Sekolah Esport Indonesia Resmi Dibuka, Berikut Faktanya!

0
914
Ilustrasi Esport. Photos by Tima Miroshnichenko (Pexels)

Resmi Dibuka, Ini yang Membuat Sekolah Esport Indonesia Diminati Penggemar Gim

Istilah esports (electronic sports) tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu yang hobi bermain video game. Apalagi sejak sekolah esport Indonesia yang pertama telah resmi dibuka oleh pendirinya yaitu Edho Zell.

Informasi yang beredar, PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) tengah mengupayakan agar esports bisa masuk dalam kegiatan ekskul layaknya voli, sepak bola dan olahraga lainnya. 

Sekolah SMP dan SMA merupakan dua lembaga pendidikan yang akan menjajal ekskul ini. Bahkan, akan ada wacana untuk menjadikannya sebagai salah satu kurikulum di sekolah. Mengapa fenomena electronic sports begitu booming? Berikut faktanya! 

1. Pekerjaan yang Menjanjikan

Fakta pertama yang membuat para gamers berusaha mencari dimana sekolah esport Indonesia yang terdekat adalah berdasarkan pendapatan yang diperoleh. Pasalnya, kegiatan mengikuti kompetisi electronic sports dianggap sebagai pekerjaan yang cukup menjanjikan. Dalam satu kompetisi saja, tim e-sports bisa mengantongi penghasilan yang mencapai jutaan dollar. 

Tidak hanya itu, tim yang namanya telah dikenal berpeluang mendapatkan penghasilan diluar dari total hadiah yang ditawarkan. Sumber pendapatan lainnya tersebut diantaranya adalah dari sponsorship berbagai provider game dan dari royalti streaming

2. Penawaran Hadiah Kompetisi Menggiurkan 

Setiap tim electronic sports selalu semangat setiap kali mengikuti kompetisi yang digelar di seluruh dunia. Sebab, total hadiah yang bisa dibawa pulang jika berhasil menang begitu besar. Contohnya adalah: 

  • Kompetisi terbesar Dota 2, The International 2018 yang diselenggarakan oleh Valve. Total hadiah yang ditawarkan mencapai $25,5 juta. 
  • Kompetisi Fortnite berskala besar dari Epic Games menawarkan hadiah mencapai $30 juta USD. 

3. Ada Dukungan Pemerintah 

Hobi bermain game online bukan berarti tidak punya masa depan. Sebaliknya profesi sebagai pro player bisa kamu tekuni hingga mencapai tingkat profesional dengan cara daftar sekolah esport Indonesia yang terbaik. 

Tidak hanya Indonesia, bahkan di beberapa negara lain juga membuat kebijakan yang mendukung perkembangan e-sports. Misalnya saja negara China yang secara resmi mengakui bahwa e-sports merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Sedangkan Denmark memberi dukungan dengan cara mempermudah pengurusan visa kepada tim e-sports

Baca JugaBisa Merdeka Finansial dengan Jadi Atlet Esport Profesional? Begini Caranya!

4. Hadirnya UKM Esport

Setelah sekolah esport Indonesia resmi dibuka, Indonesia Esports Association (IESPA) berhasil meyakinkan berbagai universitas untuk mendukung masuknya e-sports di kalangan mahasiswa. Hal ini ditandai dengan dibukanya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) khusus esports di universitas Gajah Mada dan Universitas Indonesia. 

5. Jadi Milyader dari Gim

Fakta berikutnya yang membuat meningkatnya gamer pemula berburu sekolah gaming di Indonesia adalah dari maraknya isu tentang kekayaan para pro player.  Dengan kemampuannya dalam mengalahkan tim e-sports lain dan berhasil membawa pulang hadiah membuat para pro player menjadi milyader muda

Bukti nyata seorang gamer yang menjadi jutawan diantaranya adalah Jess No Limit dari tim Evos yang mampu membeli mobil sedan super mewah. Ada pula Sahil “The Universe” Arora yang tercatat sebagai gamer terkaya.  

6. Penonton Sekaligus Pemain

Pada olahraga tradisional penontonnya ada yang hanya sebagai pemerhati saja.  Berbeda dengan penonton e-sports. sebagian besar penonton kompetisi electronic sports juga ikut aktif dalam bermain game

Itulah beberapa fakta tentang sekolah esport Indonesia yang menjanjikan profesi dengan penghasilan fantastis. Jika kamu berhasil menjadi pro player yang ternama. Jangan lupa sisihkan sebagian uang untuk diinvestasikan melalui P2P lending Amartha yang menawarkan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. Yuk, mulai berinvestasi di Amartha. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here