Sebelum Memutuskan Resign, Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan!

|

|

|

Pandemi Covid-19 atau Corona hingga saat ini belum mereda pada berbagai negara di seluruh Dunia. Meski begitu, menurut riset dari Eagle Hill Consulting, lebih dari seperempat atau 27% tenaga kerja di Amerika Serikat berencana meninggalkan pekerjaan mereka saat pandemi mereda. Hal ini bisa menimbulkan fenomena yang disebut “The Great Resignation”.

Dari riset tersebut, ada banyak orang yang ingin resign tersebut mungkin karena tidak bahagia dengan pekerjaan mereka atau tidak mau kembali bekerja dari kantor setelah WFH selama lebih dari setahun.

Sebagian yang menginginkan WFH tersebut merasa dapat menghemat waktu perjalanan, memiliki lebih banyak kebebasan dan waktu untuk keluarga, serta menghemat uang.

Sebuah survey dari Bankrate.com menyebutkan 57% dari orang yang bekerja WFH ternyata berdampak positif pada keuangan pribadi mereka. Survey ini mengatakan mereka yang berusia 25-40 tahun (millennial) dan umur 18-24 tahun (Gen Z) paling merasakan efek positif tersebut.

Orang-orang ini merasa tidak menghabiskan uang untuk perjalanan mereka dan mungkin tidak membeli makan siang atau mencuci pakaiannya. Namun hanya karena kamu dapat menghemat uang dan membatasi pengeluaran tidak berarti harus dapat berhenti dari pekerjaanmu.

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan resign, yaitu:

1. Masalah Pengeluaran

Sophia Bera, pendiri Gen Y Planning yang berbasis di Austin, Texas menyebutkan pandemi telah berlangsung cukup lama untuk benar-benar mengubah kebiasaan belanja orang. Jadi, cobalah untuk mendapatkan penghasilan dengan nominal yang sesuai untuk semua pengeluaranmu. Dia menyarankan untuk melihat kembali pengeluaranmu di tahun 2019 sebagai panduan ketika memutuskan apakah kamu dapat resign dengan nyaman.

2. Miliki Tabungan untuk Keadaan Darurat   

Diahann Lassus, kepala pengelola pada Peapack Private Wealth Management yang berbasis di New Jersey menyebutkan jangan meninggalkan pekerjaanmu kecuali memiliki dana darurat yang dapat menutupi biaya hidup selama enam hingga 12 bulan.

“Jika membutuhkan uang, hal terakhir yang ingin kamu lakukan adalah menariknya keluar dari rekening pensiun dan membayar semua pajak dan kemungkinan hukuman untuk itu,” katanya.

3. Biaya Kesehatan Bisa Cukup Merepotkan

Jika setelah resign, kamu langsung mendapatkan pekerjaan baru, cari tahu apakah itu menyediakan asuransi kesehatan atau tidak. Jika sudah termasuk dengan asuransi kesehatan, cari tahu juga apakah pekerjaan itu akan segera dimulai atau apakah kamu harus menunggu untuk jangka waktu tertentu. Jika kamu belum memiliki pekerjaan baru setelah resign, pastikan dirimu masih memiliki asuransi kesehatan dengan polis yang masih aktif.

4. Bernegosiasi dengan Perusahaanmu Sebelum Resign

Sophia Bera, pendiri Gen Y Planning juga menyebutkan jangan mengesampingkan meminta pengaturan kerja dari rumah dengan atasanmu saat ini, bahkan jika perusahaan telah secara terbuka menyatakan bahwa semua orang akan kembali ke kantor.

“Banyak perusahaan yang sebenarnya lebih bersedia mempertahankan karyawan daripada yang kamu kira. Apalagi, jika kamu adalah karyawan yang berharga,” katanya.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk beralih ke tim yang berbeda di perusahaan yang sama.

“Lihat apakah kamu lebih menyukainya. Jika tidak, kamu bisa berhenti,”terangnya.

Menurut, Sophia Bera, hal ini bisa memberi kamu lebih banyak waktu untuk mengumpulkan tabungan, memaksimalkan manfaat perusahaan, dan bersiap untuk pensiun.

Itulah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan resign setelah pandemi mereda. Selamat mencoba!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...