Home Money+ Punya Uang 3 Juta? Pilih Investasi Reksadana atau P2P lending

Punya Uang 3 Juta? Pilih Investasi Reksadana atau P2P lending

Tahukah anda, Ada sebuah pertanyaan serius yang sering ditanyakan dari mereka yang berminat untuk sedang memperlajari cara berinvestasi, “Jika memiliki uang 3 juta rupiah, investasi apa yang menguntungkan untuk saya?

Banyak orang yang harus gigit jari dan gagal untuk mulai berinvestasi kemudian mengurungkan niatnya berinvestasi. Alhasil uang yang dimilikinya segera habis untuk kegiatan konsumtif.

Padahal investasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan bagi banyak orang untuk mengembangkan penghasilannya. Berinvestasi memang bisa berjalan sangat efektif sehingga menghasilkan peningkatan pendapatan dan keuangan, namun dengan syarat.

Bila seorang yang menjalankannya mampu memilihnya dengan tepat dan efektif. Pemilihan produk investasi memang akan menentukan perjalanan sebuah keuntungan investasi ke depannya.

Jika sebelumnya kita membahas investasi emas dan resiko investasi deposito. Kini kita akan menakar mana investasi yang lebih menguntungkan, investasi reksadana atau P2P Lending? 

Mengenai jumlah uang yang dibutuhkan dalam berinvestasi pada umumnya membutuhkan dana yang cukup besar, tidak heran banyak orang yang memiliki  uang sedikit gagal berinvestasi. Atau malas berinvestasi sebab impact yang dihasilkan dirasa kurang menguntungkan.

Lalu bagaimana jika berinvestasi dengan modal kecil, namun memilik dampak yang besar. Misalnya berinvestasi dengan uang 3 juta rupiah? Apakah bisa uang ‘beranak banyak’ dengan 3 juta rupiah?

Salah satunya dengan melakukan investasi reksadana.

Meski demikian investasi uang tidak selalu dilakukan dengan investasi reksadana. Salah satu alternatif produk investasi lainnya adalah dengan menanamkannya lewat paltform peer to peer (P2P) lending.

Meski terdengar baru, namun beberapa tahun ini P2P lending menjadi trend dan alternatif baru para investor professional maupun yang masih pemula dalam menginvestasikan uang mereka.

Lantas, investasi uang lebih untung dilakukan lewat investasi reksadana atau P2P lending? Berikut ini pemaparannya.

Investasi Uang Di Reksadana

Meski telah lama menjadi salah satu favorit investor untuk investasi uang mereka, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa itu investasi reksadana.

Reksa dana atau saham sendiri merupakan salah satu instrumen investasi pada pasar modal yang jika diartikan secara harfiah

Reksadana adalah sebuah wadah yang mengimpun dana masyarakat dan pemodal besar. Setelah terkumpul, dana tersebut kemudian akan diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek.

Secara umum sebelum mengambil reksadana Anda harus belajar terlebih dahulu. Setelah proses pembelajaran baru Anda bisa membuka rekening saham dan reksa dana pada sekuritas. Inilah yang menjadi tantangan awal bagi mereka yang berminat di investasi reksadana.

Ada dua cara menginvestasikan uang anda dengan reksadana:

Secara lump sum atau investasi sekaligus

Reksadana sekaligus dilakukan karena bersifat jangka panjang. Tidak heran menginvestasikan uang dengan saham di reksadana ini cocok dilakukan oleh investor dengan dana besar karena nantinya modal yang diinvestasikan akan mengalami kenaikan, sementara yang bermodal kecil akan ‘tidak terlihat’ dampaknya.

Rupiah cost averaging atau investasi berkala

Investasi reksadana berkala dilakukan dengan setoran bulanan. Investasi ini sangat pas bagi anda para investor yang memiliki modal minim.

Saat melakukan investasi reksadana, investor tidak bisa mematok sebuah range keuntungan atau imbalnya.

Bagaimana dengan menginvestasikan uang di P2P Lending?

Investasikan uang dengan P2P lending

Semakin berkembangnya startup Financial Technology (FinTech) yang memanfaatkan P2P lending sebagai platformnya merupakan trend positif yang merubah iklim investasi di Indonesia.

Meski baru populer beberapa tahun belakangan, namun investasi uang melalui platform P2P lending mulai menjadi buruan para investor.

Salah satu startup FinTech P2P lending yang berhasil membuktikan kinerjanya adalah Amartha.com.

perusahaan fintech indonesia

Dengan 40 milyar rupiah dana investor yang disalurkan untuk kredit usaha mikro dan UKM di Indonesia, Amartha tidak hanya memberikan kenyamanan, namun juga sebuah impact dalam berinvestasi.

Platform P2P lending yang diterapkan Amartha sangat minim resiko untuk investasi uang. Hal ini tidak lepas dari sistem Group Lending (kelompok) yang diterapkan startup fintech ini.

Adanya Group Lending mewajibkan calon peminjam membentuk kelompok yang terdiri dari 15 hingga 25 anggota di wilayahnya.

investasi perorangan

Dengan diterapkannya sistem tersebut bila ada peminjam modal yang tidak dapat membayar pinjaman, maka anggota lain akan melakukan tanggung renteng, yaitu pembayaran sementara akan ditanggung oleh peminjam lainnya yang berada dalam satu grup (Group Lending).

Penerapan sistem kelompok juga berhasil menjadikan tingkat gagal bayar mencapai 0% selama enam tahun berturut turut.

Amartha juga tidak terlalu membebani para investor yang memiliki keterbatasan modal. Dengan investasi yang cukup terjangkau, yakni 3 juta rupiah, investor dapat memilih sendiri UKM mana yang ingin mereka biayai.

P2P lending Amartha juga memberikan imbal hasil menarik untuk investor, hingga 17 persen per tahun.

Keuntungan uang yang diberikan Amartha kepada para investor lebih besar dibandingkan berinvestasi dengan produk keuangan yang lain, seperti investasi reksadana.

Bagaimana menurut anda, lebih untung cara investasi uang melalui reksadana atau P2P lending? berani mulai berinvestasi.

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...