Restoran Hanamasa Viral: Ini Cara Cek Sertifikasi Halal di Restoran

0
58
sertifikasi halal
Photos by Christian Horz (istockphoto)

Warganet Heboh Perihal Hanamasa, Ini Cara Cek Sertifikasi Halal MUI  

Baru-baru ini para netizen di medsos ramai perihal restoran ternama Hanamasa terkait bahan makanan yang digunakan. Berita ini viral dikarenakan salah satu pelanggannya mengunggah menu makanan yang dipesan ternyata mengandung sake atau alkohol khas negara Jepang. 

Unggahan itu pun langsung viral dan banyak warganet yang mulai mempertanyakan kehalalan dari restoran ini. Akibatnya, akun Instagram resmi milik restoran berbasis All You Can Eat (AYCE) langsung diserbu para warganet.

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara mengecek sertifikasi kehalalan suatu restoran, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan. 

1. Situs Resmi MUI

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kehalalan suatu restoran adalah melakukan pengecekan melalui situs resmi MUI. Prosedur yang perlu dilakukan di antaranya adalah: 

  • Buka halaman situs resmi MUI yaitu www.halalmui.org
  • Klik ikon “Cek Produk Halal” di sebelah kiri layar dan isi kolom sesuai dengan salah satu dari tiga kriteria yang tersedia. (nama produk, nama produsen, nomor sertifikat).
  • Klik “Cari” dan tunggu hingga hasil pencarian muncul. 

2. Aplikasi Halal MUI

Selain melalui situs, kamu juga bisa mengecek kehalalan produk Hanamasa Indonesia melalui aplikasi Halal MUI. Yaitu merupakan aplikasi yang secara khusus dibuat oleh MUI untuk memberikan informasi berupa halal tidaknya produk tertentu. 

Kehalalan suatu produk tersebut ditandai dengan adanya sertifikasi dari pihak LPPOM MUI atau Lembaga Pengkajian Pangan dan Obat-obatan MUI. Untuk cara pengecekan produk melalui aplikasi Halal MUI ini adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi Halal MUI melalui Google Play Store untuk hp android atau App Store untuk hp berbasis iOS. 
  • Pastikan aplikasi telah terinstal dengan sempurna di hp kamu.
  • Buka aplikasi Halal MUI dan klik fitur “Cari Produk Halal”. 
  • Ketikkan nama produk, nomor sertifikat, atau nama produsen yang ingin dicek dan hasilnya akan langsung bisa dilihat. 
Baca Juga: Punya Usaha Rumahan? Ayo Urus Izin PIRT!

3. Call Center

Jika kebetulan tidak punya akses internet atau ada kendala lainnya, kamu tetap bisa melakukan pengecekan mengenai sertifikasi halal Hanamasa dengan cara yang ketiga yaitu menghubungi call center MUI.

Nomor call center LPPOM MUI adalah 14056 yang akan dikenakan tarif telepon reguler. Setelah tersambung dengan operator, kamu bisa langsung menanyakan status halal atau sertifikasi produk tertentu. 

4. WhatsApp LPPOM MUI

Walaupun promo Hanamasa yang beredar sangat gencar, namun tidak sedikit yang masih meragukan kehalalan bahan makanan yang diolah dari restoran AYCE ini. Selain tiga cara di atas, untuk memastikan hal tersebut kamu juga bisa menggunakan cara yang keempat. 

Yaitu dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp dan menghubungi  nomor WhatsApp milik LPPOM MUI di 081196301696. Sayangnya, customer care LPPOM MUI tidak membuka layanan chat melalui WhatsApp selama 24 jam, melainkan hanya pada jam-jam operasional saja, yaitu: 

  • Senin – Kamis setiap pukul 08.00 – 17.00 WIB.
  • Jumat setiap pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Dengan keempat cara tersebut, kamu bisa mengecek secara langsung mengenai sertifikasi halal MUI setiap kali ingin mencoba kuliner tertentu namun ragu terkait dengan kehalalannya. Misalnya, saat ada diskon untuk pembelian paket Hanamasa atau saat ada launching produk terbaru. 

Hobi mencoba berbagai kuliner tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi jika ingin mencoba berbagai menu Hanamasa yang harganya terbilang cukup mahal. Kamu bisa menyiasatinya dengan membuat sendiri atau mencoba kuliner lain sejenisnya yang halal.

Selanjutnya sisa dana yang kamu miliki bisa kamu investasikan di situs investasi P2P Lending Amartha yang menawarkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Selain mendapatkan bagi hasil, kamu bisa mendukung usaha para perempuan pemilik usaha kecil hingga peternak hewan di pedesaan. Yuk investasi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here