Perbandingan Robo Advisor dan Human Advisor Dalam Mengatur Keuanganmu

|

|

|

Di era digital seperti sekarang ini, penasihat keuangan terbagi dalam dua kategori: Robo Advisor dan Human Advisor. Adapun, perbedaan utama antara keduanya adalah kehadiran.

Human Advisor adalah ahli keuangan yang sering dibayar dengan nilai cukup tinggi, yang bisa kamu temui secara pribadi. Sedangkan yang satunya adalah elektronik, menggunakan alat perdagangan algoritmik, aplikasi seluler, dan tanda tangan digital untuk membantu menginvestasikan uangmu.

Pada tahun 2010, Bettermen menjadi Robo Advisor pertama di Dunia untuk melayani individu biasa yang tidak memiliki cukup aset sehingga dapat menarik minat penasihat keuangan yang terampil. Adapun, banyak di antaranya masih memerlukan akun minimal lima hingga enam angka serta yang mengenakan biaya 1% atau lebih setiap tahun dalam assets under management (AUM).

Solusi untuk menemukan nasihat keuangan yang terjangkau adalah dengan memanfaatkan kemajuan baik dalam teknologi maupun struktur pasar untuk menawarkan investasi berbiaya rendah serta efektif dengan saldo awal yang sangat rendah melalui Robo Advisor.

Robo Advisor

Selain biaya lebih rendah dan kemudahan membuka akun, Robo Advisor juga memiliki beberapa keunggulan karena pemanfaatannya hanya membutuhkan teknologi. Yang pertama adalah bahwa Robo Advisors dapat mengotomatisasi strategi investasi, seperti modern portfolio theory (MPT), yang mengoptimalkan bobot kelas aset ideal dalam portofolio untuk preferensi risiko tertentu.

Perhitungan ini, meskipun dapat dilakukan dengan tangan, melelahkan dan rentan terhadap human-error. Sebuah mesin, di sisi lain, dapat mengoptimalkan ribuan portofolio dalam sekejap tanpa kesalahan. Selain itu, algoritma dapat memantau dan menyeimbangkan kembali ribuan portofolio yang sama secara real-time saat pasar bergerak, dan bobot kelas aset perlu disesuaikan.

Mungkin manfaat paling signifikan dari Robo Advisor adalah bahwa ia benar-benar mengaturnya dan melupakannya. Banyak orang tidak suka memikirkan keuangan dan takut akan panggilan telepon periode setengah tahun mereka dengan penasihat keuangan pribadi.

Orang lain yang cenderung berusaha sendiri dalam mencoba membangun portofolio mereka sering tidak punya waktu, disiplin, atau keterampilan untuk melakukannya dengan “benar”. Karena itu, menyerahkannya pada algoritma dapat menyebabkan kehidupan finansial yang minim stres. Untuk investor pemula yang mungkin tidak memiliki banyak uang untuk dimasukkan ke dalam pasar, keunggulan biaya rendah dan teknologi dari Robo Advisor tentunya menarik digunakan.

Human Advisor

Tentu saja, hal utama yang hilang dari penggunaan Robo Advisor adalah elemen manusia. Human Advisor seringkali lebih dari sekadar manajer investasi. Mereka adalah komunikator, pendidik, perencana, dan pelatih bagi klien mereka. Membangun hubungan adalah bagian inti dari bisnis penasihat keuangan mana pun dan seringkali sangat penting bagi klien mereka.

Robo Advisor, untuk semua biaya yang dihemat, tidak akan pernah muncul di pertandingan bisbol putramu, mengajak kamu makan siang, atau mengirim kartu belasungkawa ketika ada anggota keluarga yang meninggal. 

Dengan Robo Advisor, pembukaan akun sering kali melibatkan kuesioner profil risiko yang cepat dan memasukkan beberapa informasi pribadi. Sebagai gantinya, Human Advisor biasanya memulai dengan pertemuan pribadi antara klien dan penasihat. Tujuannya agar sang penasihat keuangan bisa mengenalmu.

Human Advisor tampaknya ingin memahami mengapa kamu berinvestasi dan mencoba memahami tujuan jangka pendek, menengah, dan panjangmu. Human Advisor juga mempelajari toleransi risiko kamu, membantumu menetapkan tujuan, dan mengembangkan rencana yang dipersonalisasi. Kemudian, Human Advisor merekomendasikan investasi dan taktik yang mereka harapkan sesuai dengan tujuanmu.

Siap menjawab pertanyaan, memberikan saran yang dipersonalisasi, dan memperoleh pengetahuan yang luas mulai dari investasi hingga pajak serta perencanaan perumahan hingga asuransi adalah benefit yang bisa didapatkan dengan Human Advisor.

Namun, sentuhan manusia ini datang dengan biaya tambahan, tetapi itu adalah biaya yang menurut banyak orang berharga sehingga mereka bersedia membayarnya. Untuk investor yang lebih senior, lebih kaya, atau tidak menyukai teknologi, penasihat keuangan akan manusia memberikan layanan yang lebih personal, saran keuangan yang lebih luas, dan hubungan orang-ke-orang yang nyata dalam banyak kasus.

Well, dari sisi teknologi, penggunaan perdagangan algoritmik, aplikasi seluler, dan tanda tangan digital berarti bahwa proses pembukaan akun tidak lagi memerlukan banyak dokumen untuk ditandatangani. Selain itu, ini berarti bahwa Robo Advisor dapat melakukan perdagangan tanpa kesalahan dan memantau portofolio secara terus-menerus, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh Human Advisor untuk menangani lebih dari beberapa akun sekaligus.

Pada sisi lainnya, meskipun Human Advisor lebih mahal dan membutuhkan jumlah saldo yang lebih besar untuk dikelola. Serta walaupun manusia lebih rentan terhadap kesalahan dan bias terhadapnya, biaya tersebut dan bahkan kesalahan tersebut dapat memberikan nilai lebih. Pada akhirnya, mungkin pendekatan hibrida adalah yang terbaik, menggabungkan aspek-aspek yang diinginkan dari Robo Advisor maupun Human Advisor.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...