Home Perempuan Tangguh Tri Rismaharini, Perempuan Tangguh di Tengah Pembangunan Kota Surabaya

Tri Rismaharini, Perempuan Tangguh di Tengah Pembangunan Kota Surabaya

|

|

|

Perempuan tidak harus selalu berada di dapur atau merawat anak di rumah, karena sudah bukan zamannya lagi harus seperti itu pada era milenial sekarang ini. #SaatnyaPerempuan bergerak dan melakukan hal-hal selain pekerjaan rumah saja.

Perempuan juga bisa berprestasi atau apapun hal lainnya, salah satunya dicontohkan oleh Tri Rismaharini atau yang sering disapa Bu Risma. Beliau dikenal dengan cara atau gebrakannya saat menjadi walikota Surabaya.

Amartha dan Bank Jatim Perkuat Ekonomi di Tengah Pandemi

Melihat Tri Rismaharini Lebih Dekat

Perlu diketahui juga bahwa Bu Risma menjadi salah satu walikota predikat terbaik di Indonesia, bahkan hingga tingkat dunia. Kota Surabaya pun bisa menjadi teratur dan juga bersih seperti sekarang karena di bawah pimpinan beliau sebelumnya.

Tentang Keluarga

Bu Risma merupakan seorang perempuan yang lahir pada 20 November tahun 1961 di Kediri, Jawa Timur. Beliau menikah dengan suami bernama Ir. Djoko Saptoadji, kemudian dikaruniai 2 orang anak bernama Fuad Bernardi serta Tantri Gunarni Saptoadji.

Bu Risma sebelumnya pernah menjabat walikota di kota Surabaya, yaitu sejak tahun 2010 hingga tahun 2020 ini. Hal itu berarti bahwa beliau sudah menjabat selama 2 periode.

Bu Risma juga adalah contoh sosok seorang pemimpin sekaligus perempuan tangguh yang sangat dicintai oleh warga Surabaya, hal itu dikarenakan beliau telah membawa kemajuan berdampak positif bagi kota Surabaya sendiri. Surabaya pun menjadi kota yang lebih hijau, bersih, dan asri.

Riwayat Pendidikan

Bu Risma menempuh pendidikan mulai dari SD hingga perguruan tinggi di antaranya yaitu:

  • SD Negeri Kediri
  • SMPN 10 Surabaya
  • SMU Negeri 5 Surabaya
  • S1 di Institut Sepuluh November Surabaya jurusan Arsitektur
  • S2 di Institut Sepuluh November Surabaya jurusan Manajemen Pembangunan Kota

Riwayat Karir

Bu Risma yang merupakan lulusan dari Arsitektur dan Pascasarjana dengan rumpun ilmu tata kota tersebut berhasil menjadi walikota Surabaya saat diusung oleh salah satu partai politik. Beliau menjadi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, sebelum menjabat menjadi walikota.

Prestasi

Saat di bawah pimpinan Bu Risma, Surabaya mendapat penghargaan di antaranya:

  • Piala Adipura kategori kota metropolitan sebanyak tiga kali (2011, 2012, dan 2013).
  • Kota terbaik tingkat se-Asia Pasifik terhadap seluruh partisipasinya tahun 2010 versi dari Citynet. Kemudian atas keberhasilan pemerintah kota serta dukungan dari masyarakat dalam rangka pengelolaan lingkungan.
  • Meraih penghargaan di tingkat Asia Pasifik pada tahun 2013, yaitu Future Government Awards 2013 di dalam 2 bidang sekaligus. Bidang tersebut adalah inklusi digital dan data center. Surabaya mampu menyisihkan lawan sebanyak 800 kota seluruh Asia Pasifik.

Sosok Bu Risma sangat inspiratif dan dapat dicontoh semua orang. Bahkan dengan sikapnya yang tegas bisa membawa kota Surabaya sukses di bawah pimpinannya. Anda juga dapat mengambil contoh dari sikap serta menjadikannya teladan.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...