Punya Usaha di Bidang Jasa? Ikuti Tips Usaha Ini!

0
50
tips usaha di bidang jasa
Sumber Foto: Pexels

5 Tips Usaha di Bidang Jasa yang Efektif untuk Diterapkan – Banyak sekali jenis usaha yang sebenarnya bisa kamu tekuni.

Salah satunya adalah usaha di bidang jasa, dimana kamu menjual produk berupa jasa bukan barang atau benda fisik. Jasa yang ditawarkan pun beragam mulai dari jasa fotografi, jasa menulis, tenaga kebersihan, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa tips usaha yang bisa diterapkan jika kamu ingin mengelola bisnis di bidang jasa:

5 Tips Usaha di Bidang Jasa

tips cv untuk fresh graduate
Sumber Foto: Pexels

1. Pilih Jenis Usaha

Tips usaha di bidang jasa yang pertama adalah silakan pilih jenis usaha apa yang ingin dilakukan. Bidang usaha jasa ini sangat beragam jenisnya dan sebaiknya dipilih sesuai dengan kemampuan atau keterampilan.

Jenis usaha di bidang jasa memang akan mengandalkan keterampilan. Misalnya, kamu terampil dalam membuat baju maka silakan buka jasa jahit. Lalu kamu terampil memotret maka bisa buka jasa foto.

Pilihan jenis usaha akan berpengaruh pada langkah berikutnya dalam mengelola usaha tersebut. Apabila jenis usahanya sudah sesuai dengan keterampilan dan bakat maka akan lebih mudah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Kualitas layanan bisa terus ditingkatkan dengan mudah sehingga konsumen juga akan semakin bertambah banyak. 

2. Banyak Belajar dari Kompetitor

Usahakan untuk banyak-banyak belajar dari kompetitor di bidang bisnis yang sama. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu mendapatkan lebih banyak referensi dalam menjalankan usaha tersebut.

Coba cari tahu bisnis jasa terlaris yang bidangnya sama dengan bisnis kamu lalu pelajari banyak hal dari bisnis tersebut.

Misalnya, kamu bisa mengamati bagaimana cara bisnis tersebut menawarkan jasanya kepada calon konsumen. Coba kunjungi media sosial yang digunakan oleh bisnis tersebut. Cari tahu bagaimana pengelolaan bisnis yang dilakukan dan layanan apa saja yang ditawarkan.

Baca Juga: 6 Tips Usaha Sukses dalam Waktu Satu Tahun!

3. Tentukan Patokan Harga Terbaik

Tips usaha di bidang jasa selanjutnya adalah tentukan patokan harga terbaik untuk jasa tersebut. Ini merupakan cara mulai usaha jasa yang cukup penting untuk dilakukan.

Sama halnya dengan jualan produk atau benda fisik, kamu tentu harus menentukan terlebih dahulu harga jual dari produk tersebut. 

Perlu diketahui bahwa penentuan harga untuk produk jasa lebih sulit daripada produk fisik. Nilai harga sebuah jasa sangat fleksibel tergantung pemilik bisnis yang menyediakan jasa tersebut.

Sebaliknya, harga produk fisik jauh lebih mudah dilihat dan biasanya akan sama saja atau sudah ada standar pastinya. Kamu bisa coba mencari referensi mengenai biaya jasa yang ditawarkan oleh layanan-layanan lain.

4. Gunakan Digital Marketing

Zaman sekarang ini promosi memang sebaiknya dilakukan secara digital. Pemanfaatan media sosial memang sangat penting untuk membuat bisnis dilirik oleh banyak orang.

Menjalankan bisnis jasa online di zaman yang serba canggih seperti sekarang akan membuat bisnis kamu berkembang lebih cepat. Jadikan media sosial sebagai wadah untuk menampung portofolio serta menjangkau target konsumen yang lebih luas.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Rasa Jenuh Bagi Pengusaha

5. Utamakan Kualitas Layanan

Dalam dunia bisnis jasa, kamu harus benar-benar mengutamakan kualitas layanan kepada konsumen. Ini menjadi kunci penting agar konsumen bisa kembali lagi atau melakukan repeat order.

Selalu berikan layanan yang ramah dan responsif terhadap konsumen. Kualitas jasa yang dihadirkan juga harus lebih baik agar terasa lebih unggul dari bisnis jasa lainnya.

Itulah tadi 5 tips usaha di bidang jasa yang dapat kamu lakukan. Pastikan untuk mengelola pendapatan yang sudah diperoleh dengan sebaik mungkin.

Alokasikan sebagian dana penghasilan untuk dijadikan sebagai investasi. Pilihlah investasi bersama Amartha yang sudah terbukti terpercaya dan mampu memberikan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here