Modal Baru Perahu Baru Untuk Ibu Evi

|

|

|

Masyarakat pesisir Indonesia umumnya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Meskipun demikian, tidak semua nelayan Indonesia memiliki kapal. Salah satunya adalah Ibu Evi, mitra usaha Amartha asal Bantaeng, Sulawesi. 

 “Apakah suatu saat nanti bisa memiliki kapal untuk saya berusaha?” adalah kata yang sering ia ucapkan ketika melihat pesisir pantai. 

Sebelum menjadi mitra Amartha, Ibu Evi bekerja sebagai buruh cuci pakaian yang menawarkan jasanya dari rumah ke rumah. Ia juga bekerja dengan tetangganya untuk mengikat bibit rumput laut. Supriadi, anak kedua Ibu Evi turut membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan ikut melaut bersama tetangganya dengan upah Rp50.000 setiap minggu. 

Melihat anak-anak ikut melaut adalah pemandangan yang lumrah bagi Ibu Evi. Pasalnya, profesi nelayan tangkap sendiri cukup umum ditemui di Borong Kalukkua, Kota Bantaeng. 

Amartha hadir di Pulau Sulawesi sejak tahun 2019. Saat itu pula Ibu Evi bergabung menjadi mitra usaha. Ia beralih profesi menjadi nelayan tangkap. Keseharian Ibu Evi beralih menjadi menjual rumput laut dan ikan. Awal menjadi mitra Amartha, usahanya cenderung terbilang kecil dan belum berkembang. Ia juga masih harus menyewa kapal milik tetangganya.

5 Alasan Kenapa Amartha Menjadi Best P2P Lending di Indonesia

Kesabaran dan kerja keras Ibu Evi selama ini membuahkan hasil. Saat salah satu Business Partner (BP) Amartha melakukan pelayanan ke rumah Bu Evi, ia dikejutkan dengan berita bahagia yang diucapkan dari Bu Evi. 

Alhamdulillah bu, saya sudah mempunyai perahu sendiri berkat modal dari Amartha.” ujarnya haru. 

Katanya, sejak memiliki perahu sendiri, aktivitasnya menjadi semakin banyak dan tidak terbatasi lagi. Ia tidak lagi harus membayar sewa kapal untuk mengambil hasil panen rumput laut dan jumlah ikan yang ditangkap pun semakin banyak. Bahkan, tak jarang ia menyewakan kapal untuk orang-orang yang membutuhkan jasa tersebut. 

Ibu Evi – Mitra Usaha Amartha asal Sulawesi

Sekarang, memasuki pendanaan siklus ketiga, Ibu Evi sudah memiliki dua buah kapal sendiri. Ibu Evi sungguh merasa terbantu oleh pendanaan dari pendana Amartha. Meskipun sudah memiliki dua kapal dan kehidupan ekonominya yang mulai membaik, Ibu Evi tidak berhenti bekerja. Ia ingin membelikan kapal untuk anaknya. 

Tambah Cuan Dengan Investasi di P2P Lending Amartha. Begini Caranya!

Keunikan usaha dan kegigihan Ibu Evi membuatnya berhasil meraih penghargaan Perempuan Tangguh Awards 2021 kategori Best Womenpreneur dari Pulau Sulawesi dan tambahan modal usaha senilai Rp3.500.000

“Terima kasih Amartha sudah pilih saya sebagai pemenang. Semoga Amartha terus maju dan sukses selalu untuk kasih modal ke ibu-ibu lainnya.”

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...