Sedang Jadi Sorotan, Ini Perjalanan Karier Sri Mulyani

0
353
sri mulyani

Napak Tilas Karier Sri Mulyani, Srikandi dari Indonesia 

Kamu tentu sering mendengar nama wanita hebat dari Indonesia yang bernama Sri Mulyani. Tokoh ternama yang satu ini berhasil memecahkan rekor sebagai wanita pertama dari nusantara dengan jabatan sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi dirinya sendiri, keluarga, maupun bangsa Indonesia.

Keluarga Intelektual dan Latar Belakang Pendidikan

Hal ini tidak lepas dari didikan kedua orang tuanya, yaitu ayah yang bernama Profesor Satmoko dan ibundanya yang bernama Profesor Dr Retno Sriningsih Satmoko. Kedua orang tuanya adalah guru besar di Universitas Negeri Semarang. 

Jadi, tidak heran jika wanita karier yang lahir pada tahun 1962 ini mendapatkan pendidikan yang serius hingga menjadi orang yang berprestasi. Terbukti dari keberhasilannya menyandang gelar Master of Science of Policy Economics (1990) dan gelar Ph.D of Economics (1992) di University of Illinois Urbana Champaign. 

Baca Juga:
6 Pahlawan Desa Amartha Menangkan Perempuan Tangguh Awards 2021

Perjalanan Karier Sri Mulyani

Dalam menjalankan ajaran Islam yang merupakan agama Sri Mulyani, beliau selalu menekankan untuk tetap bersikap jujur dan rendah hati serta gigih dalam berjuang. Itu pula yang membuatnya sukses dalam menyelamatkan bangsa Indonesia dari keterpurukan saat krisis ekonomi global. Bahkan, mampu membuat kariernya melejit dan awet hingga detik ini. 

Di biografi Sri Mulyani, kamu bisa mendapatkan informasi perjalanan karier yang pernah dilaluinya, diantaranya adalah: 

  • Asisten Pengajar di Universitas Indonesia (1985 – 1986)
  • Asisten Profesor di University of Illinois at Urbana, USA (1990 – 1992)
  • Research Associate, LPEM FEUI (1992)
  • Wakil Kepala LPEM FEUI Bidang Pendidikan & Pelatihan dan bidang penelitian (1993 – 1998)
  • Staf Ahli OTO-BAPPENAS Bidang Analisis Kebijaksanaan (1994 – 1995)
  • Anggota Kelompok Kerja BKKBN, GATS Dep. Keuangan (1995)
  • Pengajar di Universitas Indonesia untuk Program S1 & Program Extension FEUI, Magister Manajemen, S2, S3 (1996)
  • Anggota Komisi Pembimbing mahasiswa S3 di  Institute Pertanian Bogor, Program Doktor (S3) Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian (1998)
  • Anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan Departemen Keuangan RI Bidang Keuangan dan Moneter (1998)
  • Konsultan USAid (2001-2002)
  • Executive Director IMF (2002-2004)
  • Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (2008)
  • Direktur Pelaksana Bank Dunia (2010 – 2016)
  • Menteri Keuangan RI (Periode 2005 – 2009, 2016-2019, 2019-sekarang)

Penghargaan Yang Diraih Sri Mulyani

Dalam melaksanakan tugas yang diembannya, Sri Mulyani selalu mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Walaupun banyak rintangan yang menghadang mulai dari kecaman, sindiran, hingga tuduhan yang tidak berdasar. Semua itu tidak mengurangi tekadnya untuk tetap maju demi meningkatkan perekonomian Indonesia. 

Tidak heran jika beliau mendapatkan berbagai penghargaan, diantaranya adalah sebagai Menteri Keuangan Terbaik Asia (2006) oleh Emerging Markets dan wanita paling berpengaruh ke-2 Indonesia (2007) versi majalah Globe Asia.  

Sepanjang karier yang telah dijalani, berita Sri Mulyani yang paling menggemparkan adalah keputusannya untuk mundur dari jabatan direktur pelaksana Bank Dunia. Demi rasa cinta dan setianya kepada Tanah Air, beliau rela melepas jabatannya tersebut untuk mengabdi sebagai Menteri Keuangan. 

Dari ulasan di atas, kamu bisa meneladani semangat juang Sri Mulyani dalam memajukan Tanah Air. Caranya adalah dengan ikut serta dalam program pendanaan para perempuan pengusaha mikro yang ada di P2P Lending Amartha. Imbal hasilnya cukup menguntungkan yaitu hingga 15% flat per tahun. Yuk, daftar jadi Pendana di Amartha. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here