icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Sejarah Singkat Sepak Bola di Indonesia. Simak Di sini!
icon-lang
icon-lang

Sejarah Singkat Sepak Bola di Indonesia. Simak Di sini!

By Team Amartha Blog - 10 Oct 2022 - 3 min membaca

Membicarakan masalah si kulit bundar memang tidak akan pernah habis. Lebih-lebih jika kubu suporter A bertemu dengan suporter lain. Tentu akan langsung membicarakan sejarah singkat sepak bola klub mereka. Sebenarnya, tidak ada salahnya lho, bila kamu menjadi fans yang loyal, asalkan tetapi menghargai suporter dan suportif. 

Sepak bola memang memiliki sejarah yang begitu panjang di dalam peradaban manusia, termasuk budaya serta gaya hidup, tidak terkecuali negara Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan masyarakat yang begitu menggemari sepak bola. Lebih-lebih jika terdapat perhelatan internasional yang melibatkan pemain Tim Nasional Indonesia. 

Sejarah Singkat Sepak Bola

Sepak bola dimulai dari tahun 1914, pada masa tersebut, Indonesia masih dijajah Belanda. Kompetisi antar kota dilakukan serta hanya dijuarai dua tim, yaitu Soerabaja City serta Batavia City.  Sejarah sepak bola dimulai tahun 1930, tepatnya pada 19 April. 

Pada masa tersebut PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia terbentuk. Persatuan tersebut terbentuk di Yogyakarta serta diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo. Dapat dikatakan PSSI lahir disebabkan karena kepentingan politik bangsa, menentang penjajahan serta strategi untuk memupuk benih nasionalisme di hati pemuda Indonesia dengan menggunakan olahraga sepak bola. 

Kemudian, sesudah Soeratin Sosrosoegondo wafat, Tim Nasional Indonesia tidak banyak mencetak prestasi. Hal ini disebabkan karena pembinaan yang tidak beriringan dengan pengembangan organisasi serta kompetisi. 

Sebelum tahun 1970-an, pemain sepak bola bahkan bersaing dalam kompetisi internasional seperti Ramang, Tan Liong Houw, Ronny Pattinasarany, serta Sucipto Suntoro. Dengan berjalannya waktu, PSSI akhirnya memperluas kompetisi dalam negeri, seperti dengan penyelenggaraan LSI atau Liga Super Indonesia. 

Kemudian mengadakan sejumlah kompetisi sepak bola kelompok dengan usia tertentu serta kompetisi sepakbola wanita. Sayangnya, sejarah sepak bola Indonesia ini belum bisa mengubah prestasi sepak bola di Indonesia menjadi lebih baik lagi. 

Tetapi, tidak ada kata terlambat untuk kita sebagai generasi penerus agar dapat menyelamatkan serta meraih tempat di dunia internasional. 

Jumlah Pemain Dalam Permainan Sepak Bola

Kamu tentu mengetahui bila pemain sepak bola terdiri 11 orang, selain itu bentuk formasinya ditentukan oleh tim masing-masing. Tetapi, dari sejarah singkat sepak bola dimulai hingga sekarang, umumnya formasi dari tim sepak bola adalah satu orang penjaga gawang kemudian 2-4 sebagai pemain bertahan, 2-4 pemain tengah serta 1-3 orang penyerang. 

Penjaga gawang menjadi pemain yang boleh memegang bola agar bisa melindungi gawang dari serangan tim lawan. Umumnya, penjaga gawang menggunakan seragam berbeda dari pemain. Sedangkan pemain bertahan memiliki tugas menjaga pertahanan dari tim lawan. 

Pemain tengah kemudian dibagi lagi dengan pemain yang bermain bersama penyerang. Sesuai namanya, pemain penyerang ini mempunyai tugas mencetak gol di gawang lawan. 

Baca Juga: Deretan Artis Yang Punya Klub Bola, Siapa Saja? 

Peraturan Sepak Bola

Berikut sejumlah peraturan dalam permainan bola, antara lain:

1. Lama Permainan

Umumnya, pertandingan sepak bola memiliki durasi 2x45 menit serta durasi istirahat 15 menit pada kedua babak. 

2. Kartu Kuning

Sebenarnya, kartu kuning merupakan peringatan saat pemain melakukan sejumlah tindakan yang tidak sesuai dengan aturan. 

3. Kartu Merah

Bagaimana dengan kartu merah? Kartu merah merupakan peringatan untuk pemain yang melakukan pelanggaran saat melakukan pertandingan. 

4. Tendangan Bebas

Tendangan bebas dalam sepak bola dibagi menjadi dua, yakni tendangan bebas langsung serta tidak langsung. Sejarah singkat sepak bola memang menarik untuk disimak. Selain memperkaya diri dengan pengetahuan tersebut, kamu juga bisa memperkaya diri dengan memiliki passive income dengan memilih investasi yang tepat. Salah satunya dengan memilih investasi microfinance marketplace Amartha. Di sini, kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, dengan mulai modalin Rp100.000 aja!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Sejarah Singkat Sepak Bola di Indonesia. Simak Di sini!

Gaya Hidup

Tragedi Sepak Bola yang Pernah Terjadi Selain Kanjuruhan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png