Satukan Hati, Beri Semangat untuk Ibu-ibu di Lombok

0
6

Gempa 7.0 SR yang melanda Lombok awal Agustus lalu masih diikuti dengan 600 gempa susulan hingga hari ini (16 Agustus 2018). Dilansir dari akun Twitter @infoBMKG, setidaknya ada 25 gempa yang terasa dari total 698 gempa susulan yang terjadi.

“Hingga tanggal 16 Agustus 2018 pukul 05.00 WITA tadi telah terjadi 698 #gempa susulan dari gempa M=7.0 (5 Agustus 2018), dan 25 diantaranya gempa dirasakan,” menurut akun @infoBMKG. Korban meninggal dunia yang tercatat pun masih terus bertambah, belum lagi korban luka dan lainnya.

Terlepas dari dampak bencana yang besar dan menyeluruh, setiap individu yang mengalami bencana pasti memiliki pengalaman yang berbeda, karena perbedaan kerentanan dan kapasitas penanggulangan bencana. Seperti dilansir dari  pkbi.or.id, konsep kerentanan merupakan konsep yang sangat kompleks. Menurut Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), kerentanan individu ketika berhadapan dengan bencana dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah perbedaan akses dan kontrol terhadap sumber daya. Akses dan kontrol terhadap sumber daya dibutuhkan oleh individu untuk bertahan hidup, dan memulihkan diri dari kondisi pasca-bencana.

Analisis dari London School of Economics di 141 negara pada tahun 2008 juga menunjukkan bahwa ketika terjadi bencana, jumlah korban perempuan relatif lebih besar hingga empat kali lipat, jika dibandingkan dengan jumlah korban laki-laki (KPPPA, 2017).

Hal inilah yang mendorong Amartha untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam penggalangan dana untuk didonasikan khusus bagi perempuan (ibu menyusui) dan anak, di daerah pengungsian bencana Lombok. Hal ini juga dilakukan guna mendukung poin dalam Sustainable Development Goal (SDG) tentang membuka akses asupan gizi bagi sebanyak mungkin orang, terutama balita.

“2.1 by 2030 end hunger and ensure access by all people, in particular the poor and people in vulnerable situations including infants, to safe, nutritious and sufficient food all year round”.

Seluruh dana yang terkumpul akan didonasikan dalam bentuk asupan gizi untuk ibu menyusui serta makanan bernutrisi untuk anak yang akan dikirimkan melalui posko TNI di Lombok. Masyarakat dapat mengirimkan dana tersebut melalui transfer ke rekening PT. Amartha Mikro Fintek, Mandiri Cabang Kemang Raya : 1260045666665, selambat-lambatnya 29 Agustus 2018.

Menjadi seorang ibu dalam keluarga tentu memiliki tantangannya sendiri, apalagi ibu yang berada di daerah bencana. Mari kita bantu ringankan beban mereka dengan turut menjaga kesehatan mereka agar terus kuat, sehat, dan bersemangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here