Punya Gaji UMR dan Pengen Investasi? Ini Triknya!

|

|

|

Memiliki gaji UMR dan pengen investasi? Apakah mungkin? Mungkin saja. Di era saat ini, kamu bisa melakukan investasi dengan modal kecil. Ada banyak trik dan instrumen yang menawarkan investasi modal kecil.

Namun sebelum melakukan investasi, ada baiknya kamu mengetahui tujuan keuangan apa yang ingin dicapai dan bersikap realistis. Investasi bukanlah sarana mendapatkan uang dengan cepat yang akan mengubah nasibmu.

Dalam berinvestasi ada risiko yang harus diketahui dan dipahami oleh para investor. Ada beberapa prinsip risiko investasi seperti low risk low return, high risk high return, low risk high return, dan high risk low return.

Maka dari itu diperlukan kesadaran kemampuan diri dalam melakukan investasi. Sehingga kamu melakukan investasi karena tujuan yang jelas, bukan karena latah ikut-ikutan teman atau tren saat ini.

Nah, berikut ini adalah beberapa trik untuk berinvestasi bagi kamu yang memiliki penghasilan atau gaji UMR:

1. Rencanakan Pos Pengeluaran Bulanan     

Bagi para pekerja bergaji UMR, membuat pos pengeluaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan keuangan tentu sangatlah penting.

Hal ini harus dilakukan untuk memisahkan mana kebutuhan dan prioritas utama serta mana yang bisa diolah lagi menjadi pos pengeluaran lain seperti simpanan, investasi dan asuransi.

Kamu bisa membagi pos pengeluaran menjadi 60% untuk kebutuhan hidup, 20% untuk cicilan produktif, 20% untuk tabungan/investasi serta asuransi. Ada baiknya juga porsi pengeluaran untuk cicilan tidak lebih dari 20% dari penghasilan.

Hal ini agar tidak memberatkan arus kas yang membuat kesulitan untuk menabung atau berinvestasi juga prioritas lainnya. Bahkan, hal semacam ini pun dapat membuat situasi keuangan menjadi semakin memburuk.

2. Tentukan Tujuan dalam Berinvestasi

Langkah berikutnya adalah menentukan tujuan terlebih dahulu saat hendak berinvestasi. Hal Ini penting dilakukan supaya dapat menentukan jenis investasi yang akan kamu pilih dan besaran nominal yang akan diinvestasikan. Selain itu, tujuan yang telah ditetapkan akan memotivasi kamu dalam berinvestasi.

3. Tentukan Jangka Waktu Investasi  

Setiap orang yang berinvestasi tentunya ingin mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Pertanyaannya, kemudian hari yang dimaksud ini termasuk dalam jangka waktu panjang, pendek atau menengah?

Ketika berkeinginan untuk investasi, kamu perlu menentukan jangka waktunya. Masing-masing jenis jangka waktu ini tentu menawarkan risiko dan return yang berbeda. Instrumen yang dipakai pun bisa jadi berbeda.

Untuk investasi jangka pendek misalnya, investasi ini pas untuk kamu yang mengejar keuntungan dalam waktu dekat. Sedangkan investasi jangka menengah biasanya hasil baru bisa dituai setelah kurun waktu satu hingga lima tahun.

Untuk investasi jangka panjang, kamu mungkin akan baru mendapatkan return yang tinggi setelah investasimu berumur di atas lima tahun.

Baca Juga: 3 Jenis Investasi Jangka Pendek Untuk Investor Pemula Modal Kecil

4. Pelajari Investasi yang Dipilih dengan Baik

Investasi tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Apa pun jenis asetnya, diharapkan kamu memiliki pengetahuan mengenai aset tersebut, baik secara fundamental maupun analisis. Hal ini dibutuhkan agar bisa menentukan strategi investasi yang tepat sesuai dengan tujuan.

Selain itu, dengan memiliki wawasan atau edukasi yang mumpuni, kamu juga jadi lebih matang ketika berinvestasi. Bukan hanya mengerti keuntungan yang akan diterima, tetapi juga risiko yang ada.

Investasi jadi dapat dilakukan secara bertanggung jawab. Yang tak kalah penting, kamu jadi tidak mudah tertipu oleh penipuan yang mengatasnamakan investasi.

5. Buat Rekening Terpisah

Ada baiknya kamu memiliki rekening terpisah untuk kebutuhan yang berbeda. Sebagai contoh, rekening khusus untuk kebutuhan sehari-hari yang memang harus diakses kapan saja.

Dan rekening khusus simpanan dan untuk menampung pencairan dana investasi agar tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari yang bisa merusak perencanaan keuangan.

Well, itulah beberapa trik untuk berinvestasi dengan gaji UMR. Selamat mencoba ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.