#SaatnyaPerempuan Berpartisipasi di Era Digital

|

|

|

Literasi digital merupakan salah satu masalah yang tengah dihadapi oleh Indonesia. Dalam hal ini, Indonesia mengalami kesenjangan digital yang besar antara perempuan dan laki-laki. 

Di bidang literasi digital, perempuan masih berperan sebagai konsumen sementara laki-laki sudah lebih dari itu. Nafesh Clarke dalam forum Kesetaraan Gender di Chatham House pun mengungkapkan “In tech, it’s a man’s world” sebagai gambaran digital gap antara laki-laki dan perempuan. 

Ada banyak kendala yang dialami perempuan dalam mengakses teknologi informasi, seperti keterampilan dan pendidikan yang rendah, biaya akses internet, keterbatasan waktu, hingga keterampilan manajemen dan komputer yang tidak memadai.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Amartha bersama CFDS, sebanyak 62,5% perempuan di pedesaan tidak memiliki perangkat yang memungkinkan mereka terhubung ke internet. Salah satu hal yang melatarbelakangi hal tersebut adalah akses pendidikan yang mayoritas adalah tamatan Sekolah Dasar (SD). 

Padahal, hasil riset McKinsey Global Institute memperkirakan dengan adanya peningkatan kesetaraan gender dapat menambah nilai hingga 12 triliun AS per tahun ke perekonomian dunia di tahun 2025 mendatang.

Dengan demikian, cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan partisipasi perempuan di bidang literasi digital? 

Amartha Mikro Fintek, perusahaan investasi P2P Lending yang menghubungkan pendana urban kepada perempuan pengusaha ultra mikro di pedesaan bekerjasama dengan Binar Academy, sekumpulan profesional yang berdedikasi untuk mendidik generasi mendatang yang memiliki semangat untuk belajar dan mencari pengalaman praktis di dunia teknologi digital mengadakan Instagram Talk.

Dengan mengangkat tema The Time Is Now! #SaatnyaPerempuan Maju: Partisipasi Perempuan di Era Digital, acara akan diadakan pada hari Kamis, 4 Maret 2021 pukul 19.00 WIB.

Yuk tandai kalendarmu!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...