Rekomendasi Bisnis Makanan Online untuk Pemula dan Tipsnya!

    0
    70
    Ilustrasi bisnis makanan online. sumber: www.istockphoto.com
    Ilustrasi bisnis makanan online. sumber: www.istockphoto.com

    Salah satu cara mendapatkan pemasukan sampingan, yaitu lewat bisnis makanan online. Kamu juga bisa memulai bisnis makanan online untuk pemula. Dengan menyajikan makanan dan minuman lewat akun media sosial atau membuka merchant di aplikasi pesan makanan online. Sebagai seorang pemula, sebaiknya pilih bisnis kuliner modal kecil, karena kamu pasti akan lebih banyak bereksperimen saat baru merintis usaha.

    Temukan ide bisnis makanan online apa yang bisa kamu buat dan tawarkan. Cari referensi jenis makanan kekinian yang sedang banyak disukai. Atau cari tahu kira-kira kuliner apa yang masih jarang ditemukan di sekitar rumahmu. Karena meskipun dijual secara online, pembeli akan lebih memilih memesan makanan dari lokasi terdekat supaya ongkosnya lebih murah.

    Pilihan Bisnis Makanan Online untuk Pemula

    Ketika baru memulai bisnis makanan, kamu pasti bingung harus menjual apa. Sebenarnya pilihan jenis makanan dan minuman untuk bisnis kuliner tersedia banyak. Kamu bisa mencari referensinya lewat internet. Kemudian pilih produk yang dirasa mudah untuk dibuat. Nah, di bawah ini ada beberapa ide jualan makanan online yang diminati banyak konsumen:

    1. Bisnis Makanan Frozen Food 

    Produk frozen food cocok jadi bisnis makanan online untuk pemula. Kamu tidak harus membuat frozen food sendiri. Cari pemasok makanan beku dan jual kembali ke konsumen. Sediakan berbagai macam produk frozen food, seperti sosis, nugget, fish ball, daging ayam, dan kentang. Supaya konsumen punya banyak pilihan. 

    2. Seblak dan Baso Aci Kemasan

    Produk seblak dan baso aci kemasan bisa ide jualan yang menguntungkan. Karena penikmat jenis jajanan pedas ini cukup banyak. Kamu bisa meracik sendiri resep seblak dan baso aci instan. Atau menjadi reseller dengan mengambil produk langsung dari produsennya.

    3. Snack dan Camilan

    Pilihan bisnis makanan online lainnya yang cocok untuk pemula yaitu, produk snack dan camilan. Pertama beli snack kiloan dalam jumlah yang banyak. Setelah itu bungkus ke dalam kemasan yang lebih kecil. Beri merek dan packaging yang menarik. Produk camilan kekinian pun siap dijual.

    4. Salad Buah

    Kamu dapat memulai bisnis makanan online dengan menjual salad buah. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga gampang. Selain itu gaya hidup sehat di kalangan muda juga semakin tren. Maka peminat jajanan sehat seperti salad buah  juga semakin banyak. 

    5. Rice Bowl

    Rice bowl merupakan pilih bisnis makanan online  yang cocok untuk pemula. Karena kamu tidak harus menyiapkan banyak menu pendamping seperti, lunch box atau nasi kotak. Kondimennya hanya terdiri dari nasi dan satu atau dua jenis lauk. 

    Tips Memulai Bisnis Makanan Online

    Setelah menentukan produk makanan apa yang akan kamu jual, langkah berikutnya adalah mempersiapkan semua kebutuhan usaha. Berikut ini beberapa tips bisnis makanan online, yang bisa kamu terapkan:

    1. Cari Target Pasar

    Penting bagi pebisnis pemula untuk mencari tahu target pasar dari produk yang akan dijual. Sehingga kamu akan tahu kepada siapa kamu harus menawarkan produk yang kamu buat. Misalnya kopi literan, lebih banyak disukai oleh kaum pekerja usia 25 – 40 tahun. Sedangkan makanan seperti corn dog, akan lebih banyak disukai pelajar, mahasiswa, dan pecinta drama korea. Dengan mengetahui target pasar kamu bisa menjual produk ke konsumen yang tepat sasaran.

    Baca Juga: 7 Tips Usaha Online Makanan agar Laris Manis

    2. Cermat Memilih Supplier 

    Salah satu hal yang bisa membuat produk makanan milikmu laris adalah cita rasa yang enak. Kualitas makanan akan terjaga jika kamu selalu menggunakan bahan-bahan baku yang bagus dan segar. Karena itulah pilih supplier yang menawarkan barang dan bahan baku yang bagus, tetapi dengan harga yang masih cukup terjangkau.

    3. Buat packaging yang Menarik

    Bisnis makanan online rumahan bisa bersaing dengan bisnis kuliner besar lainnya. Supaya produk lebih ‘menjual’ buatlah kemasan yang menarik dan sesuaikan target pasar. Misalnya jika target pasar dari produk kamu adalah anak-anak, buat kemasan dengan perpaduan warna cerah atau gambar superhero kesukaan anak-anak.

    Ada banyak pilihan bisnis makanan online untuk pemula. Temukan jenis kuliner yang mudah dibuat dan punya potensi menguntungkan. Setelah bisnis makanan online-mu berjalan, simpan keuntungannya dengan berinvestasi dan dapatkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun.

    Caranya dengan menjadi investor di Amartha, microfinance marketplace yang mendanai UMKM di lebih dari 35.000 desa. Jadi selain berinvestasi, dengan menjadi lender di Amartha berarti kamu juga sudah ikut membantu mengembangkan UMKM di Indonesia. 

    Yuk download aplikasinya dan mulai mendanai di Amartha!

    Download aplikasi Amartha di Android
    Download aplikasi Amartha di iOS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here