Ramadan Cuan Banyak! Intip Tips Bisnis di Bulan Puasa

0
74
Ilustrasi berbisnis di bulan puasa. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi berbisnis di bulan puasa. sumber: www.freepik.com

Sebentar lagi bulan Ramadan tiba. Biasanya, momen ini sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia, terutama adalah pelaku usaha. Animo masyarakat membeli di bulan Ramadan begitu tinggi. Tentu saja kondisi ini banyak dimanfaatkan pelaku bisnis untuk menggencarkan produk jualannya. Lantas, bagaimana tips bisnis di bulan puasa? 

Tips Bisnis di Bulan Puasa

Berikut sejumlah tips yang dapat kamu ikuti saat menjalankan bisnis di bulan Ramadan, antara lain:

1. Cari Tahu Produk yang Diminati Oleh Konsumen

Sebelum menjalankan bisnis, kamu bisa mencari ide jualan bulan puasa modal kecil. Lakukan riset untuk melihat apa jenis produk yang banyak disukai oleh masyarakat di sepanjang bulan puasa. 

Contoh produk yang banyak dicari saat bulan puasa ini bisa seperti parsel kue kering, kartu ucapan, hampers, bantal dan guling hingga sejumlah peralatan rumah tangga. 

2. Percantik Halaman Toko

Salah satu ide kreatif di bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan adalah mempercantik halaman toko atau produk. Hal ini bisa dilakukan bila kamu berjualan secara online

Berikan desain khusus yang sudah disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan setiap pengunjung toko online. Contohnya, pengunjung khusus produk makanan berbeda dengan tampilan pengunjung produk fashion, dan yang lainnya. 

Tidak hanya halaman toko, halaman produk juga menjadi hal lain yang harus diperhatikan. Foto produk yang kamu pajang harus jelas serta memperlihatkan kelebihan produk yang kamu jual. Judul hingga deskripsi juga harus jelas sehingga lebih terlihat informatif serta dapat mengakomodasi pertanyaan dari pembeli. 

Baca Juga: 5 Tips Kuat Puasa Ramadan Seharian dan Tetap Produktif

3. Berikan Promo Gratis Ongkir

Saat sedang mencari cara menghasilkan uang di bulan Ramadan, pasti kamu ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Tetapi, mengapa malah memberikan promo gratis ongkir? 

Promo gratis ongkir yang kamu berikan bisa membuat tokomu menjangkau lebih banyak pembeli yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu pembeli juga semakin bersemangat untuk berbelanja karena tidak memikirkan biaya kirim yang harus mereka tanggung. 

4. Jual Produk Parsel

Tips bisnis di bulan puasa yang berikutnya adalah menjual produk parsel. Perlu diketahui, menurut salah satu survey yang dilakukan oleh marketplace, penjualan parsel saat bulan puasa naik hingga 2X lipat. 

Oleh sebab itu jika kamu menjual parsel Ramadan, pastikan memasukkan produk popular di toko ke paket parsel yang sudah kamu buat. Kamu juga dapat mengkombinasikannya dengan produk serupa di dalam parsel. 

5. Lakukan Pemasaran Digital

Dengan digital marketing, brand atau toko yang kamu miliki akan lebih mudah berinteraksi serta dapat memfasilitasi seluruh kebutuhan pembeli. seperti yang kita ketahui, orang Indonesia lebih ingin membaca informasi yang relevan sebelum membeli. 

Umumnya mereka akan menggunakan search engine untuk mencari toko online. Sehingga bila hanya mengandalkan toko fisik saja, tentu tidak cukup. Kamu harus mengandalkan digital marketing juga. 

Misalnya, kamu dapat mengiklankan produkmu di media sosial, kemudian menargetkan keyword dengan tema Ramadan di mesin pencari. Jangan lupa pasang iklan di Google dan mengarah ke landing page kamu. 

Selain menjalankan tips bisnis di atas, ayo sempurnakan ibadah di bulan penuh Ramadan dengan melakukan kebaikan.

Kamu bisa memulainya dengan memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan bersama microfinance marketplace, Amartha. Selain menjalankan bisnis, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dengan membantu UMKM yang berada di pelosok Indonesia dengan keuntungan imbal hasil sampai 15% flat per tahun! Tertarik?

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here