Rumus Hitung Upah Lembur Buat Yang Masih Kerja Saat Libur

0
41
rumus hitung upah lembur
sumber foto: www.freepik.com

Informasi yang berkaitan dengan jam kerja, upah lembur, serta cara melakukan perhitungannya menjadi hal yang harus diketahui oleh pekerja sehingga mengetahui nominal yang menjadi haknya sesuai dengan ketentuan. Pertanyaan mengenai upah lembur menjadi hal yang sering ditanyakan oleh pekerja. 

Pada dasarnya, perhitungan lembur diatur di dalam Peraturan Pemerintah yang berkaitan dengan gaji lembur karyawan. Dalam aturan tersebut terdapat penjelasan jika waktu kerja lembur ialah waktu kerja yang lebih dari 7 jam sehari serta 40 jam seminggu dalam 6 hari kerja. 

Aturan Jam dan Upah Lembur Pegawai

Dalam aturan tersebut disebutkan jika waktu kerja lembur hanya bisa dilakukan paling lama 4 jam sehari serta 18 jam dalam seminggu. Ketentuan jam ini tidak termasuk kerja lembur yang dilakukan di waktu hari libur resmi atau di saat istirahat mingguan. 

Pengusaha yang mempekerjakan pekerja dengan melebihi waktu kerja normal, harus membayar upah lembur per jam. Kewajiban melakukan pembayaran upah kerja ini dikecualikan bagi pekerja dengan golongan jabatan tertentu. 

Pekerja yang berada dalam golongan tertentu memiliki tanggungjawab seperti perencana, pemikir, pelaksana serta pengendali perusahaan dengan waktu kerja tidak bisa dibatasi serta memperoleh upah yang lebih tinggi. 

Adanya pengaturan jabatan ini diatur di dalam Peraturan Perusahaan, Perjanjian Kerja, atau Perjanjian Kerja Bersama. Jika golongan jabatan tertentu tidak diatur dalam aturan tersebut, pengusaha harus membayar upah lembur. 

Persetujuan Kerja Lembur

Agar bisa melakukan waktu untuk kerja lembur, harus terdapat perintah yang berasal dari pengusaha serta persetujuan yang berasal dari pekerja yang bersangkutan secara tertulis atau dari media digital. 

Perintah serta persetujuan tersebut bisa dibuat dengan bentuk daftar pekerja yang bersedia bekerja lembur serta ditandatangani oleh pekerja yang bersangkutan serta pengusaha. Berikutnya, pengusaha akan membuat pelaksanaan kerja lembur yang memuat nama pekerja. 

Perusahaan yang mempekerjakan pekerja selama waktu lembur memiliki kewajiban seperti membayar kerja lembur, memberi makanan dan minuman minimal 1400 kilo kalori, memberi kesempatan istirahat secukupnya. 

Baca Juga: Berapa Sih Idealnya Gaji Fresh Graduate?

Rumus Upah Lembur

Terdapat Peraturan Pemerintah yang mengatur mengenai upah bekerja lembur karyawan. Di dalamnya juga terdapat cara untuk melakukan perhitungan upah bekerja lembur per jam. 

Namun, terdapat ketentuan gaji lembur untuk pekerja. Untuk jam kerja lembur pertama sebesar 1,5 kali upah sejam, sedangkan setiap kerja lembur yang berikutnya sebesar 2 kali upah sejam. Bila kamu bertanya berapa upah lembur per jam 2022, tentu bergantung dari gaji UMK yang diperoleh. 

Bila kerja lembur dilakukan di hari istirahat mingguan atau hari libur nasional, di rentang kerja 6 hari kerja serta 40 jam seminggu, rumus perhitungannya ialah:

  • Jam pertama hingga jam ketujuh akan dibayar 2 kali honor sejam
  • Jam kedelapan akan dibayar 3 kali honor sejam
  • Terakhir jam kesembilan hingga jam kesebelas akan dibayar 4 kali honor sejam. 

Perhitungan Lembur

Bila hari libur resmi jatuh di hari kerja terpendek, perhitungannya ialah:

  • Jam pertama hingga jam kelima dibayar 2 kali honor sejam
  • Jam keenam dibayar 3 kali honor sejam
  • Jam ketujuh hingga jam kesembilan dibayar 4 kali honor sejam. 

Berikutnya, jika kerja lembur dilakukan di hari istirahat mingguan untuk waktu kerja 5 hari kerja, berikut cara perhitungannya:

  • Jam pertama hingga jam kedelapan akan dibayar hingga 2X honor sejam
  • Jam kesembilan nantinya akan dibayar 3 kali honor sejam
  • Jam kesepuluh hingga kedua belas akan dibayar 4 kali honor sejam. 

Setelah mendapatkan upah lembur, jangan lupa untuk investasi P2P lending di Amartha. Dana yang kamu berikan dapat memberikan efek positif untuk pemberdayaan ibu-ibu dan usaha UMKM, sekaligus bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here