Rekomendasi Aktivitas Produktif Selama Gap Year

0
131

Gap year atau tahun jeda menurut Wikipedia adalah sebuah periode, biasanya satu tahun ajaran yang diambil pelajar sebagai jeda antara sekolah dan kuliah atau jeda antara kuliah dengan kuliah dan jeda antara kuliah dengan kerja.

Gap year memang seringkali dianggap negatif, namun tak perlu dipikirkan. Menurut Global Vision International, gap year justru bisa menjadi hal yang bagus daripada langsung kuliah atau bekerja. 

Nah, untuk mengisi waktu selama gap year, ada beberapa rekomendasi aktivitas produktif yang bisa dilakukan. Berikut!

5 Rekomendasi Aktivitas Produktif Selama Gap Year

1. Volunteer

Aktivitas produktif yang dapat dilakukan selama gap year adalah berpartisipasi dalam kegiatan volunteer atau kerja sukarela. Menurut Forbes, kegiatan volunteer dapat mengajarkan banyak hal seperti membentuk skill baru dan memberikan banyak pengalaman berharga dan wawasan yang luas.

Selain itu, penelitian dari Corporation for National & Community Service turut membuktikan bahwa kerja volunteer dapat membuat kamu lebih sehat dibanding orang yang tidak melakukannya.

2. Menekuni Hobi

Salah satu cara mengisi waktu selama gap year adalah dengan menekuni hobi. Meluangkan waktu untuk melakukan hobi bisa membuat kamu lebih tenang dan rileks. Mungkin saja kamu bisa menemukan peluang yang tidak terpikirkan sebelumnya. Beberapa referensi hobi yang bisa dilakukan seperti melukis, memasak, menulis, fotografi, dan lain sebagainya.

Dari Hobi Jadi Sumber Rezeki Menuju Tanah Suci

3. Traveling

Traveling merupakan salah satu aktivitas yang perlu dilakukan oleh makhluk sosial tidak hanya untuk menghabiskan uang saja tetapi sebagai bentuk melepas penat dan relaksasi.

Melalui traveling, kamu bisa belajar banyak hal baru seperti lebih mengenal budaya suatu daerah, makanan khas, melatih komunikasi, dan memahami karakter dari orang-orang yang ditemui. Selain itu, kamu juga bisa menambah teman selama melakukan traveling, lho. Pastinya seru!

4. Bekerja 

Memilih bekerja selama gap year adalah hal yang mengagumkan. Hal ini dapat menambah pengalaman kerja dan bisa menjadi nilai lebih di masa depan. Jabatan yang bisa diisi adalah intern atau juga full time.

Sebagai informasi, memulai karir sebagai intern bukanlah hal yang buruk namun pastikan kamu mendapatkan benefit seperti yang telah diatur oleh Negara, ya!

5. Mengenali Diri Lebih Dalam

Aktivitas yang satu ini merupakan aktivitas penting yang jawabannya adalah hanya diri sendiri yang tahu. Apabila kamu merasa kebingungan, kamu bisa pergi ke psikolog untuk mengenali diri seperti mengetahui minat dan bakat. 

Itulah beberapa aktivitas produktif yang bisa kamu lakukan selama mengambil gap year. Semoga bermanfaat! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here