ini, maka sebaiknya janganlah menggunakannya.

Namun, apabila apa yang kamu cari tersedia dalam metaverse, sebaiknya coba saja. Tidak punya alatnya? Mudah! Kamu dapat menabung secara berkala dengan bantuan keuntungan imbal hasil sebesar 15% flat per tahun apabila kamu melakukan pendanaan di Amartha.

Nah, jika kamu berminat, maka segeralah berinvestasi di Amartha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here