Rekomendasi Investasi untuk Single Parent

|

|

|

Menjadi seorang single parent atau orangtua tunggal tentunya tidak akan mudah. Mengasuh anak secara mandiri dan mengurus rumah tangga merupakan tantangan besar, termasuk juga dalam hal mengelola keuangan.

Saat menjalaninya masih bersama pasangan, mungkin permasalahan ini dapat terselesaikan dengan baik karena tugas tersebut dapat dibagi-bagi.

Dengan berbagai beban yang harus ditanggung sendiri, tidak jarang membuat single parents harus lebih pintar dalam mengatur keuangan keluarga. Bahkan, mencari uang tambahan pun terkadang harus dijalani demi kebutuhan keluarga dan anak tidak tetap terpenuhi.

Nah, salah satu cara mencari uang tambahan yang sebenarnya bisa dilakukan oleh single parent adalah memulai berinvestasi. Berikut ini adalah rekomendasi investasi untuk single parent!

1. Emas     

Sejak dulu, emas adalah salah satu instrumen investasi konvensional yang menjadi favorit banyak orang. Sebab, emas terhitung fleksibel untuk dicairkan sewaktu-waktu menjadi uang tunai ketika dibutuhkan.

Apalagi, emas juga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan jika disimpan bertahun-tahun. Selain itu, emas juga instrumen investasi yang bebas pajak saat dijual dan cenderung kebal dengan inflasi.

2. Asuransi Pendidikan

Rekomendasi investasi selanjutnya yang cocok untuk single parent adalah dana asuransi pendidikan. Perlu diketahui, dana ini diperuntukkan seseorang yang ingin mendapatkan jaminan keuangan buat keperluan pendidikan anak-anak.

Dengan melakukan hal ini, kamu yang menjadi single parent pun tidak perlu bingung dengan urusan biaya pendidikan anak di masa mendatang.

Baca Juga: Perjalanan Hidup Menjadi Single Parent

3. Valuta Asing (Valas)

Investasi valuta asing (valas) bisa dibilang cukup ideal bagi kamu sebagai single parent yang menyukai hal yang sederhana tapi dengan hasil yang maksimal. Apalagi, sebagai single parent, tentunya kamu pasti terlalu sibuk untuk mengamati investasimu sepanjang waktu.

Pada dasarnya, investasi valas bisa dilakukan dengan membuka tabungan uang asing atau langsung membuka deposito mata uang asing di bank pilihan. Investasi mata uang asing bisa sangat menguntungkan jika kamu melakukan beberapa hal dengan tepat, termasuk dalam memilih mata uang yang dijadikan instrumen investasi.

4. Reksadana

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup ideal untuk dijadikan tabungan bagi masa depan anak.

Apalagi bagi seorang single parent, kamu pasti harus menanggung masalah keuangan yang semakin membengkak sepanjang waktu.

Di samping itu, kebutuhan untuk tumbuh kembang anak semakin hari akan semakin meningkat. Karena itu, investasi reksadana akan dapat membantu single parent dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga.

5. P2P Lending  

P2P Lending sekarang ini menjadi instrumen investasi yang populer. P2P Lending ini merupakan platform yang menghubungkan antara orang yang mau meminjam dana (borrower) dan investor sebagai pemberi pinjaman (lender).

Dengan investasi P2P Lending, maka investor akan menerima pengembalian pokok pinjaman dan bunga atas pinjaman tersebut. Itu kenapa investasi P2P Lending menjadi instrumen favorit terbaru karena kemudahan dan keuntungannya.

Nah, salah satu platform P2P Lending yang aman dan tepercaya bagi single parent untuk berinvestasi adalah Amartha.

investasi amartha
Alternatif Investasi P2P Lending Amartha

Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech P2P Lending yang menghubungkan pendana urban dengan perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Sejak tahun 2019, Amartha juga telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, Amartha pun sudah terdaftar di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Dengan berinvestasi di Amartha sebagai pendana, para investor juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.