Rekomendasi Makanan & Camilan Khas Medan yang Wajib Dicoba!

0
222

Medan merupakan salah satu daerah yang kaya akan warisan budaya kuliner. Pergi melancong ke Medan tak akan lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Medan, nih.

Selain mengunjungi berbagai tempat wisata yang indah dan menarik, kamu dan keluarga juga bisa kulineran menikmati santapan khas di kota yang populer ini.

Nah, sebagai rekomendasi, berikut kumpulan makanan khas Medan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Medan.

1. Mie Gomak

Makanan khas Medan yang wajib dicicipi adalah mie gomak. Santapan satu ini merupakan masakan khas dari tanah Batak Toba termasuk Sibolga dan Tapanuli.

Asal-usul penyebutannya sendiri memiliki beragam versi. Sebagian berpendapat, jika nama gomak diambil dari cara penyajiannya, yaitu digomak yang berarti “ambil” atau “peras” (digenggam pakai tangan) dalam bahasa Batak Toba sebelum disajikan di piring. Namun, seiring perkembangan zaman, cara penyajiannya kini tidak lagi menggunakan tangan.

Mie gomak khas Batak ini juga sering disebut spaghetti Batak, karena bentuk mie gomak yang panjang berbentuk lidi yang mirip dengan spaghetti asal Italia. Mi gomak biasanya nikmat disantap saat sarapan, dan disajikan dengan cara direbus berkuah santan bumbu kuning. Rasa mi gomak akan lebih nikmat dan otentik kalau menggunakan andaliman, merica khas Batak juga, lho.

2. Lemang

Makanan khas Medan yang tak kalah legendaris adalah lemang. Menu khas Tebing Tinggi ini paling banyak dicari saat bulan Ramadan. Lemang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang.

Kemudian gulungan daun bambu berisi tepung beras bercampur santan kelapa ini dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang di atas tungku panjang. Lemang lebih nikmat disantap selagi hangat, dan secangkir teh atau kopi sebagai pendampingnya.

3. Dali Ni Horbo

Makanan khas Medan selanjutnya adalah Dali Ni Horbo. Panganan khas Sumatera Utara ini bentuknya sangat mirip dengan keju. Padahal, Dali ni horbo atau bagot ni horbo adalah air susu kerbau yang diolah secara tradisional dan merupakan makanan khas Batak dari daerah Tapanuli.

Pengolahan Dali Ni Horbo ini cukup sederhana, yaitu susu kerbau dimasak dengan air dengan suhu sedang, dan dipanaskan hingga mengental dan membentuk gumpalan. Biasanya olahan ini dicampur dengan air nanas atau air perasan daun pepaya untuk menghilangkan bau amis.

Saat mengolah, Dali Ni Horbo ini tak melalui proses kimia sama sekali, melainkan diolah secara tradisional. Penggunaan susu kerbau juga hanya diambil dari induk kerbau yang baru melahirkan selama satu bulan. Menurut berbagai sumber, tradisi mengolah susu kerbau menjadi dali sudah dimulai oleh leluhur orang Batak semenjak adanya komunitas Batak, oleh karena itu pada setiap rumah makan khas Batak, dali mudah ditemukan dan menjadi menu utama.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Hits di Medan yang Wajib Dikunjungi!

4. Lapet dan Ombus-ombus

Kue Lapet atau Lampet, dan Ombus-ombus adalah jajanan tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Makanan khas Sumatera Utara ini biasanya dibentuk menyerupai limas dan dibungkus daun pisang.

Proses pembuatan kudapan ringan ini tidak begitu rumit, dimulai dari tepung beras, kelapa parut yang tidak terlalu tua, dan dicampur. Menyusul parutan gula merah (aren), dan air secukupnya. Setelah merata seluruh adonan, kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang.

5. Bika Ambon

Makanan khas Medan, bika Ambon adalah salah satu daftar makanan yang harus kamu cicipi ketika berada di kota Medan. Kue manis yang memiliki warna kuning ini merupakan oleh-oleh yang wajib dibawa untuk sanak saudara.

Ciri khas dari kue ini adalah warna kuning dengan rongga menyerupai sarang semut. Kue dengan rasa legit ini merupakan salah satu panganan tradisional yang dibuat menggunakan fermentasi air nira atau tuak enau untuk menciptakan rongga yang menjadi ciri khas bika ambon.

Kini, Bika Ambon tidak lagi hanya berwarna kuning, namun berbagai varian warna sudah dapat ditemukan sesuai rasanya. Ada varian rasa pandan,rasa durian, keju, dan juga cokelat. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit, karena Bika Ambon terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan yang mudah ditemukan.

6. Kolak Durian

Jika mendengar kata Medan, pasti terpikirkan buah durian yang menjadi ikonik dari kota tersebut. Bukan hanya nikmat disantap langsung saat dibelah, durian juga bisa jadi santapan asyik saat dijadikan kolak.

Kolak Durian merupakan jenis makanan ringan yang belum banyak orang ketahui, namun makanan ini sudah populer di daerah Medan, Sumatra Utara. Untuk itu, sudah pasti rasa yang akan kamu dapat dari menu khas Medan yang satu ini berbeda dengan kolak yang biasa kamu temukan.

Resep Kolak Durian ini juga sangat mudah sekali, jika kamu ingin mencoba membuatnya. Kamu hanya perlu bahan utama, buah durian dengan santan, pandan, gula dan bahan lainnya seperti saat membuat kolak biasanya. Durian merupakan buah yang banyak mengandung karbohidrat, protein, vitamin B1 dan B2, vitamin C. Kolak durian khas Medan ini enak sekali saat disantap dalam keadaan hangat maupun dingin.

Nah, jika kamu tertarik dengan ragam usaha UMKM kota Medan, kamu bisa membantu para CEO UMKM di Kota Medan untuk mengembangkan usahanya dengan cara melakukan pendanaan di Amartha. 

Selain membantu para perempuan tangguh di microfinance marketplace Amartha, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil sampai dengan 15% flat per tahun, dengan mendanai mulai dari Rp100.000 aja.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here