Rahasia Tetap Sehat Dan Umur Panjang ala Masyarakat Jepang

0
67
Ilustrasi masyarakat Jepang. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi masyarakat Jepang. sumber: www.istockphoto.com

Tips sehat warga Jepang merupakan suatu hal yang biasa masyarakat dunia cari tahu. Hal ini disebabkan oleh rasa penasaran mereka terhadap rahasia umur panjang dan kesehatan warga Jepang yang dinilai stabil.

Saat ini, rata-rata ‘angka harapan hidup’ warga Jepang saja bisa mencapai 83.89 tahun. Di samping itu, banyak dari mereka yang berumur panjang hingga 100 tahun, khususnya di Okinawa. Kontras jika dibandingkan dengan Indonesia yang angkanya cuma 69.19 tahun.

Maka dari itu, kamu pastinya menginginkan kesehatan dan umur panjang seperti warga Jepang, bukan? Jadi, untuk mewujudkan hal tersebut, kamu sebaiknya mulai mempraktekkan tips sehat ala penduduk Jepang seperti yang ada dalam artikel Amartha ini!

4 Tips Sehat Warga Jepang yang Sayang untuk Dilewatkan

Penasaran apa saja sih, cara-cara yang dilakukan masyarakat Jepang supaya memeroleh kesehatan yang baik dan umur panjang? Untuk mengetahui jawabannya, ikuti saja poin-poin beserta penjelasan ringkas berikut ini!

1. Latihan Hara Hachi Bu: Olahraga dan Makan Demi Kesehatan 

Gaya hidup orang Jepang Okinawa didasari keyakinan bahwa tubuh merupakan kuil. Sehingga, pemilik tubuh tersebut dilarang mencemarinya. Maka demikian, tidak heran jika mereka begitu menjaga apapun yang masuk ke dalam tubuh.

Biasanya, masyarakat Okinawa mengonsumsi sedikit alkohol dan membatasi rokok. Selain itu, mereka pun sangat aktif. Jadi, pengeluaran dan pemasukan kalori hampir seimbang, sehingga banyak lemak dalam tubuh yang terbakar.

Makanan sehat orang sehat sendiri adalah hidangan berbasis nabati rendah kalori. Contohnya ubi jalar – yang mana mengandung senyawa flavonoid dan rendah glikemik yang bisa menstabilkan kesehatan secara menyeluruh.

Tentang porsinya sendiri, masyarakat Okinawa biasanya mengonsumsi 1 kilogram buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayur mayur dalam sehari. Selain itu, mereka pun latihan hara hachi bu, yang berarti makan hingga 80% kenyang.

2. Menerapkan Sikap Positif

Hidup sehat orang Jepang yang bisa mencapai umur 100 tahun atau centenarian biasanya didasari dengan penerapan sifat optimis. Selain itu, mereka biasanya mempunyai pendekatan hidup riang serta gemar bersenang-senang. 

Tahukah kamu mengenai ikigai? Ini merupakan ‘tujuan hidup’. Masing-masing orang mempunyai ikigai yang memicu semangat mereka untuk bangun menyambut pagi. Seorang centenarian biasanya memiliki ikigai yang dilatarbelakangi semangat positif.

3. Tidak Pernah Pensiun

Tips sehat warga Jepang yang dimaksud kali ini adalah tidak mengenal pensiun untuk mengerjakan aktivitas yang rutin mereka lakukan. Contohnya jika seseorang adalah nelayan, mereka akan selalu pergi melaut hingga tidak mampu lagi bergerak.

Sebab rutin melakukan aktivitas, maka seseorang bisa mempunyai kepuasan hidup, dengan begitu masalah kesehatan akibat buruknya kualitas mental bisa dicegah. Karena, mereka yang konsisten aktif secara mental dan fisik merupakan orang sehat.

4. Mengikuti Kelompok Sosial Moai

Tips sehat warga Jepang, khususnya Okinawa ini berkaitan dengan ikatan keluarga besar serta jaringan kuat dukungan sosial. Bisa dibilang, mereka memiliki komunitas yang begitu erat dimana masing-masing orang mengenal satu dengan lainnya.

Masyarakat di sana biasa menyelenggarakan pertemuan sosial kelompok dengan julukan moai. Jadi, para perempuan membicarakan topik-topik ringan, mengonsumsi teh hijau, hingga menikmati makanan penutup. Intinya mereka gemar berkumpul. 

Dari pertemuan rutin ini, mereka bisa melakukan kontak sosial yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih bahagia. Ini berpengaruh pada perbaikan kondisi kesehatan yang mana bermuara pada panjang umur. Begitulah 4 tips sehat warga Jepang yang bisa kamu tiru. Kamu bisa praktekkan tips ketiga dengan tidak pensiun menjalankan usaha skala mikro maupun kecil. Atau, kamu juga masih bisa bantu modalin ibu UMKM di pedesaan Indonesia dan mendapatkan passive income untuk kehidupan di masa tua.

Dengan berinvestasi mulai 100 ribu di microfinance marketplace Amartha, kamu bisa memperoleh imbal hasil yang mencapai 15% flat per tahun. Jadi, selain menjalankan tips agar panjang umurjangan melewatkan investasi ya!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here