Rekomendasi 5 Bisnis di Musim Hujan, Buruan Coba!

0
269
Ilustrasi membuka bisnis di musim hujan. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi membuka bisnis di musim hujan. sumber: www.istockphoto.com

Bisnis di musim hujan merupakan usaha yang memanfaatkan momen. Biasanya, bisnis musiman ini mampu meraup keuntungan yang menjanjikan. Mengapa demikian? Bisa jadi karena kehadirannya yang terbatas, namun sangat dibutuhkan dalam waktu tertentu. 

Jadi, dapat dikatakan bahwa ada beberapa kebutuhan yang memang hanya muncul di masing-masing musim. Contohnya, di musim kemarau orang-orang membutuhkan sesuatu yang ‘dingin’. Sedangkan di musim hujan sebaliknya, yaitu sesuatu yang ‘hangat’. 

Nah, karena sekarang sudah waktunya menyongsong musim hujan, maka sebaiknya kamu manfaatkan momen tersebut untuk berbisnis. Artikel ini akan membahas rekomendasi bisnis di musim hujan, ikuti informasi pembahasannya agar tidak ketinggalan!

Rekomendasi Bisnis di Musim Hujan yang Menguntungkan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kebutuhan di musim hujan tidak jauh-jauh dari sesuatu hal yang hangat. Namun, sebetulnya tidak itu saja, ada segmen pasar lainnya yang membutuhkan kebersihan ekstra dan perlindungan.

Memang apa saja peluang usaha di musim hujan yang menawarkan kehangatan, kebersihan ekstra, dan perlindungan? Untuk mengetahui masing-masing jawabannya, intip rekomendasi bisnis menguntungkan di musim hujan berikut!

Usaha Gorengan

Ini merupakan peluang bisnis musim penghujan yang menawarkan kehangatan bagi perut. Sudah pasti bisnis ini akan sangat laku di pasaran pada kala tersebut, karena masyarakat pasti mencari makanan yang mampu membuat nyaman tubuh.

Usaha gorengan sendiri bermacam-macam. Ada bakwan, pisang goreng, tahu gejrot, dan sejenisnya. Kamu bisa membuatnya dengan mudah karena memang resepnya sangat sederhana, selain itu bahan-bahannya terjangkau.

Jika mantap untuk mendirikan bisnis kuliner di musim hujan ini, usahakan untuk lebih kreatif dalam berinovasi sehingga produk gorengan yang kamu tawarkan lebih unggul dari para kompetitor dan jangan lupa menyajikannya dalam keadaan hangat. 

Usaha Makanan Berkuah

Di musim hujan, kamu pun dapat mendirikan bisnis makanan berkuah. Contohnya seblak, soto, bakso, mie instan, dan sejenisnya. Pastinya, bisnis ini bisa sangat laris karena kuah hangat merupakan hidangan paling cocok dikonsumsi di cuaca dingin.

Memang untuk bisnis di musim hujan ini tidak semudah berbisnis gorengan, karena ada resep dan takaran yang ‘pakem’ agar kualitas kuah tidak mudah berubah. Mengetahui hal ini, sebelum berbisnis maka lakukan trial & error dalam resep kuah.

Usaha Minuman Hangat

Selain gorengan, kamu pun bisa membuka usaha minuman hangat seperti teh, kopi, wedang jahe, hingga minuman hangat lainnya. Pilih bahan-bahan berkualitas dan fresh sehingga minuman yang diproduksi lebih terasa nikmat saat diminum. 

Nah, untuk bisnis rumahan di musim hujan ini, kamu bisa menawarkan produk secara instan langsung diseduh dan diminum di tempat atau dengan kemasan yang di-pack dan dijual dalam bentuk bubuk. 

Baca Juga: 5 Tips Sehat Di Musim Hujan Agar Tak Mudah Sakit

Usaha Perlengkapan Outdoor

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, orang-orang akan membutuhkan perlindungan atau proteksi dari air maupun lumpur sehingga badan tidak basah saat sedang berada di luar. Mengetahui peluang ini, kamu bisa berbisnis perlengkapan outdoor

Memang apa saja perlengkapan outdoor? Bermacam-macam, mulai dari jas hujan, payung, sepatu boots, dan sejenisnya. Meskipun modal yang dikeluarkan untuk bisnis di musim hujan ini lebih banyak, jangan khawatir karena keuntungannya lebih besar.

Bisnis Laundry

Kalau bisnis satu ini sebenarnya akan sangat laku terus menerus di musim apapun. Nah, di musim hujan sendiri, tingkat lakunya bisa semakin tinggi karena kebutuhan mencuci pakaian kotor terus meningkat. 

Bisnis laundry rumahan bisa kamu mulai dengan mesin cuci, pengering, setrika, sampai alat lainnya dengan jumlah menyesuaikan modal yang ada. Untuk layanan ekstra, tawarkan jasa kirim antar juga. Nah, itu dia rekomendasi 5 bisnis di musim hujan. Sudah memikirkan akan memulai bisnis apa? Kalau masih bingung untuk memulai bisnis sendiri, kamu juga bisa bantu akses permodalan untuk usaha UMKM lainnya di microfinance marketplace, Amartha. Cuma dengan modalin mulai Rp100 ribu, kamu bisa mendukung bisnis mikro di Indonesia, sekaligus mendapatkan imbal hasil 15% flat per tahun!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here