Selama Tahun 2018, Amartha Salurkan 7.090 Kacamata Gratis di Pulau Jawa

Selama Tahun 2018, Amartha Salurkan 7.090 Kacamata Gratis di Pulau Jawa

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 3,5 juta orang mengalami kebutaan di Indonesia. Sekitar 50 persen atau 1,5 juta orang mengalami kebutaan akibat katarak.

Bahkan, Indonesia berada di peringkat ketiga dalam daftar negara dengan tingkat kebutaan tertinggi di dunia. Hal ini diakibatkan antara lain, glukoma dan kelainan mata seperti minus, plus, silinder, dan lainnya.

Karena itu, perusahaan financial technology (fintech) peer to peer (p2p) lending Amartha berperan aktif dalam membantu masyarakat di pedesaan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mata dan pemberian kacamata gratis. Sebagian besar warga merupakan perempuan yang tak mempunyai akses pelayanan kesehatan.

Selama tahun 2018, Amartha telah menyalurkan 7.090 kacamata gratis di pulau Jawa. Ini merupakan bentuk kepedulian Amartha terhadap kesehatan para mitra usaha di pulau Jawa.

“Salah satu aspek penting dalam pengentasan kemiskinan adalah peningkatan kualitas kesehatan. Akhir tahun lalu, kami sudah menyalurkan 2.000 kacamata baca gratis di 4 daerah di Jawa Barat yakni Karawang, Purwakarta, Cirebon dan Majalengka. Total sudah 7.090 kaca mata yang disalurkan ke seluruh daerah di pulau Jawa,” kata VP Amartha, Aria Widyanto.

Aria mengatakan, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 2017. Adapun kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan NVG Essilor Indonesia. Tak hanya memberikan kacamata gratis, Amartha juga melakukan kegiatan pemeriksaan mata secara gratis.“Amartha menjalin kerja sama dengan pelbagai pihak dalam mengadakan program kesehatan bagi mitra Amartha. Karena, penurunan penglihatan dapat menghambat pekerjaan mereka. Terlebih ketika akses terhadap alat bantu penglihatan sulit dijangkau. Melihat kendala ini, Amartha proaktif menjalin kerja sama dengan Essilor Indonesia,” ujar Aria.

Ribuan Kacamata Gratis untuk Ibu-Ibu di Desa

Ribuan Kacamata Gratis untuk Ibu-Ibu di Desa

Sebagai penyedia lensa kacamata, Aria menjelaskan, Essilor memiliki program penyediaan untuk memberikan layanan kesehatan mata yang terjangkau. Kacamata baru membantu banyak perempuan di desa untuk lebih produktif. Kini, mereka dapat membaca, menulis dan menjahit menjadi lebih mudah.

“Amartha menghadirkan kegiatan ini agar perempuan di desa dapat menikmati layanan kesehatan yang selama ini sulit didapat. Kami juga bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan warga sekitar,” terang Aria.

Amartha juga berperan aktif dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia. Sebagai perusahaan fintech lending yang berdiri sejak 2010, Aria menjelaskan, perusahaan ini fokus memberikan pembiayaan modal usaha kepada pengusaha mikro perempuan. Perusahaan ini menghubungkan antara pendana yang sebagian besar tinggal di kota dengan peminjam modal di pedesaan melalui platform amartha.com.

“Dengan keterlibatan perempuan dalam menggerakkan ekonomi keluarga, Amartha percaya bahwa hal tersebut akan mempercepat peningkatan pendapatan dan perbaikan taraf kehidupan mereka agar terbebas dari garis kemiskinan,” tutur Aria.

Ribuan Kacamata Gratis untuk Ibu-Ibu di Desa

Ratusan perempuan di desa menunggu giliran pemeriksaan mata.

Kondisi ini menjadi peluang bagi Amartha untuk dapat berkontribusi dalam meningkatkan akses pembiayaan sektor UMKM, sehingga dapat menciptakan perekonomian yang lebih inklusif di Indonesia. “Amartha mendorong terciptanya potensi- potensi ekonomi baru di desa. Menciptakan kebahagiaan yang lebih merata, melalui pendanaan yang berdampak sosial,” ujarnya.

Selain itu, kesempatan untuk bersekolah di daerah terpencil masih relatif rendah, terutama bagi perempuan. Dengan mendampingi dan mendorong mereka untuk bisa meningkatkan pendapatan, Amartha berusaha memutus rantai kemiskinan dengan membuka kesempatan para ibu untuk lebih sejahtera. “Jadi anak-anak mereka bisa sekolah dan mengenyam pendidikan jauh lebih baik daripada generasi orangtuanya,” tutupnya.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/selama-tahun-2018-amartha-salurkan-7-090-kacamata-gratis-di-pulau-jawa">
LINKEDIN
%d bloggers like this: